5 Cara Meningkatkan Penghasilan bagi Pedagang Keliling

25 Januari 2023
Cara Meningkatkan Penghasilan

Pedagang keliling merupakan salah satu pekerjaan yang cukup populer di era modern. Pola berjualan para pedagang tersebut sama seperti zaman dahulu, yakni menyusuri banyak tempat untuk menawarkan produk. Sebagian pedagang juga kerap mangkal di tempat ramai supaya mendapatkan konsumen.

Sayangnya, pola berjualan yang dilakukan mayoritas pedagang keliling belum mengetahui cara meningkatkan penghasilan. Sebagian dari mereka mendapatkan uang hanya untuk makan dan kebutuhan pokok lainnya. 

Lalu, cara apa saja yang bisa dilakukan pedagang keliling untuk meningkatkan penghasilan? Simak pembahasan di bawah ini.

Pilih Jenis Dagangan yang Banyak Peminatnya

Cara Meningkatkan Penghasilan
Sumber : Wikipedia

Penghasilan pedagang keliling dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya jenis barang yang dijual. Minimal, pedagang menjual barang kebutuhan mayoritas masyarakat, seperti perkakas rumah tangga, pakaian, dan bahan makanan. Biasanya, bahan makanan berupa sayur, daging, serta ikan kerap diburu oleh kalangan ibu rumah tangga.

Baca juga: Biar Makin Cuan, Inilah 3 Cara Mudah yang Dapat Menambah Penghasilan

Berikan Promo Menarik

Promosi merupakan cara meningkatkan penghasilan pedagang keliling dengan memberikan promo menarik. Mengadakan promosi tersebut bisa dilakukan sebulan sekali dengan bentuk berbeda. Semisal, untuk pelanggan baru, kamu memberikan promo berupa diskon harga. 

Kamu juga bisa memberikan promo produk di hari spesial, salah satunya menjelang Idulfitri. Sebagai contoh, ada pedagang bakso keliling biasanya menjual 1 porsi seharga Rp10.000. Menjelang Idulfitri, ia memberikan gratis 1 porsi untuk konsumen yang membeli 2 mangkuk bakso. 

Selain pelanggan baru, pastikan menyediakan promo untuk konsumen loyal. Promo tersebut diadakan sebagai bentuk penghargaan, rasa terima kasih, dan kepedulian kamu terhadap pelanggan. Bentuk promonya bisa disesuaikan dengan kemampuan pedagang keliling, misalnya setiap pembelian sayur senilai Rp50.000, konsumen mendapatkan 1 kupon.

Konsumen yang bisa mengumpulkan kupon hingga 5 lembar akan mendapatkan hadiah menarik atau ditukarkan dengan produk lain. Contoh hadiahnya, antara lain piring, jam dinding, gelas, kain batik, dan mangkuk.

Bersikap Ramah pada Konsumen

Tahukah kamu, bahwa kebanyakan konsumen membeli produk di tempat sama karena terkesan dengan sikap penjual? Biasanya, keramahan penjuallah yang membuat konsumen merasa nyaman. Karena itu, ia tidak ragu mengobrol, bahkan membeli produk kamu dalam jumlah banyak.

Selain bersikap ramah, pedagang keliling mesti menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Contoh menjaga hubungan baik yang mudah dilakukan, yakni menyapa konsumen terlebih dahulu ketika pertama bertemu. Kemudian, menjaga senyum selama melayani pembeli. Jadi, meskipun sedang sedih, pastikan konsumen tidak melihatnya.  

Berikan Hadiah untuk Pelanggan Tetap

Para pelanggan yang diberi hadiah oleh toko langganannya pasti merasa senang. Mereka tidak akan melihat nilai hadiahnya, melainkan penghargaan kamu terhadap pelanggan. Pemberian hadiah bisa dilakukan menjelang peringatan Idul Fitri, saat puasa Ramadhan, atau di akhir tahun.

Beberapa bentuk hadiah yang dapat diberikan, antara lain botol minum, kalender, buku agenda, dan tas. Untuk pedagang bahan makanan, bisa memberikan hadiah berupa piring setiap pembelian produknya dalam jumlah tertentu. Kamu juga boleh menghadiahi payung, topi, kaos, atau tambahan produk gratis.

Berjualan Produk PPOB

Cara meningkatkan penghasilan selanjutnya adalah berjualan produk PPOB. Bentuknya berupa produk digital yang dibutuhkan masyarakat, misalnya kuota, pulsa, dan token listrik. Untuk bisa berjualan produk tersebut, kamu harus bergabung dengan merchant aggregator tepercaya, seperti OttoPay.

Untuk menjadi mitra merchant aggregator, persiapkan sejumlah modal. Soal banyaknya modal, tak perlu khawatir; merchant aggregator menetapkan standar minimal Rp250.000. Dengan modal tersebut, pedagang keliling bisa bertransaksi lebih dari 20 kali sehari. Lalu, berapa penghasilan tambahan yang diperoleh pedagang?

Tiap pedagang memperoleh penghasilan berbeda sesuai dengan upayanya menjual produk PPOB. Selain itu, faktor modal tetap memengaruhi besar kecilnya laba. Makin besar modal, profit yang didapatkan pun makin tinggi. 

Itulah ulasan singkat tentang cara meningkatkan penghasilan dengan berdagang keliling. Menjadi pedagang keliling bisa jadi berawal dari passion atau minat diri sendiri. Jika ini yang terjadi, bisnis berdagang keliling bisa berkembang.

Misalnya, dari pedagang keliling, lalu membuka warung kaki lima di beberapa titik dalam waktu lima tahun. Selain itu, perkembangan terlihat saat pedagang keliling mampu menjual produk digital di samping barang dagangan utama.

Untuk bisa menjual produk digital atau PPOB, pedagang keliling bisa instal aplikasi OttoPay lalu lanjutkan proses pendaftaran. Setelah terdaftar, para pedagang bisa langsung menjual produk digital yang ada di aplikasi OttoPay. Yuk instal aplikasi OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: