Prospek Cerah, Ini Cara Jadi Agen Pembayaran Cicilan Motor

13 Juni 2023
Agen Pembayaran Cicilan Motor

Peluang jadi agen pembayaran cicilan motor saat ini terbuka lebar. Berdasar survei yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), sebagaimana dikutip Tempo.co, jumlah permintaan kredit kendaraan bermotor—termasuk di dalamnya motor atau sepeda motor, terus meningkat. Seperti yang terjadi pada Juli 2022, yang naik dari 8,9 persen menjadi 10,3 persen.

Kondisi ini menunjukkan banyaknya orang yang membeli motor dengan sistem kredit, sehingga setiap bulan harus membayar cicilan.

Bayar Cicilan Motor
Sumber : Kompas

Mengenal Profesi Agen Pembayaran

Sebelum lebih lanjut membahas soal cara menjadi agen pembayaran, perlu kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan profesi ini. Berdasar penjelasan bpk.go.id, agen pembayaran ialah bank yang diberi wewenang untuk membayar berbagai tagihan.

Secara umum, perorangan pun kini bisa menjadi agen pembayaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti aplikasi pembayaran tagihan (PPOB atau Payment Point Online Bank). Agen ini biasanya dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan, mulai dari listrik PLN, BPJS, telepon dan internet, hingga cicilan motor, dan sebagainya.

Belakangan, profesi seperti agen pembayaran cicilan motor ini juga cukup marak digeluti masyarakat, sebab aktivitasnya dapat dilakukan secara mudah sekaligus bisa menjadi pekerjaan sampingan. Jadi, sembari mengerjakan pekerjaan utama, orang-orang bisa menawarkan jasa pembayaran tagihan dengan memanfaatkan penggunaan smartphone.

Cara Bayar Cicilan Motor secara Online

Jika kamu adalah seorang kreditur yang sedang mengkredit motor, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar angsuran. Cara-cara tersebut umumnya ditentukan oleh pihak pemberi kredit, seperti perusahaan pembiayaan. Saat ini, pembayaran secara online menjadi salah satu pilihan favorit yang ditawarkan.

Pembayaran cicilan motor online bisa dilakukan secara mandiri dengan mentransfer sejumlah uang melalui rekening bank. Selain itu, pembayaran cicilan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan agen pembayaran cicilan motor. Kamu cukup menghubungi pihak agen dan memberikan nomor pelanggan, maka jumlah tagihan akan langsung diketahui.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi PPOB yang menyediakan fitur layanan pembayaran cicilan, dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan pembiayaan, seperti aplikasi OttoPay. Aplikasi ini memiliki fitur layanan pembayaran cicilan yang telah terkoneksi dengan lima perusahaan pembiayaan besar di Indonesia.

Gunakan Aplikasi OttoPay

Aplikasi OttoPay adalah salah satu aplikasi PPOB yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam satu genggaman. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup membuat akun di aplikasi tersebut secara mandiri atau melalui bantuan salesman. Masing-masing akan mendapat keuntungan yang berbeda.

Untuk jadi agen pembayaran cicilan motor, kamu cukup memiliki akun OttoPay yang dibuat secara mandiri. Berikut ini adalah langkah-langkahnya!

  1. Buka aplikasi OttoPay dan masuk ke dalam akun yang telah dibuat.
  2. Selanjutnya, klik tampilan menu “Cicilan”.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman “Layanan Cicilan”. Di sini ada lima perusahaan pembiayaan yang telah bekerja sama dengan OttoPay, yaitu Bussan Auto Finance (BAF), Mega Auto Finance (MAF), Wahana Ottomitra Multiartha (WOM), Federal International Finance (FIF), serta Mega Central Finance (MCF).
  4. Pilih salah satu perusahaan pembiayaan. Perlu diketahui, pembayaran cicilan di OttoPay hanya bisa dilakukan jika kredit motor dibiayai oleh salah satu dari lima perusahaan tersebut.
  5. Setelah memilih perusahaan pembiayaan, isikan nomor pelanggan untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan, dan klik “Lanjut”.
  6. Verifikasi atau cek kembali, apakah data-data yang ditampilkan pada layar sudah benar. Jika sudah, segera klik “Bayar” dan masukkan PIN. Tunggu hingga proses transaksi selesai dan cicilan berhasil dibayarkan.

Langkah Promosi untuk Menarik Pelanggan

Jika sudah mulai menjadi agen pembayaran cicilan motor secara online dengan memanfaatkan aplikasi PPOB, kini saatnya kamu melakukan promosi untuk semakin menarik pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan beberapa langkah, seperti mengenalkan usaha di media sosial, menawarkan promo, diskon, cashback, dan sebagainya.

Semakin menarik konten promosi yang ditawarkan, maka kemungkinan untuk menarik lebih banyak konsumen juga akan semakin besar. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjadi agen pembayaran cicilan motor.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi OttoPay di Play Store, dan segera jadilah pengusaha agen pembayaran terbaik di antara yang lain.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: