Layanan PPOB, Solusi Memaksimalkan Usaha Konter Pulsa

24 Januari 2023
Bisnis PPOB dengan aplikasi OttoPay

Kuota dan pulsa merupakan kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone.  Menurut riset Katadata Insight Center, proporsi pembelian kedua produk tersebut mencapai 23,4 persen di e-commerce. Jumlah itu mengalahkan transaksi produk fesyen, kecantikan, dan kesehatan.

Namun, tidak semua orang bisa membeli kuota dan pulsa melalui e-commerce. Sebagian dari mereka ada yang memilih membeli di konter. Oleh karenanya, usaha konter pulsa masih potensial di zaman sekarang, apalagi ditambahkan layanan PPOB.

Seberapa besar potensi bisnis konter pulsa dan bagaimana layanan payment point online bank meningkatkan skala usahanya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Layanan PPOB
Sumber : Tangerang News

Apakah Bisnis Konter Pulsa Masih Menjanjikan?

Munculnya aplikasi pengisian pulsa belakangan ini dianggap sebagai ancaman bagi usaha konter. Pasalnya, aplikasi tersebut dapat dipasang di smartphone dan diakses kapan saja. Bahkan, ketika pulsa atau kuota habis, kamu bisa langsung membeli tanpa harus keluar rumah.

Namun, sebenarnya, kehadiran aplikasi pengisian pulsa dan kuota bukan ancaman bagi konter yang sudah lama beroperasi. Justru, kamu bisa mengombinasikan keduanya. Semisal, saat konter kehabisan stok voucher, dapat digantikan dengan mengisikan dari aplikasi.

Selain dikombinasikan dengan penjualan melalui aplikasi, konter pulsa juga bisa berjualan produk nondigital. Biasanya, konsumen yang datang ke konter pun mencari produk lain, seperti aksesori ponsel, kartu memori, dan kabel pengisi daya. 

Kesimpulannya, sampai saat ini, usaha konter masih menjanjikan keuntungan besar selagi pelakunya mau berinovasi. Menggencarkan promosi dan penjualan juga bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan penghasilan konter. Sesekali, berikan hadiah promo bagi pelanggan supaya mereka membeli ulang produk di konter kamu.

Baca juga: Hitungan Modal dan Estimasi Keuntungan Bulanan dari Bisnis Jual Pulsa

Bagaimana Layanan PPOB Memaksimalkan Usaha Konter Pulsa?

Tidak hanya menyiapkan modal, konter pulsa yang ingin membuka usaha payment point online bank harus memilih vendor terbaik. Salah satu kriteria vendor terbaik, yakni memberikan profit tanpa membebani mitranya. Artinya, jika bergabung sebagai mitra, tugas kamu hanya menjual produk. Sementara itu, promosi dilakukan oleh penyedia bisnis payment point online bank.

Kriteria berikutnya, pastikan vendor tersebut memiliki aplikasi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung penjualan pulsa dan kuota. Semisal, aplikasi menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran online untuk memudahkan konsumen bertransaksi.

Kriteria lainnya, vendor bisnis payment point online bank menyediakan jasa pembayaran tagihan dan produk voucher game dalam aplikasinya. Dengan produk dan jasa tersebut, mitra bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain berjualan pulsa maupun kuota.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Jualan Pulsa

Lalu, apa saja keuntungan konter pulsa yang membuka layanan payment point online bank?

Pertama, konter pulsa bisa melayani pembelian produk digital bagi orang-orang yang tidak sempat keluar rumah atau sibuk bekerja. Mereka tinggal mengontak nomor ponselmu untuk dikirimi pulsa atau kuota. Jika konsisten melakukan hal ini, kamu bisa menjangkau konsumen lebih luas.

Kedua, membuka layanan payment point online bank termasuk minim risiko. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal; cukup manfaatkan gawai atau smartphone untuk mengawali bisnis ini.

Keuntungan lainnya, bisnis payment point online bank bisa dijalankan selama 24 jam. Meskipun konter pulsa kamu sudah tutup, penjualan produknya dapat dilanjutkan dari smartphone pribadi.

Soal profit, kamu tentu mendapatkan komisi dan bonus menjanjikan dari vendor. Sebagai contoh, vendor yang dipilih adalah OttoPay. Dengan modal awal Rp250.000, potensi penghasilannya mencapai Rp783.000 per bulan.

Jika ingin penghasilan meningkat, kamu bisa menambah frekuensi transaksi. Selain itu, jenis produk yang dijual juga memengaruhi seberapa besar pendapatan tersebut.

Konter pulsa dan bisnis PPOB merupakan bidang usaha yang bisa saling melengkapi. Dengan adanya bisnis tersebut, konter pulsa mampu memenuhi keinginan pelanggan terkait kemudahan pembayaran. Selain itu, konsumen yang tinggal jauh dari konter, bahkan lintas daerah pun bisa dijangkau.

Untuk membuka layanan payment point online bank, konter pulsa bisa mengunduh aplikasi OttoPay. Proses pendaftaran di merchant aggregator ini mudah dan cepat. Aplikasi juga ramah pengguna sehingga bisa dioperasikan oleh pemula. Tunggu apa lagi?

Segera install aplikasinya dan jadi Mitra OttoPay untuk kembangkan bisnis konter pulsa kamu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: