7 Kreasi Minuman Kekinian Ini Bikin Warkopmu Makin Rame

10 Januari 2023
Minuman Kekinian

Kamu suka nongkrong di warkop atau warung kopi modern? Kalau iya, berarti sudah pernah dong mencicipi aneka minuman kekinian. Dianggap kekinian karena cara pengolahan dan penyajiannya berbeda dengan yang biasa disajikan di warkop tradisional.

Menu minuman bisa diibaratkan nyawa warkop itu sendiri. Makin beragam, enak, dan kekinian, makin ramai pula kedai kopi. Ini lantaran warkop termasuk bisnis yang persaingannya relatif ketat. Bahkan menurut data Kementerian Perindustrian, jumlah gerai kopi di seluruh Indonesia mencapai angka 2.950 lebih per Agustus 2019. 

Minuman Kekinian
Sumber : Envato

Nah, buat kamu yang mau mendirikan atau sudah memiliki warkop, tujuh ide minuman di bawah ini bakal bikin warkopmu makin ramai. Apa saja kreasi minuman tersebut? Simak di bawah ini.

1. Milo On Top

Tak semua pengunjung warkop adalah penggemar kopi. Untuk itu, kamu perlu menyediakan minuman non kopi, salah satunya milo on top. Sesuai namanya, bahan utama minuman ini adalah milo yang dapat disajikan dingin maupun hangat.

Proses pembuatannya sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan beberapa sendok milo dan gula. Untuk penyajian hangat, langsung gunakan air hangat. Sementara itu, untuk penyajian dingin, larutkan dulu dengan air hangat. Baru setelah itu, tambahkan air biasa dan es batu. Terakhir, taburkan beberapa sendok milo di atasnya. Milo on top siap disajikan!

2. Royal Hot Chocolate

Minuman kekinian yang satu ini bakal laris di kala musim hujan. Untuk membuatnya, cairkan dulu satu batang cokelat masak. Kemudian, didihkan 100 ml krim kental, 300 ml susu putih cair, dan satu sendok gula pasir. Setelah mendidih, tambahkan cokelat yang sudah dilelehkan tadi.

Aduk hingga merata selama kurang lebih dua menit. Jika sudah, tuang ke dalam cangkir keramik saji. Jangan lupa tambahkan marshmallow dan krim kocok di atasnya. Nah, agar pembeli ketagihan dengan royal hot chocolate ala warkopmu, gunakan cokelat batang berkualitas, ya!

3. Milkshake White Coffee

Bukan warkop namanya kalau tidak menyediakan menu berbahan kopi. Sesuai namanya, milkshake white coffee berbahan dasar kopi putih, yakni biji kopi yang dipanggang hingga kuning. Cara pembuatannya sama seperti membuat milkshake pada umumnya.

Pertama, masukkan dua sendok makan bubuk kopi putih, 180 ml susu putih cair, dua sendok makan bubuk cokelat, dan es krim vanila. Blender hingga halus dan tuang ke gelas saji. Agar penyajiannya terlihat makin kekinian, tambahkan krim kocok di atasnya.

4. Frappuccino

Frappucino merupakan minuman kekinian yang harus ada di warung kopi. Minuman ini terbuat dari kopi yang diblender dengan bahan-bahan lain. Biasanya juga disajikan dengan krim kocok agar cita rasanya tidak sepahit sajian kopi pada umumnya.

Untuk membuatnya, blender 100 ml espresso, 100 ml susu putih cair, satu sendok makan pemanis, dan es batu. Tuang dalam gelas saji dan tambahkan krim kocok serta choco chip di atasnya. Resep ini tentunya bisa kamu modifikasi agar frappucino ala warkopmu memiliki ciri khas sendiri.

5. Iced Taro Latte

Minuman berbahan dasar taro atau talas ungu sedang populer beberapa tahun terakhir ini. Salah satu yang paling diburu adalah iced taro latte. Nah, minuman kekinian berwarna ungu alami ini tentu wajib ada di warung kopimu.

Cara pembuatannya mudah, kok. Kamu tinggal menyiapkan dua sendok teh bubuk taro, 240 ml susu kedelai, dan gula secukupnya. Campur semua bahan tersebut dengan 100 ml air hangat. Kemudian, kocok dengan alat pengocok minuman hingga berbuih. Terakhir, sajikan dengan es batu. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan talas asli yang sudah dikukus.

Baca juga: 5 Resep Jajanan Kekinian yang Bisa Dibuat di Rumah, Yuk Bikin!

6. Cold Brew

Cold brew merupakan minuman kopi yang bisa ditemui di banyak warung kopi modern. Nah, kamu juga bisa menyediakan menu satu ini agar kedai kopimu makin laris. Proses pembuatannya agak memakan waktu tetapi tidak susah, kok.

Pertama, campurkan 226 gram bubuk kopi arabika dengan air dingin atau suhu ruangan sekitar 480 ml. Simpan dalam botol kaca dan masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 24 jam. Untuk penyajian, saring kopi ke gelas dan tambahkan air dengan rasio 1:1. Kamu juga bisa mengganti airnya dengan susu putih cair.

7. Coffee Latte

Satu lagi menu kopi kekinian yang bakal bikin warung kopimu makin laris. Latter dalam bahasa Italia artinya susu. Jadi, coffee latte merupakan kopi yang dicampur susu dengan sedikit krim dan gula pasir. Memang itu saja bahannya tetapi yang bikin minuman ini laris adalah hiasan di atasnya.

Untuk membuatnya, panaskan dulu 170 ml susu putih cair. Lalu, masukkan espresso atau kopi hitam bubuk sesuai selera. Tuang ke dalam cangkir dan hias menggunakan krim yang sudah dikocok dengan gula pasir. 

Itulah tujuh kreasi minuman kekinian yang bakal bikin warkopmu makin laris. Agar selalu bisa menghadirkan menu-menu kekinian, kamu bisa berbelanja grosir secara online lewat OttoPay. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memesan kebutuhan grosir warkop dengan praktis, mudah, dan tentunya gratis ongkos kirim.

Yuk, belanja grosir lewat OttoPay sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: