Cara Tepat Menghemat Belanja Bahan Pokok untuk Rumah Tangga

9 Januari 2023
Belanja Bahan Pokok

Belanja bulanan menjadi aktivitas rutin dari setiap rumah tangga. Pengeluaran ini sifatnya wajib. Jadi, kamu harus mengalokasikannya dengan jumlah yang mencukupi. Secara rata-rata, mayoritas orang Indonesia menghabiskan sekitar 20% penghasilan untuk memenuhi kebutuhan belanja bahan pokok sehari-hari. 

Angka 20% penghasilan relatif cukup besar. Hal ini tak lepas dari kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang lebih suka belanja di supermarket. Padahal, dengan tips yang tepat, kamu bisa menekan pengeluaran belanja bahan pokok kebutuhan harian dalam jumlah yang cukup signifikan. 

Tips Hemat Belanja Bahan Pokok Rumah Tangga

Belanja Bahan Pokok
Sumber : Envato

Ada 5 tips yang bisa kamu praktikkan untuk dapat menghemat pengeluaran dari sektor belanja kebutuhan bahan pokok rumah tangga, yakni: 

1. Beli Secara Grosir

Banyak orang Indonesia yang memilih untuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan membelinya dari toko kelontong atau supermarket. Cara ini memang praktis, tetapi berpotensi menimbulkan pengeluaran ekstra. Sebagai gantinya, kamu dapat beralih dengan melakukan pembelian secara grosir. 

Belanja barang secara satuan di toko kelontong atau supermarket relatif lebih mahal dibanding beli grosir. Saat melakukan pembelian secara grosir, kamu akan mendapatkan potongan harga dari pihak penjual. Besaran diskonnya cukup besar. Apalagi, kalau kamu memperoleh potongan harga untuk berbagai jenis pembelian. 

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

Menariknya lagi, saat ini ada pilihan cara belanja grosir yang praktis. Kamu tak perlu keluar rumah untuk belanja. Sebagai gantinya, kamu bisa belanja kebutuhan harian secara grosir lewat OttoPay. Belanja mudah, murah, dan gratis ongkos kirim. Semua itu, bisa kamu dapatkan cukup dengan download aplikasi OttoPay

2. Susun Daftar Belanja Bulanan

Cara selanjutnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyusun daftar barang belanja. Pencatatan ini bisa kamu lakukan dengan memperhatikan pola konsumsi dari seluruh anggota keluarga. Dari situ, kamu pun bisa menyusun daftar belanja yang dibutuhkan secara tepat dan efektif. 

Dalam menyusun daftar belanja, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, di antaranya: 

  • Cek persediaan barang di rumah sebelum belanja. Tulis daftar barang yang habis atau tinggal sedikit
  • Belanja sesuai dengan anggaran. Tetapkan anggaran belanja bahan pokok setiap bulan. Pastikan kalau jumlah belanjaan tidak melebihi anggaran
  • Jangan mudah tergoda diskon. Saat belanja, kamu akan sering melihat penawaran barang dengan harga miring dan disertai embel-embel diskon. Jangan tergoda dan tetap utamakan belanja sesuai daftar

3. Buat Rencana Masak Setiap Minggu

Banyak ibu rumah tangga yang pusing dan bingung saat memikirkan menu masakan esok hari.  Alih-alih memikirkan menu secara harian, pertimbangkan untuk menyusun rencana masak setiap minggu. Dengan  ini, kamu tak lagi pusing memikirkan menu esok hari. Namun, kamu juga bisa menghemat belanja bahan pokok

Baca juga: Belanja Lewat Fitur Toko Grosir, Lengkapi Kebutuhan Stock Tanpa Meninggalkan Warung

Dengan menyusun daftar menu masakan selama satu minggu, kamu dapat mengetahui secara jelas bahan-bahan yang perlu dibeli. Kamu bisa memperoleh potongan harga karena membeli barang dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu dapat pula menghemat pengeluaran karena tak perlu bolak-balik pergi ke pasar atau supermarket. 

4. Simpan Bahan Makanan Secara Tepat

Ketika membeli barang kebutuhan harian dalam jumlah banyak, kamu jangan melupakan cara penyimpanannya. Ketahui cara menyimpan barang dengan benar. Dengan begitu, bahan pokok yang telah kamu beli tidak mudah rusak. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa menyimpan bahan makanan dengan baik, yaitu: 

  • Hindari kebiasaan mencuci bahan makanan, seperti sayuran atau buah, sebelum dimasukkan ke kulkas
  • Tempatkan bahan makanan tertentu secara terpisah. Kamu bisa memisahkannya menggunakan aluminium foil
  • Simpan daging di bagian freezer
  • Jangan terbiasa menyimpan roti dalam kulkas
  • Simpan jamur dalam kulkas dalam kondisi bersih dan bebas dari kotoran

5. Pertimbangkan untuk Menanam Bahan Pangan Sendiri

Terakhir, kamu perlu mempertimbangkan untuk mulai membangun ladang kecil sendiri di rumah. Kalaupun kamu mempunyai lahan terbatas, kamu bisa memanfaatkan teknik hidroponik. Dengan cara seperti ini, kamu bisa menghemat belanja bahan makanan pokok dan bahkan bisa memperoleh pemasukan tambahan. 

Nah, itulah tips menghemat belanja kebutuhan rumah tangga yang bisa kamu praktikkan. Semoga bermanfaat, ya.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: