Ingin Tambah Untung dari Bisnis WiFi di Kampung? Jual Produk Digital!

19 Juni 2023
Bisnis WiFi

Usaha penyediaan WiFi kini semakin menjamur di berbagai area, termasuk di perkampungan. Kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk memulai bisnis WiFi dari rumah. Selain banyak yang membutuhkan, kamu bisa berkontribusi pada program lokal seperti smart greenhouse, sistem pertanian modern yang membutuhkan akses internet stabil.

Menyediakan WiFi bukan satu-satunya layanan yang bisa kamu berikan, lho! Selain memberikan akses ke jaringan internet, kamu bisa sekalian menjual produk digital seperti pulsa dan paket data.

Keuntungan Bisnis WiFi dan Produk Digital Sekaligus 

Bisnis WiFi
Sumber : Envato

Kenapa bisnis WiFi dan jualan produk digital ideal untuk usaha di kampung? Inilah beberapa alasannya sebagai pertimbangan.

Bisa Dikelola dari Rumah

Bisnis ini tidak membutuhkan kantor, terutama jika kamu hanya ingin punya usaha kecil yang cukup menguntungkan. Selama kamu punya perlengkapan yang dibutuhkan, bisnis ini bisa dimulai dari mana saja asal ada akses internet.

Modal Awal Sesuai Kemampuan 

Kamu tidak perlu punya modal banyak untuk memulai usaha ini. Pilih rincian bisnis sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya, jika kamu menjual produk digital, cukup pilih beberapa yang paling banyak dicari di daerahmu.

Produk Selalu Laris dan Banyak Dibutuhkan 

Bisnis WiFi plus produk digital seperti pulsa dan paket data dijamin laris. Bahkan di daerah pedesaan, ada banyak orang yang membutuhkan layananmu untuk berbagai keperluan. Mulai dari informasi seputar pertanian hingga sarana edukasi dan administrasi, produkmu dibutuhkan oleh hampir semua kalangan.

Bisa Dikelola Siapa Saja 

Usaha penyediaan WiFi tidak memandang umur dan latar belakang pendidikan. Siapa saja yang punya modal dan memahami rincian usaha ini bisa mulai berjualan.

Jenis Usahanya Tidak Akan Basi 

Akses internet dan produk digital seperti pulsa, paket data, serta layanan pembayaran daring tidak akan mati. Kamu bisa menjalankan usaha ini selama bertahun-tahun, baik sebagai sumber penghasilan utama maupun sampingan.

Baca juga: 5 Alasan Perlunya Memasang Spanduk Jualan Pulsa

Persiapan Memulai Bisnis WiFi dan Produk Digital 

Bisnis WiFi
Sumber : Envato

Sinyal internet stabil saja tidak cukup untuk memulai bisnis WiFi. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Menyiapkan Peralatan untuk Bisnis

Sinyal internet yang stabil menjadi kunci utama memulai bisnis WiFi. Pastikan kamu menyiapkan dana untuk membeli router dan access point untuk menyebarkan sinyal. Peralatan standar lainnya termasuk laptop atau komputer, ponsel, dan perlengkapan kantor.

2. Memasang Tiang untuk Antena WiFi

Pemilik usaha WiFi wajib punya WiFi AP, yaitu antena khusus untuk dipasang di luar ruangan. Agar penyebaran sinyalnya luas, kamu juga harus memasang WiFi AP di tiang. Pastikan mengikat antena dengan kuat menggunakan kawat antikarat agar sinyal selalu stabil.

3. Memilih Area Pemasangan WiFi yang Tepat

Memasang WiFi di luar ruangan membutuhkan pengetahuan tentang kondisi jaringan internet berdasarkan area. Mintalah bantuan profesional untuk memasang antenna. Mereka bisa menemukan titik pemasangan yang mampu menerima sinyal internet dengan lancar tanpa halangan.

Baca juga: Apakah Bisnis Jual Pulsa Masih Worth It untuk Dilakukan?

4. Siapkan Area dan Fasilitas Layanan

Antisipasi kedatangan pelanggan dengan menyiapkan area dan fasilitas tambahan. Contohnya adalah tempat parkir serta minuman dan jajanan untuk yang menggunakan WiFi di tempat.

5. Sediakan Layanan dan Produk Digital

Kenapa tidak memanfaatkan keberadaan jaringan WiFi untuk menambah penghasilan? Kamu bisa menambah pemasukan dengan menjual produk dan layanan digital. Contohnya adalah penjualan pulsa dan voucher game serta layanan pembayaran tagihan digital. Kamu bisa bekerja sama dengan pihak penyedia paket usaha digital seperti OttoPay.

OttoPay menyediakan kesempatan bermitra bagi pemilik usaha modal kecil, salah satunya adalah penjualan beragam produk digital. Kamu bisa menjual paket data dan pulsa, melayani pembayaran listrik, air, dan telepon, serta menjual tiket transportasi online. Keuntunganmu pun bertambah tanpa harus membuka lini usaha berbeda.

Bisnis WiFi adalah pilihan tepat untuk membuka usaha di kampung dengan memanfaatkan kebutuhan akan layanan internet. Jangan lupa manfaatkan aplikasi OttoPay untuk menambah penghasilan dari usaha WiFi, dan mulailah bisnis menguntungkan dari rumah.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: