Tips Memilih Supplier Toko Kelontong yang Tepat, Biar Untung Gede!

9 Januari 2023
Supplier Toko Kelontong

Banyak pilihan bisnis yang cocok untuk pemula. Salah satunya adalah membangun toko kelontong. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil dengan menyasar konsumen di sekitar rumah. Di toko tersebut, kamu bisa menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, kamu perlu memiliki supplier toko kelontong yang tepat. 

Jaringan supplier yang tepat tidak hanya membantu kamu dalam mendapatkan suplai persediaan barang dengan lengkap. Namun, keberadaannya juga bisa membantu kamu dalam memperoleh keuntungan yang lebih besar. 

Tips Memilih Supplier Toko Kelontong

Supplier Toko Kelontong
Sumber : Envato

Ada 5 tips penting yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan pilihan supplier untuk bisnis toko kelontong, yakni: 

1. Cermati Track Record

Langkah pertama yang perlu kamu cermati dalam menentukan supplier adalah dengan memperhatikan track record mereka. Cari tahu bagaimana cara mereka memberi pelayanan kepada setiap pelanggan. Kamu bisa mendapatkan informasi seperti ini dari berbagai sumber. 

Baca juga: Mengenal Warung Kelontong, Bisnis yang Tidak Ada Matinya

Kamu tak hanya bisa memperoleh informasi track record supplier dari para pelanggannya secara langsung. Sebagai tambahan, kamu dapat pula memanfaatkan sumber informasi lainnya, seperti media sosial, komunitas, forum, dan banyak lagi yang lain.

2. Perhatikan Kualitas Barang

Dalam berbagai kasus, kerap terjadi supplier bermain curang dengan menyelipkan barang dengan kualitas buruk. Tindakan ini biasanya mereka lakukan secara terselubung. Pada awalnya, mereka mengirimkan barang bagus. Seiring waktu, mereka pun mulai sedikit demi sedikit menyelipkan barang dengan kualitas buruk. 

Kecurangan oleh supplier yang dengan sengaja menyelipkan barang berkualitas buruk tentu saja sangat merugikan kamu sebagai pemilik toko kelontong. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan langkah antisipasi. Bagaimana caranya? Kamu perlu melakukan pemeriksaan kualitas barang kiriman dari supplier secara berkala. Lakukan dengan cermat dan teliti. 

3. Kemudahan Cara Pembayaran

Tips selanjutnya dalam memilih supplier toko kelontong adalah dengan mencermati cara pembayarannya. Banyak supplier yang kerap menyediakan kemudahan cara pembayaran kepada para pelanggan. Alih-alih membayar secara tunai, mereka menyediakan opsi pembayaran dalam bentuk tagihan setiap akhir bulan. 

Baca juga: Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada

Tak lupa, kamu juga perlu mencermati kemudahan pihak supplier dalam memproses retur barang. Dalam prosesnya, tak menutup kemungkinan terdapat barang yang mengalami kerusakan sehingga perlu kamu kembalikan. Cermati kebijakan supplier terkait hal ini. Setiap supplier punya kebijakan penggantian yang berbeda-beda. 

4. Harga Barang

Bisnis toko kelontong memang jadi solusi yang menarik untuk pebisnis pemula. Hanya saja, peluang usaha ini mempunyai margin profit yang kecil. Kalau kamu mengambil untung terlalu besar, pelanggan bakal memilih untuk beralih ke toko lain. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih supplier yang mampu menawarkan barang dengan harga terjangkau. 

Keberadaan barang dengan harga murah dari supplier toko kelontong memungkinkan kamu untuk memperoleh keuntungan dengan jumlah lebih besar. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara meningkatkan margin profit atau mendorong angka penjualan barang dengan menawarkannya secara lebih murah. 

5. Konsistensi Pelayanan

Terakhir, kamu harus memperhatikan konsistensi pelayanan pihak supplier kepada para pelanggan. Jangan terburu-buru menjalin kerja sama dalam jangka panjang dengan salah satu supplier. Perhatikan dahulu kualitas pelayanan mereka selama beberapa kali pembelian. Dari situ, kamu pun bisa menilai konsistensi pelayanan mereka kepada para pelanggan. 

Konsistensi pelayanan sangat penting untuk memastikan suplai barang ke toko kelontong kamu berjalan lancar. Kamu tentu tidak ingin berhadapan pada permasalahan persediaan barang yang kosong, kan? Padahal, barang-barang tersebut banyak diburu oleh para pelanggan. 

Nah, itulah 5 tips penting yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan supplier toko kelontong. Kabar baiknya, ada solusi praktis yang bisa kamu dapatkan dari OttoPay. OttoPay tak hanya membantu kamu dalam menyediakan layanan pembayaran yang modern. Namun, kamu bisa pula menggunakan OttoPay untuk keperluan belanja barang secara grosir. 

OttoPay memungkinkan kamu belanja barang dalam jumlah grosir dengan gampang. Kamu bisa melakukannya cukup menggunakan aplikasi OttoPay. Tak hanya praktis dan mudah, kamu juga akan memperoleh manfaat tambahan berupa biaya pengiriman barang gratis. Menarik, kan?

Yuk, segera download OttoPay dan jalankan bisnis toko kelontong dengan lebih efektif. 

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: