Tak Sembarangan, Begini Cara Menata Barang di Etalase

30 Maret 2023
cara menyusun barang dagangan

Tahukah kamu? Susunan barang di etalase merupakan salah satu faktor penentu  laris tidaknya tokomu. Etalase barang dagangan yang rapi dan teratur, akan membuat pembeli mudah menemukan produk yang mereka cari. Dengan demikian, mereka merasa nyaman dan senang ketika belanja di tokomu.

Lantas, bagaimana cara menyusun barang dagangan di etalase agar menarik? Susun etalase tokomu berdasarkan aturan penataan barang dagangan berikut:

Susun Barang Sesuai Jenisnya

Menyusun barang sesuai jenisnya, dapat membantu pembeli menemukan produk yang mereka cari dengan mudah. Sebagai contoh, susun sabun mandi, sampo, pasta gigi, sabun cuci muka, dan sebagainya jadi satu di kategori perawatan tubuh. Kemudian, letakkan beras berdekatan dengan minyak, telur, tepung, dan berbagai makanan lainnya dalam kategori kebutuhan pangan.

Susunan barang-barang di setiap kategori, sebaiknya dipisahkan dengan sekat atau letakkan di rak yang berbeda. Hal ini bertujuan agar produk-produk tersebut tidak saling bercampur. Selain memudahkan pembeli menemukan produk yang mereka cari, menyusun barang sesuai jenisnya juga memudahkan kamu ketika hendak menambah stok produk-produk tersebut.

Tempatkan Produk Terlaris di Rak Bawah

Cara menyusun barang dagangan sembako yang kedua adalah mengenali produk-produk terlaris di tokomu. Setelah itu, letakkan produk terlaris di rak bawah. Tujuannya, agar ketika calon pembeli mencari barang yang masuk ke dalam kategori produk terlaris ini, mereka juga melihat produk lainnya. Strategi ini dapat memicu minat customer untuk membeli produk lainnya juga.

Berbeda jika kamu meletakkan produk terlaris di rak paling atas atau di area yang mudah terlihat. Customer akan langsung mengambil produk tersebut tanpa melihat-lihat produk lainnya terlebih dahulu. Jadi, mereka hanya membeli produk yang mereka cari dan membuat produk lainnya semakin tidak laku.

Cantumkan Label Harga

Apa pun produk yang kamu jual di toko, jangan lupa untuk memberikan label harga pada barang-barang tersebut. Keberadaan label harga ini akan memudahkan pembeli untuk menyesuaikan belanjaan mereka dengan uang yang dibawa. Label harga ini juga memudahkan kamu ketika menghitung total belanjaan pembeli. Terutama, saat kamu belum hafal dengan harga barang tersebut.

Label harga ini bisa kamu ikat atau tempelkan langsung pada barang, ditempel pada rak di bagian depan barang. Cantumkan nama barang dengan lengkap dan jelas, untuk memudahkan pembeli mengecek harga dan mencegah tertukarnya harga barang yang satu dengan yang lainnya.

Susun Barang Dagangan Secara Rapi

Cara menyusun barang dagangan sembako dengan rapi, tidak hanya memberikan kesan estetik. Tetapi, juga membuat pembeli merasa nyaman ketika berbelanja. Kamu bisa menerapkan aturan penataan produk dengan menggunakan rak berdasarkan masing-masing jenis barang.

Gunakan rak dinding untuk barang-barang berat, seperti minyak goreng, beras, dan lain sebagainya. Untuk produk ringan, seperti spons, sikat gigi, dan produk-produk sejenis, gunakan rak kait. Sedangkan untuk menyusun buah-buahan dan sayuran, gunakan rak khusus buah dan sayur.

Selain jenis rak, kamu juga harus memperhatikan kemasan masing-masing barang. Tempatkan produk dengan kemasan berwarna cerah di tempat yang mudah terlihat dan bersebelahan dengan warna cerah lainnya. Misal, letakkan produk dengan kemasan oranye, kuning, merah, putih dalam satu tempat agar lebih cepat menarik perhatian pembeli.

Jika ada beberapa jenis ukuran kemasan dalam satu merek, tempatkan ukuran paling besar di sebelah kanan dan ukuran terkecil di posisi paling kiri. Hal ini untuk meningkatkan kemungkinan pembeli memilih produk dengan kemasan besar, karena kebiasaan manusia menggunakan tangan kanan ketika mengambil barang. 

Produk yang Mendekati Kedaluwarsa Letakkan di Depan

Produk kedaluwarsa yang mengendap di toko, dapat menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, produk tersebut harus laku sebelum masa kedaluwarsanya. Untuk membuatnya laku, letakkan produk yang mendekati kedaluwarsa tersebut di urutan paling depan.

Dengan kecenderungan manusia untuk mengambil barang yang mudah terlihat atau mudah dijangkau, produk yang mendekati kedaluwarsa tersebut berpotensi laku terlebih dahulu. Namun, jika masa kedaluwarsanya sudah terlalu pendek, sebaiknya singkirkan produk tersebut dari etalase. Hal ini karena keselamatan dan kesehatan konsumenmu adalah yang utama.

Nah, demikian cara menyusun barang dagangan yang tepat agar toko kamu makin menarik. Selain susunan barang di etalase, perhatikan juga kelengkapan tokomu. Tambah dengan produk digital dan berbagai pilihan metode pembayaran. Dengan demikian, konsumen merasa semakin nyaman karena mendapatkan berbagai kemudahan ketika berbelanja di tokomu.

Untuk menyediakan produk digital dan berbagai pilihan pembayaran ini, kamu bisa menggunakan teknologi dari OttoPay. Sebagai partner UMKM yang berkomitmen memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, OttoPay menyediakan berbagai macam solusi untuk kemajuan bisnismu.

Yuk, segera bergabung jadi mitra OttoPay dan buat barang daganganmu makin laris!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: