Tips Hemat Pakai Pulsa dan Kuota Internet Biar Aman Sampai Akhir Bulan

2 Mei 2023
Cara Menghemat Pulsa dan Kuota

Pulsa dan kuota internet adalah kebutuhan yang penting bagi hampir semua orang. Tidak sekadar untuk kebutuhan komunikasi dengan keluarga dan orang terdekat, paket internet dan telepon juga penting bagi kamu yang bekerja atau berbisnis. Kehabisan pulsa atau kota di akhir bulan tentu bukan hal yang mengenakkan. Terlebih lagi, kamu memang sudah memiliki alokasi dana sendiri untuk kedua kebutuhan itu.

Bagaimana cara menghemat pulsa maupun kuota internet agar tidak merana di akhir bulan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Cara Menghemat Pulsa dan Kuota
Sumber : Envato

Manfaatkan WiFi

Cara menghemat pulsa dan kuota pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan jaringan internet nirkabel atau WiFi yang ada di sekitarmu. Jika di kantormu tersedia WiFi gratis, maksimalkan penggunaannya selama jam kerja. Tidak hanya di kantor, internet gratis juga bisa kamu temukan di tempat-tempat umum seperti kafe dan restoran.

Tidak perlu khawatir dengan kestabilan jaringan. Pasalnya dalam beberapa kasus, internet dari sambungan WiFi cenderung lebih cepat dan bisa diandalkan. 

Baca Juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Aktifkan Mode Hemat Data

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pulsa dan kuota adalah dengan menyalakan fitur penghemat data di ponsel. Beberapa perangkat sudah dilengkapi dengan fitur penghemat data ini. Jika tidak ada, kamu bisa mengecek masing-masing aplikasi yang kamu pakai.

Google Chrome, WhatsApp, Facebook, hingga Instagram dilengkapi dengan fitur penghemat data. Tujuannya adalah untuk memudahkanmu mengatur besaran data yang ingin kamu gunakan agar tidak habis sebelum akhir bulan.

Minimalisasi Penggunaan SMS

Seiring dengan makin banyaknya pengguna smartphone, SMS semakin ditinggalkan. Aplikasi messenger seperti WhatsApp dan Facebook Messenger bisa jadi opsi pengganti yang lebih hemat. Dibandingkan SMS yang menggunakan tarif khusus per pesan yang dikirim, dengan aplikasi messenger, kamu bisa mengirimkan pesan sebanyak apa pun dengan biaya yang lebih hemat.

Untuk mendukung komunikasi yang lancar lewat layanan perpesanan berbasis internet ini, beberapa provider bahkan menyediakan paket khusus. Ini tentu akan makin menghemat pengeluaranmu untuk membeli kuota.

Manfaatkan Diskon dan Promo dari Operator

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran membeli kuota internet dan pulsa adalah dengan menggunakan promo atau diskon khusus. Penawaran ini biasanya berbeda-beda, tergantung operator yang kamu gunakan. Cari tahu operator mana yang memberikan harga paket dan layanan terbaik untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Jika tidak ada diskon, coba cek paket khusus yang diberikan oleh operator. Beberapa operator menjual paket bundling telepon dengan SMS atau telepon dengan internet dengan harga yang lebih terjangkau dibanding jika kamu membeli secara terpisah. Manfaatkan semuanya dengan baik agar penggunaan pulsa dan kuotamu jadi lebih optimal.

Baca Juga: Anti Tekor Tanggal Tua, Ini Cara Hemat Pulsa!

Gunakan Internet Secarai Bijak

Sadar atau tidak, kamu pasti pernah menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk scrolling media sosial atau menonton video-video lucu di Youtube. Meskipun ini terlihat simpel dan menghibur, kamu juga harus mengingat bahwa aktivitas tersebut membutuhkan kuota dan pulsa yang tidak sedikit.

Bijak menggunakan internet adalah cara yang tidak kalah ampuh untuk mencegah kuota yang bocor sebelum akhir bulan. Jika memang bujetmu terbatas, gunakan pulsa dan kuota hanya untuk hal-hal yang memang penting. Jangan hanya karena terlalu asik menonton film, kamu jadi tidak bisa menyelesaikan tugas kantormu sebab kuota sudah kandas duluan.

Itulah beberapa cara menghemat pulsa dan kuota internet. Ingin pengeluaranmu jadi lebih hemat lagi? Kamu bisa melakukan pengisian pulsa dengan menggunakan aplikasi OttoPay. Selain transaksi dijamin lancar, ada promo cashback yang bakal bikin pengeluaranmu makin hemat. Bonusnya lagi, kamu bisa sekalian jualan pulsa, paket internet, hingga menerima layanan pembayaran tagihan.

Yuk, gabung jadi mitra OttoPay sekarang dengan mengunduh aplikasinya di sini!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: