Biar Makin Cuan, Inilah 3 Cara Mudah yang Dapat Menambah Penghasilan

30 Maret 2023
Penghasilan Tambahan

Punya penghasilan tambahan di samping penghasilan utama, tentu jadi impian semua orang—terlebih bagi karyawan dengan gaji pas-pasan. Penghasilan lain di luar gaji, tentu akan sangat membantu perekonomian di tengah naiknya harga kebutuhan pokok.

Lantas, bagaimana cara menghasilkan cuan tambahan di saat kamu juga aktif bekerja full-time? Yuk, simak tips berikut.

Cara Mencari Penghasilan Tambahan yang Bikin Makin Cuan

Kemajuan teknologi ternyata memberikan dampak yang signifikan dan membuka banyak peluang baru. Salah satunya, kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan internet. Berikut beberapa cara mudah menambah penghasilan dengan memanfaatkan internet, yang bisa kamu coba:

– Menjadi Freelancer

Freelancer merupakan salah satu jenis pekerjaan yang kerap dipandang sebelah mata. Seorang freelancer dianggap tidak memiliki masa depan. Padahal, kenyataannya pekerjaan ini justru sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan banyak cuan. Apalagi jika kamu mengerjakannya dengan tekun dan menjadi expert di suatu bidang.

Tingkat keahlianmu, akan menentukan jumlah penghasilan yang didapatkan dari freelance. Jika memiliki jam terbang tinggi dan ahli di suatu bidang, tentu klienmu akan semakin bertambah. Dengan demikian, upah yang diterima juga semakin besar.

Pekerjaan freelance bisa kamu temukan dengan mudah di internet.  Kamu bisa mengunjungi situs penyedia job freelance, seperti Fiverr, Sribulancer, dan masih banyak lagi. Pilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Selesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin, agar klien puas dan memberikan penilaian baik untukmu. Kepuasan pelanggan dan penilaian yang diberikan ini tentu penting bagi reputasimu ke depannya. Penilaian ini akan membuat kamu terus dicari untuk menyelesaikan berbagai proyek lainnya.

Selain itu, pekerjaan freelance tidak semata-mata digunakan untuk mencari penghasilan tambahan saja. Kamu juga bisa membangun relasi dengan orang-orang profesional. Relasi ini tentu akan menguntungkan di masa depan.

– Memulai Usaha Kecil-kecilan

Cara mencari penghasilan tambahan yang kedua adalah dengan membuat usaha kecil-kecilan. Kamu bisa memulainya dengan membangun usaha dari hobi atau keterampilan yang dimiliki. Misal, kamu memiliki keahlian membuat makanan ringan atau camilan. Gunakan kemampuan itu untuk membuat usaha snack kekinian.

Memulai usaha kecil-kecilan tidak harus menggunakan modal. Jika belum memiliki dana yang cukup untuk membangun usaha, kamu bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Apabila kamu sama sekali tidak ingin mengeluarkan modal, pilih cara dropshipper. Sistem bisnis ini tidak menuntutmu untuk membeli barang terlebih dahulu. Pada sistem dropshipper, kamu hanya menjadi perantara pemesanan saja. Sedangkan barang yang dipesan konsumen melalui kamu, akan langsung dikirim oleh produsen.

Berbeda dengan dropshipper, menjadi reseller memerlukan modal. Meski demikian, kamu tidak harus mengeluarkan modal besar. Kamu bisa memulainya dengan membeli beberapa barang sesuai bujet, kemudian menjualnya kembali. Sistem reseller ini cukup menguntungkan, karena kamu bisa menentukan harga jual sendiri. Jadi, kamu juga bisa mengatur sendiri besaran keuntungan yang ingin didapatkan.

Cara Mencari Penghasilan Tambahan dengan Mengikuti Program Affiliate Marketing

Penghasilan Tambahan
Sumber : Envato

Kini makin banyak marketplace atau e-commerce yang menggunakan program affiliate marketing. Ini tentu membuka peluang bagi kamu yang ingin menambah penghasilan tanpa modal.

Untuk mengikuti program affiliate marketing, yang kamu butuhkan adalah kreativitas dan pengetahuan tentang search engine optimization (SEO). Pengetahuan tentang SEO ini akan membantu kamu dalam menyusun strategi atau materi konten yang akan digunakan dalam memasarkan produk.

Affiliate marketing sendiri merupakan cara mendapatkan komisi melalui kegiatan mempromosikan produk di platform online dengan membagikan kode referral tertentu. Komisi dalam program affiliate marketing ini didapat dari aksi seseorang setelah mengklik atau menggunakan kode referral yang kamu bagikan. Aksi yang dihitung bisa berupa pembelian, pendaftaran anggota, atau mengunduh aplikasi.

Semakin kreatif konten yang kamu buat, maka semakin banyak orang tertarik untuk mengklik dan menggunakan kode referral. Dengan demikian, semakin besar pula kesempatanmu untuk menghasilkan komisi tinggi.

Nah, demikian beberapa cara mencari penghasilan tambahan yang bisa kamu lakukan. Jika kamu memilih untuk membuka usaha kecil-kecilan sendiri, gunakan platform tepercaya OttoPay sebagai mitra bisnis.

Dikenal sebagai solusi bisnis UMKM, OttoPay telah berkomitmen untuk dapat menjadi partner bisnis utama bagi UMKM dan senantiasa berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. OttoPay memberikan kemudahan bagi kamu dalam membangun bisnis dengan menyediakan berbagai fasilitas.

Beberapa fitur yang disediakan OttoPay, antara lain: fitur akses modal usaha, penyediaan barang grosir, penjualan produk digital, hingga berbagai pilihan metode pembayaran. Bersama OttoPay, kamu tetap bisa membangun bisnis kecil meski tengah bekerja full-time.

Yuk, bergabung jadi Mitra OttoPay sekarang dan tingkatkan penghasilan tambahanmu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: