10 Menu Makanan Warteg yang Wajib Ada di Etalase, Apa Saja?

9 Januari 2023
Menu Makanan Warteg

Warung tegal atau warteg adalah tempat makan favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua pasti pernah mencicipi menu makanan warteg. Ini lantaran menu yang ditawarkan adalah hidangan sehari-hari yang harganya ramah di kantong. Selain itu, warteg juga termasuk andalan bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri.

Meski terkesan sederhana, nyatanya warteg menjadi salah satu UMKM subsektor kuliner yang ikut menyumbang sekitar 41 persen dari total PDB 2020. Nah, buat kamu yang berencana mendirikan usaha, jenis warung makan satu ini bisa dijadikan pilihan. Agar warteg makin laris, berikut ada beberapa menu yang wajib ada di warteg. Yuk, simak!

Menu Makanan Warteg
Sumber : Envato

1. Telur Dadar

Olahan telur satu ini tak boleh absen di menu warteg. Untuk itu, pastikan kamu selalu menyediakan telur dadar di warteg kamu setiap hari, ya! Biasanya, telur dadar khas warung tegal cenderung tebal. Selain itu, makanan ini juga dimasak dengan potongan daun bawang, cabai, atau bawang merah agar cita rasanya lebih lezat.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng adalah salah satu lauk yang kerap dipesan para konsumen warteg. Kalau sudah ada ayam goreng, dijamin warteg akan selalu ramai. Terlebih lagi jika memiliki cita rasa tersendiri, sudah pasti akan ludes terus setiap hari. Ayam goreng ala warteg umumnya digoreng biasa atau digoreng dengan tambahan bumbu serundeng.

3. Tempe Orek

Bukan warteg namanya kalau tidak ada tempe orek. Sesuai namanya, menu makanan warteg satu ini berbahan dasar tempe yang dipotong dadu atau sedikit memanjang. Kemudian, tempe ditumis dengan kecap, potongan cabai, dan bawang putih. Ingat, tempe orek tidak diolah kering, melainkan sedikit basah.

4. Kentang Balado

Olahan kentang berikut ini selalu hadir di warteg mana saja. Beberapa warteg ada yang menyebutnya sambal goreng kentang. Meski begitu, cara mengolahnya tetap sama, yaitu kentang dadu digoreng lalu dicampur sambal balado dan ditumis hingga matang. 

5. Mi Goreng

Mi goreng juga wajib ada di etalase warteg. Mi goreng khas warteg biasanya diolah seperti mi goreng biasa untuk nasi uduk atau nasi kuning. Mi yang digunakan merupakan mi telur yang diolah bersama potongan sayur, telur, bakso, atau irisan sosis.

Baca juga: 5 Kreasi Olahan Indomie Anti Mainstream, Yuk Coba!

6. Tumisan

Menu makanan warteg selanjutnya adalah aneka tumisan. Tumisan harus selalu ada di etalase warteg karena tak pernah sepi peminat. Misalnya saja capcai, cah jamur, cah kangkung, tumis kacang panjang, tumis kangkung, dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya cukup simpel, tetapi cita rasanya boleh diadu.

7. Sayur Berkuah

Masakan berbahan dasar sayur yang dimasak kuah juga selalu ada di warung tegal. Menu yang disajikan biasanya adalah sayur lodeh, sayur asam, sayur labu siam, sayur sop, dan lain sebagainya. Khusus menu ini, penjual warteg biasanya menyajikannya di wadah terpisah.

8. Telur Balado

Satu lagi olahan telur yang tak boleh absen dari etalase kaca khas warteg. Kamu bisa menggunakan telur bulat yang direbus kemudian digoreng atau telur mata sapi. Keduanya sama-sama lezat dan selalu dicari oleh pelanggan setia warteg.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Warung Tradisional di Indonesia

9. Ikan Goreng

Selain ayam, menu makanan warteg dari ikan juga selalu diburu oleh pembeli. Jenis ikan yang disajikan biasanya ikan yang terjangkau, seperti lele, ikan kembung, ikan pindang, dan lain sebagainya. Selain ikan, kamu bisa menyediakan olahan laut seperti teri goreng, udang goreng tepung, atau cumi goreng tepung.

10. Perkedel

Lauk goreng berbahan dasar kentang yang ditumbuk ini cocok dipadukan dengan aneka jenis lauk. Sebab itu, perkedel kentang selalu hadir di etalase warteg. Namun, ada juga warteg yang menyajikan perkedel berbahan dasar tahu dan jagung.

Itu tadi sepuluh menu makanan warteg yang wajib ada di etalase warung. Kalau kamu berencana mendirikan warteg tetapi bingung mau belanja grosir di mana untuk kebutuhan warung, OttoPay bisa menjadi pilihan tepat. Dengan menjadi mitra OttoPay, kamu bisa berbelanja grosir online secara praktis, mudah, dan tentunya gratis ongkir.

Tunggu apalagi, yuk, belanja grosir bareng OttoPay sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: