Manfaat Menggunakan Payment Gateway di Dunia Bisnis

16 Januari 2023
Payment Gateway

Transaksi dengan payment gateway kini bukan lagi hal asing. Masyarakat umum dan pemilik usaha sudah menggunakan teknologi ini untuk kegiatan sehari-hari. Jika kamu berminat memulai bisnis, kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk menerapkan pilihan transaksi dengan teknologi ini.

Payment Gateway
Sumber : Envato

Apa Itu Payment Gateway

Payment gateway adalah teknologi yang memungkinkan terjadinya berbagai fungsi transaksi secara online. Kamu bisa menemukannya di setiap situs atau toko yang memberi pilihan pembayaran berupa transfer online, kartu kredit, dan uang elektronik.

Teknologi payment gateway semakin populer seiring berkembangnya literasi keuangan digital masyarakat Indonesia. Menurut survei Status Literasi Digital Indonesia yang dilakukan Kominfo terhadap 10.000 responden, 65,4 persen sudah menggunakan dompet digital untuk transaksi.

Payment gateway memiliki beberapa elemen penunjang seperti otorisasi dan verifikasi, kode keamanan, dan password. Sistem ini memastikan setiap transaksi sah dan aman sehingga menurunkan risiko kesalahan atau penipuan.

Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis 

Setiap pemilik bisnis sebaiknya memiliki pilihan transaksi dengan teknologi payment gateway. Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan dengan teknologi ini. Contohnya adalah:

1. Tidak Perlu Punya Terlalu Banyak Rekening 

Pemilik bisnis biasanya harus membuat beberapa rekening bank untuk melayani transaksi para pelanggan yang rekeningnya berlainan. Dengan payment gateway, pemilik bisnis tidak perlu melakukannya. Satu sistem ini telah terintegrasi dengan jaringan bank ternama sehingga siapa saja bisa bertransaksi.

2. Jumlah Transaksi Tidak Terbatas 

Takut mengalami gangguan sistem akibat pesanan terlalu banyak? Jangan khawatir. Payment gateway memungkinkan ratusan bahkan ribuan transaksi terjadi pada waktu sama. Pemilik bisnis pun tidak akan kesulitan mengelola pesanan dan mendapat keuntungan maksimal.

3. Pembayaran Cepat dan Aman 

Payment gateway memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan aman. Sistem verifikasi dan keamanannya memastikan setiap transaksi “lolos seleksi” sebelum melakukan pemrosesan. Risiko kesalahan pencatatan serta tindak kriminal seperti penipuan pun berkurang.

4. Jangkauan Pembayaran Luas 

Payment gateway mampu menjangkau banyak pelanggan dalam opsi pembayarannya. Pemilik bisnis kecil bahkan bisa menjangkau pelanggan di luar negeri. Cocok untuk membidik pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesuksesan bisnis kecil.

5. Rekap dan Pelaporan Lebih Mudah 

Rekap dan laporan keuangan penting sebagai alat evaluasi serta pengembangan bisnis. Dengan payment gateway, pemilik bisnis tidak perlu lagi melakukan rekap secara manual. Semua aktivitas transaksi terekam secara real-time, dan kamu bisa memilah serta mengunduhnya dalam sekejap. Kamu pun bisa menghemat waktu dan fokus pada aktivitas bisnis lain.

Sistem payment gateway di Indonesia telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 terkait Gerbang Pembayaran Nasional. Bank Indonesia menerbitkan sistem tersebut secara resmi dan menjamin keamanannya. Jadi, jangan ragu untuk menerapkan teknologi tersebut ketika kamu memulai bisnis.

Cara Menerapkan Payment Gateway dalam Bisnis

Ingin menerapkan teknologi gerbang pembayaran dalam bisnismu? Kamu bisa menggunakan aplikasi OttoPay untuk Mitra Bisnis demi menyediakan layanan pembayaran tersebut.

Solusi OttoPay untuk Mitra Bisnis memberi pilihan penerapan payment gateway untuk mengelola usaha secara digital. Kamu bisa memberi pelangganmu pilihan pembayaran nontunai menggunakan QRIS, kartu kredit, dan kartu debit. Pelangganmu pun akan lebih puas karena adanya jaminan keamanan dan kemudahan transaksi.

Keuntungan lainnya adalah sistem pelaporan yang praktis dan akurat. Setiap transaksi harian tercantum dalam laporan rekonsiliasi keuangan lengkap. Kamu tinggal mengunduh atau mencetaknya untuk membuat laporan dan mengevaluasi kondisi usaha. Kamu juga bisa mengontrol transaksi secara real-time sehingga mengurangi risiko kesalahan.

Cara memulainya cukup mudah: silakan mendaftar di halaman pendaftaran OttoPay dan ikuti semua langkahnya. Perwakilan OttoPay akan mengunjungimu untuk melakukan survei sebelum mengurus proses pendaftaran dan pemasangan alat pembayaran. Kamu pun bisa segera menerapkan teknologi payment gateway!

Berbisnis di era modern membutuhkan solusi digital untuk semua lini, salah satunya transaksi. Payment gateway adalah solusi untuk memudahkan transaksi nontunai agar lebih praktis dan aman. Manfaatkan OttoPay untuk Mitra Bisnis demi menerapkan teknologi payment gateway dan memberi layanan lebih bagi pelanggan!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: