Apa Itu Sistem POS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

19 Juni 2023
Sistem POS

Pernah mendengar istilah sistem POS (Point of Sales)? Sistem ini kerap digunakan oleh bisnis retail seperti swalayan. Namun kini, tidak hanya retail saja yang menggunakannya. Usaha menengah kecil seperti toko kelontong pun juga bisa memanfaatkan sistem ini. Lantas, apa sebenarnya POS itu? Berikut ulasannya.

Pengertian Sistem POS

Sistem POS

Point of Sales merupakan sistem terkomputerisasi yang menggabungkan perangkat lunak dan keras untuk menyelesaikan kegiatan jual beli. Sistem ini digunakan untuk membuat kegiatan transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.

Meski kerap disebut sebagai mesin kasir online, POS tidak bisa disamakan dengan kasir konvensional. Sistem POS kasir tidak hanya digunakan untuk merekam transaksi saja, tetapi juga untuk melacak persediaan barang, mengatur manajemen usaha, membuat laporan penjualan secara akurat, dan lain sebagainya. 

Penggunaan sistem Point of Sales sudah banyak ditemukan di berbagai sektor usaha, seperti kafe, restoran, hingga usaha laundry. Pengusaha toko kelontong pun sudah banyak yang merasakan kemudahan dari sistem ini.

Manfaat Sistem POS untuk Usaha

Sistem Point of Sales memberikan banyak manfaat dalam kegiatan usaha. Berikut beberapa manfaat tersebut.

1. Mempermudah pencatatan transaksi

Banyak pengguna sistem kasir biasa yang masih harus melakukan pencatatan transaksi secara manual. Kalau kamu termasuk salah satunya, stop sekarang juga. Pencatatan manual sangat rentan terhadap kesalahan input data. Salah memasukkan satu digit saja bisa membuat bisnis berpotensi mengalami kerugian. 

Tidak hanya berisiko, pencatatan manual juga menghabiskan banyak waktu. Dengan menggunakan sistem POS, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pencatatan. Semua transaksi akan langsung tercatat di dalam database aplikasi POS secara otomatis dan terperinci.

2. Mempermudah pengecekan ketersediaan produk

Punya banyak toko cabang? Pasti kamu pernah keteteran saat harus mengecek stok barang di semua tokomu. Dengan POS, pengecekan stok produk bisa dilakukan secara lebih cepat dan praktis. Bahkan kamu bisa memantaunya di mana pun dan kapan pun tanpa harus datang langsung ke toko.

Keluar masuknya barang akan tercatat secara otomatis dalam sistem Point of Sales. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui produk mana yang sudah habis dan perlu ditambah stoknya. Hasil pengecekan ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui produk mana yang paling laris dan kurang diminati pembeli.  

3. Mengoptimalkan keamanan data bisnis

Sebagai pebisnis, memastikan keamanan informasi kartu debit, kredit, atau e-wallet pelanggan adalah sebuah keharusan. Dengan sistem POS, seluruh data konsumen akan tersimpan dengan aman. 

POS menggunakan sistem penyimpanan cloud untuk menyimpan data konsumen. Jenis penyimpanan ini lebih aman karena terenkripsi dan terlindungi dari malware. Tidak seperti penyimpanan sistem komputer yang berisiko.

4. Mempermudah pengelolaan bisnis

Aplikasi POS berbasis cloud, sehingga bukan hanya memberikan jaminan keamanan data, tetapi juga mempermudah pengelolaan bisnis. Asalkan ada smartphone dan koneksi internet, kamu bisa memantau perkembangan tokomu dari mana saja dan kapan saja. 

Aktivitas seperti penarikan laporan, pengecekan stok barang, dan kegiatan akuntansi lainnya bisa dilakukan tanpa harus datang ke toko langsung. Ini membuktikan bahwa Point of Sales adalah sistem yang mendukung fleksibilitas.

5. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Bukan hanya pelaku usaha, konsumen juga bisa merasakan manfaat dari penggunaan Point of Sales. Dengan proses transaksi yang mudah, cepat, dan aman, pelanggan pasti akan merasa lebih puas. Nah, kepuasan pelanggan ini bisa berdampak positif bagi kelangsungan usaha yang kamu kelola.

Itu tadi pembahasan mengenai apa itu sistem POS dan manfaatnya untuk bisnis. Pilihan aplikasi POS sangat beragam, salah satunya adalah OttoPay. Dengan OttoPay, kamu bisa menerima pembayaran, pemesanan, dan melakukan pencatatan stok barang dalam satu device. Tertarik menggunakan POS hubungi customer care kami untuk dijadwalkan dengan sales representatif kami untuk infromasi lebih detail!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: