Berapa Sih Maksimal Token Listrik yang Bisa Dibeli? Cek Cara Menghitungnya di Sini

24 Mei 2023
Token Listrik

Sebagai pengeluaran tetap bulanan, listrik jadi kebutuhan utama yang tidak tergantikan. Maka, kamu harus pandai mengatur pemakaian listrik di rumah supaya tidak boros. 

Menggunakan listrik prabayar bisa jadi pilihan bijak karena kamu dapat mengendalikan pemakaian listrik di rumah. Namun, kamu harus tahu bahwa PLN menerapkan pembatasan pembelian token listrik. Kenapa ya? 

Lalu, bagaimana cara menghitung batas pembelian token supaya nggak overlimit?

Token Listrik
Sumber : Envato

Mengenal Limit kWh

Limit kWh merupakan batas maksimal pembelian token listrik PLN per bulan. Secara umum PLN membatasi limit kWh sebesar 720 jam mengikuti daya listrik yang terpasang di rumah pelanggan.  

Kebanyakan pelanggan listrik prabayar tidak menyadari kebijakan pembatasan limit pembelian token. Sampai saat hendak mengisi listrik, ternyata pengisian token gagal dilakukan. Usut punya usut, hal itu terjadi karena penggunaan listrik sudah melebihi batas yang ditentukan atau over limit kWh. 

Kalau sudah begini, jangan buru-buru menyalahkan PLN ya. Coba evaluasi lagi bagaimana pemakaian listrik di rumah selama ini, apakah ada perubahan signifikan yang membuat kamu lebih boros. Jika ya, ini waktunya cari tahu bagaimana cara menghitung batas pemakaian listrik prabayar di rumah. 

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan IndiHome, Cukup dari Hp

Mengapa PLN Menerapkan Batas Maksimal Pembelian Token Listrik?

Lantas, kenapa ya PLN harus menerapkan batas maksimal pembelian token? Ternyata, hal ini memang sengaja dilakukan guna mencegah terjadinya penimbunan token listrik oleh pelanggan. 

Lebih lanjut, pembatasan pembelian token listrik dilakukan seiring pemberlakuan Tarif Dasar Listrik (TDL) dengan mekanisme Tarif Adjustment yang fluktuatif. Artinya, besaran TDL dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah yang berlaku di Indonesia, inflasi bulanan, serta nilai tukar mata uang Rupiah atas Dollar Amerika. 

Cara Menghitung Batas Pembelian Token Listrik

Satu hal yang perlu kamu tahu, pembatasan pembelian token berhubungan erat dengan golongan daya yang dipunyai pelanggan. Oleh karena itu, cara menghitung batas pembelian listrik prabayar adalah:

(Golongan Daya / 1.000 watt) x 720 jam

Golongan daya dihitung dalam satuan kilowatt atau VA. Sementara itu, harga kWh dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan TDL yang berlaku. 

Mari simak contoh perhitungannya di bawah ini.

Rumah Adi masuk dalam golongan daya 3.500 VA R-2. Dengan harga per kWh Rp1.444,7, berapa batas maksimal pembelian token yang bisa dilakukan Adi?

Menghitung besar batas kWh per bulan:

(Golongan Daya / 1000 watt) x 720 jam 

(3.500 VA / 1000 watt) x 720 jam 

3,5 kWh x 720 jam = 2.520 kWh

Dengan maksimal kWh sebesar 2.520 kWh, maka batas token yang bisa dibeli Adi dalam rupiah adalah:

Batas kWh x TDL 

2.520 kWh x Rp1.444,7 = Rp3.640.644

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa pelanggan dengan rumah golongan daya 3.500 VA R-2 dapat melakukan pembelian token hingga Rp3.640.644 atau setara dengan 2.520 kWh setiap bulan. Angka ini akan diperbarui per tanggal 1 tiap bulannya. 

Batas Pengisian Listrik Prabayar Setiap Golongan Daya

Sesuai dengan golongan daya yang diberlakukan PLN, berikut tabel batas pengisian listrik prabayar dalam kWh maupun rupiah. 

Golongan Daya (VA)Limit kWhBatas Maksimal Token 
450324 kWhRp134.460
900648 kWhRp876.096
1.300936 kWhRp1.352.239
2.2001.584 kWhRp2.288.404
3.5002.520 kWhRp3.640.644

Baca juga: Tips Hemat Listrik Biar Tagihan Listrik Nggak Membengkak

Dengan mengetahui cara hitung batas maksimal token listrik, kamu bisa mengevaluasi pemakaian listrik di rumah selama ini, apakah sudah cukup hemat atau ternyata masih boros. 

Pasalnya, jika sampai melebihi limit pengisian listrik prabayar, ada kemungkinan over limit kWh. Jadi, jika suatu hari kamu gagal melakukan pengisian listrik meski token yang dimasukkan sudah benar, bisa jadi karena pemakaian listrik bulan ini sudah melebihi batas. Kebayang kan betapa repotnya kalau sampai hal itu terjadi?

Guna mengantisipasi hal tersebut, kamu harus rutin mengecek berapa pengeluaran tiap bulan untuk membeli token listrik. Kamu pun dapat berhemat jika membeli token melalui aplikasi OttoPay. Bukan cuma transaksinya mudah, tetapi kamu bakal mendapatkan harga bersaing dan bawa pulang cashback lho. Tertarik?

Langsung download OttoPay sekarang, gratis! Sssttt… sekalian saja gabung jadi mitra OttoPay untuk menikmati keuntungan lebih banyak!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: