7 Cara Cerdas Mengelola Stok Barang Toko Kelontong

9 Januari 2023
Stok Barang

Toko kelontong termasuk sebagai salah satu bisnis yang ramah pemula. Tak sulit untuk menjalankan usaha ini. Kamu bisa memulainya dengan modal terbatas. Meski begitu, kamu tetap perlu membekali diri dengan pengetahuan terkait manajemen bisnis toko kelontong dengan baik. Salah satunya adalah cara mengelola stok barang

Dalam pengelolaannya, para pemilik toko kelontong terbiasa melakukannya secara sederhana. Mereka hanya menata barang pada etalase yang tersedia. Padahal, cara pengelolaan persediaan barang yang baik dapat membantu kamu dalam meminimalkan kerugian dan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan. 

Tips Cerdas Mengelola Stok Barang Toko

Stok Barang
Sumber : Envato

Untuk membantu kamu dalam mengelola persediaan barang toko kelontong jadi lebih modern dan teratur, ada 7 tips yang bisa dipraktikkan, yakni: 

1. Sediakan Gudang yang Mencukupi

Ketika mempunyai usaha toko kelontong, jangan cuma memikirkan etalase. Namun, perhatikan pula kebutuhan gudang untuk penyimpanan persediaan barang. Gudang dengan kapasitas yang memadai bisa membantu kamu dalam menyimpan persediaan barang dengan baik. 

Baca juga: Kelola Produk, Atur Penjualan Menggunakan Stock

Cara penyimpanan barang dalam bisnis toko kelontong sangat penting. Kamu perlu menyimpan barang dagangan sesuai dengan petunjuk. Kalau salah, barang bisa rusak atau mengalami penurunan kualitas. 

2. Susun Daftar Stok secara Rapi

Selanjutnya, kamu perlu menyimpan barang dengan rapi. Susun stok barang sesuai jenisnya. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin mencari produk tertentu. Selain itu, penataan yang rapi juga memudahkan kamu dalam melakukan pencatatan yang keluar maupun masuk.  

3. Buat Forecast Stok Barang

Kamu sudah memiliki catatan secara jelas terkait barang masuk dan keluar. Dari data ini, kamu bisa menyusun forecast atau perkiraan inventori. Tahapan ini sangat penting karena forecasting bisa membantu kamu dalam mengelola persediaan barang jadi lebih efektif dan efisien. 

4. Susun Produk Berdasarkan Kode

Menyusun simpanan barang secara rapi masih belum cukup. Kamu perlu pula merapikan pencatatan inventori dengan menggunakan kode. Penyusunan kode barang sangat membantu, apalagi kalau kamu mempunyai barang dagangan yang sangat variatif. 

Kode barang dapat membantu kamu dalam menempatkan stok dengan rapi. Kamu pun bisa menyusunnya berdasarkan warna, motif, model, atau kategori lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Mengelola Uang Warung, Aman dan Tidak Berantakan!

5. Tempatkan Stok Lama dan Baru

Hal yang tak kalah penting dalam pengelolaan stok barang selanjutnya adalah pemisahan antara barang lama dan baru. Jangan terbiasa menyatukan barang stok lama dan barang yang baru datang. Kebiasaan ini akan membuat kamu mengalami kebingungan dalam melakukan pencatatan. 

Pemisahan antara stok lama dan baru bisa membantu kamu mengelola persediaan barang dengan lebih baik. Kamu bisa mengetahui jumlah stok lama yang telah terjual dan tersisa di gudang dengan mudah. Selanjutnya, kamu pun bisa mendahulukan penjualan barang-barang stok lama biar tidak kedaluwarsa. 

6. Lakukan Pengecekan Barang Secara Berkala

Upaya selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan barang sebelum masuk gudang. Tahapan ini bisa kamu laksanakan sebelum pencatatan atau pemberian kode. Tujuan dari pengecekan ini sangat penting. Salah satunya adalah untuk mengetahui kualitas barang yang baru saja masuk ke gudang. 

Kamu perlu tahu, tidak semua barang yang didapatkan dari supplier dalam kondisi bagus. Tak menutup kemungkinan, ada sebagian kecil barang yang ternyata dalam kondisi cacat. Lewat adanya pengecekan, kamu bisa memisahkan barang cacat tersebut dan mengupayakan retur kepada supplier.

7. Manfaatkan Teknologi untuk Pengelolaan Barang

Terakhir, pertimbangkan untuk menggunakan teknologi dalam membantu pengelolaan inventori. Salah satu kecanggihan teknologi yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu cara mengelola stok barang toko kelontong adalah OttoPay. 

OttoPay membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan barang dagangan dengan mudah. Kamu bisa menjadi bagian dari Mitra Grosir OttoPay. Dengan menjadi Mitra Grosir OttoPay, kamu dapat melakukan pemesanan barang secara grosir tanpa perlu ke luar rumah. Pemesanan bisa kamu lakukan dengan praktis menggunakan aplikasi OttoPay. 

Yuk, segera download OttoPay dan gabung menjadi Mitra Grosir!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: