Apa Beda POS dan Kasir Online? Pemilik Usaha Wajib Tahu!

19 Juni 2023
Beda POS dan Kasir Online

Mesin kasir dan kasir adalah dua hal yang tidak terpisahkan dari bisnis ritel. Jika dulu bisnis ritel mengandalkan POS atau mesin kasir konvensional, maka kini penggunaan aplikasi kasir online mulai banyak dipertimbangkan.

Mengapa pemilik bisnis harus beralih dari software kasir biasa ke aplikasi kasir berbasis online? Yuk, temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Mengenal Sistem POS

Sumber: drobotdean Freepik

POS atau point of sales, merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah pencatatan dan proses transaksi jual beli dalam berbagai macam usaha ritel. Dengan adanya POS ini, transaksi dapat berlangsung dengan cepat, aman, dan sistematis.

Di Indonesia, POS lebih dikenal sebagai mesin kasir. Sistem ini digunakan untuk membantu transaksi, seperti menyimpan uang, menghitung transaksi belanja secara cepat, dan mencetak struk. Komponen sistem POS yang berjalan dalam setiap transaksi, meliputi:

Hardware

Komponen ini terdiri dari terminal atau PC, printer struk, laci penyimpanan uang, barcode scanner, dan terminal pembayaran.

Software

Komponen ini meliputi manajemen inventori, pembelian, pelaporan, standar keamanan transaksi, proses retur, hingga manajemen pelanggan.

Apa Itu Aplikasi Kasir Online

Aplikasi kasir online merupakan pengembangan dari point of sales (POS) yang berbentuk aplikasi berbasis digital. Sedangkan, fungsi dari aplikasi online ini masih sama dengan POS “konvensional”, yaitu membantu penjualan pada bisnis ritel agar berlangsung cepat, aman, dan sistematis.

Teknologi yang terus berkembang, membuat POS pada kasir online bukan lagi sebuah mesin kasir biasa. Penggunaan sistem ini semakin mudah, karena Anda tidak perlu membeli mesin kasir khusus yang mahal dan berat. Anda cukup menggunakan ponsel pintar atau tablet, POS dapat diaplikasikan pada bisnis.

Perbedaan POS dan Kasir Online

Beda POS dan Kasir Online
Sumber : My Best

Berikut beberapa perbedaan POS pada aplikasi kasir online dengan sistem POS “konvensional”:

Fleksibilitas

Fitur aplikasi kasir online dapat diakses melalui ponsel pintar atau tablet. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan mesin kasir seperti pada penggunaan POS konvensional.

Selain itu, bentuknya yang kecil membuat kasir online ini mudah dipindahkan. Berbeda dengan mesin kasir konvensional yang sulit dipindah-pindahkan karena bentuknya yang besar dan berat.

Akses data

Data pada POS konvensional hanya dapat diakses dalam hard disk yang ada di tempat kerja saja. Sedangkan aplikasi kasir berbasis online, dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Penggunaan kasir berbasis online tentu lebih memudahkan pemilik bisnis. Anda bisa mengontrol bisnis dari jarak jauh, tanpa perlu berkunjung ke tempat usaha.

Kelengkapan fitur

Teknologi berbasis digital yang digunakan pada software kasir berbasis online, menawarkan banyak fitur yang dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda. Beberapa fitur tersebut, antara lain:

  • Dapat digunakan untuk mengatur berbagai macam metode pembayaran, mengatur diskon, dan menyimpan informasi pelanggan.
  • Data penjualan online (toko di marketplace atau sosial media), dapat diimpor secara real-time.
  • Fitur ulasan yang dapat diisi oleh konsumen dan dibaca calon konsumen lainnya.
  • Tombol untuk mempromosikan barang ke sosial media.
  • Fitur untuk melihat laporan keuangan harian hingga tahunan dengan mudah dan didukung oleh berbagai format dokumen.

Fitur-fitur dalam aplikasi kasir berbasis online di atas tidak akan Anda temukan dalam kasir konvensional. Mesin kasir ini hanya dapat digunakan untuk menghitung pendapatan, untung-rugi, dan stok barang, serta untuk menyimpan uang.

Keamanan

Aplikasi kasir berbasis online dapat menghindarkan Anda dari berbagai bentuk pencurian uang tunai. Hal ini karena sebagian besar transaksi yang diterima berbentuk cashless

Dari segi keamanan data, mesin kasir konvensional tidak memiliki back up data. Jika muncul permasalah pada sistem, Anda bisa kehilangan semua data yang tersimpan. Sedangkan pada aplikasi kasir berbasis online, risiko kehilangan data memang tetap ada. Namun, dengan adanya fitur back up dan restore, Anda dapat meminimalisir jumlah data yang hilang.

Biaya

Pada mesin kasir konvensional, Anda perlu membayar biaya instalasi software POS dan biaya perawatannya. Sedangkan pada software kasir berbasis online, Anda cukup membayar biaya langganan per tahun.

Nah, demikian ulasan mengenai perbedaan POS dan kasir online. Tertarik menggunakan aplikasi kasir berbasis online setelah membaca ulasan di atas? Anda bisa memilih software kasir POS dari OttoPay yang bekerjasama dengan HeloBill.

OttoPay bekerjasama dengan HeloBill menyediakan software kasir online dan pembayaran non tunai yang bisa diakses dalam satu device. Jadi, Anda tidak memerlukan mesin kasir khusus lagi untuk bertransaksi. Yuk upgrade bisnismu dengan bergabung menjadi Mitra Bisnis OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: