5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

19 Juni 2023
Payment Gateway

Meskipun sudah ada sejak lama, tetapi tidak banyak yang tahu apa payment gateway itu, serta bagaimana fungsinya. Payment gateway artinya, sebuah sistem transaksi yang bertugas mengotorisasi sebuah proses pembayaran melalui e-commerce atau bisnis online lainnya. 

Jadi, apapun metode pembayaran yang dipilih konsumen, pebisnis bisa menerima pembayaran tersebut secara aman dan mudah. Teknologi ini juga memungkinkan kita menerima pembayaran dari seluruh dunia tanpa ribet. Mengingat ada sejumlah dana yang dilibatkan, sistem keamanan teknologi ini cukup mumpuni.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal keamanan transaksi. Apalagi saat ini, ada banyak sekali produk yang bisa dipilih dan dimanfaatkan untuk memudahkan transaksi bisnis online kita. Namun sebelum menggunakan teknologi ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Tips Memilih Payment Gateway

Payment Gateway
Sumber : Envato

Sebagai referensi, berikut beberapa tips memilih platform payment gateway.

1. Channel Pembayaran

Tips pertama adalah, pilih platform yang mampu menyediakan ragam channel pembayaran variatif. Diakui atau tidak, saat ini pembayaran nontunai tidak hanya berupa kartu kredit atau debit saja, ada banyak metode pembayaran lain yang juga diminati oleh banyak orang.

Seperti pembayaran menggunakan Qris dan e-wallet. Dengan memilih platform yang memiliki channel pembayaran bervariasi, kita akan memudahkan pelanggan melakukan transaksi dan bukan tidak mungkin mereka akan senang berbelanja di toko kita. 

2. Keamanan

Selain variasi channel pembayaran beragam, pilih platform yang memiliki sistem keamanan memadai. Hal ini penting mengingat ada banyak uang yang dilibatkan. Jangan sampai hanya karena biaya layanan murah, kita memilih platform secara asal-asalan dan berisiko kehilangan dana.

Platform dengan sistem keamanan yang baik mungkin cenderung mahal. Tetapi dari sudut pandang jangka panjang, uang yang dikeluarkan sangat sepadan dengan potensi keuntungan dan minimnya risiko yang harus ditanggung.

3. Customer Support

Selanjutnya, pilih platform yang memiliki sistem customer support memadai. Hal ini penting mengingat segala hal yang berhubungan dengan teknologi pasti akan mengalami gangguan, kesalahan teknis, error, dan masalah rumit lain. Dengan customer support memadai, kita tidak perlu pusing ketika keribetan itu terjadi.

Apalagi jika customer support-nya cukup responsif. Hal ini akan membuat segala transaksi yang dilakukan melalui payment gateway lebih mudah dan terjamin kenyamanannya. 

4. Reliability dan Uptime

Jika bisnis ramai, bukan tidak mungkin akan terjadi arus transaksi cukup besar dalam satu waktu. Jadi selain tiga hal yang disebutkan sebelumnya, pilihlah platform yang memiliki stabilitas baik, dapat selalu diandalkan, dan cukup andal di setiap waktu sebanyak apapun transaksi yang sedang berlangsung.

Kualitas ini penting karena semakin nyaman konsumen dalam bertransaksi, semakin besar pula potensi bisnis mendapat keuntungan lebih. Salah satu platform dengan kualitas reliability dan uptime yang cukup direkomendasikan adalah aplikasi OttoPay.

5. Pay-out

Terakhir, pilihlah platform dengan sistem pay-out atau pencairan dana yang efektif. Setiap platform pasti memiliki kebijakan tentang hal ini. Ada yang butuh waktu dan proses lama, ada pula yang instan. Sebagai referensi, pilihlah yang prosesnya efektif dan tidak butuh waktu lama dalam pencairan dana.

Diakui atau tidak, bagi sebagian bisnis dana yang masuk melalui platform biasanya akan dibutuhkan sebagai modal dan diputar lagi. Jadi semakin lama dananya cair, semakin sulit pula bisnis untuk berkembang.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini, kemudahan transaksi adalah salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan potensi bisnis online. Jadi memilih payment gateway tepat merupakan suatu keharusan. 

Nah, Itulah ulasan tentang beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih platform payment untuk memudahkan konsumen dan melancarkan bisnis online kita. Meskipun mungkin kita tahu cara membuat payment gateway sendiri, tetapi memanfaatkan platform yang sudah terjamin keamanan dan stabilitasnya seperti aplikasi OttoPay tentu lebih baik.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: