5 Ide Usaha Anti Resesi buat Hadapi Kelesuan Ekonomi

14 Juni 2023
Ide Usaha Anti Resesi

Ide usaha anti resesi diperlukan guna menghadapi masa sulit ekonomi yang tanda-tandanya sudah dapat dirasakan. Belakangan, isu resesi global memang santer terdengar. Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, sebagaimana dilansir cnbcndonesia.com, mengungkapkan bahwa situasi tahun 2023 akan lebih sulit, sebab resesi global diperkirakan terjadi sejak awal tahun.

Menghadapi kondisi ini, tentu kita tak bisa diam saja. Kita perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk menghadapi situasi yang tidak menguntungkan tersebut. Salah satunya dengan menjalankan usaha. Nah, lima ide usaha berikut ini bisa coba kamu jalankan untuk menghadapi kelesuan ekonomi.

Ide Usaha Anti Resesi
Sumber : Envato

1. Toko Kelontong

Selama masa resesi, manusia tetap akan membutuhkan kebutuhan pokok. Maka dari itu, keberadaan toko kelontong akan selalu dicari oleh orang-orang. Tempat yang menjual berbagai kebutuhan pokok secara ecer ini pun tak akan terpengaruh oleh isu resesi, sehingga tidak berlebihan jika menyebut toko kelontong sebagai ide usaha anti resesi.

Apalagi untuk memulai usaha toko kelontong juga tidak terlalu sulit. Cukup menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang berpotensi banyak dicari orang, usaha ini bisa dijalankan. Usaha toko kelontong tidak memerlukan skill tertentu yang harus dipelajari secara khusus, sehingga siapa pun bisa mulai menjalankannya.

2. Agen Pengiriman Barang

Ide usaha lain yang diprediksi tidak akan tergerus oleh resesi ekonomi adalah menjadi agen pengiriman barang. Meski resesi berpotensi menurunkan nilai transaksi jual-beli online dan membuat jumlah pengiriman barang berkurang, tetap saja tak membuat  nilai ide usaha anti resesi ini turun.

Agen pengiriman barang akan terus dibutuhkan. Bukan sekadar untuk mengirim barang belanjaan online, tetapi juga barang-barang lainnya. Misalnya pengiriman produk untuk memulai suatu usaha, hal ini  bisa dilakukan lewat agen pengiriman barang.

Laman bisnis.com mengungkapkan bahwa bisnis logistik diperkirakan akan tahan terhadap kondisi ekonomi yang lesu. Bisnis di bidang ini akan terus memiliki peminat, sehingga proses pelaksanaannya akan membutuhkan agen pengiriman barang.

3. Usaha Bidang Kesehatan

Tidak perlu heran dengan ide usaha anti resesi di bidang kesehatan ini. Selama masa pandemi beberapa waktu lalu, sebenarnya kita juga sudah mengalami kondisi resesi.

Saat itu, salah satu usaha yang sama sekali tidak terdampak adalah usaha di bidang kesehatan. Bahkan, kebutuhan masyarakat terhadap usaha di bidang kesehatan terus meningkat.

Oleh sebab itu, jika melihat dari momen masa lalu, usaha ini cocok untuk dipilih sebagai upaya menghadapi resesi global yang dinilai akan jauh lebih parah daripada resesi yang telah terjadi sebelumnya.

4. Budidaya dan Pertanian

Usaha budidaya dan pertanian memang tiada matinya. Jenis usaha ini diperkirakan tidak akan tergerus oleh dampak resesi ekonomi, justru keduanya bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dikutip dari dpr.go.id, sektor pertanian harus diperkuat sebagai respons atas ancaman resesi global yang memungkinkan berkurangnya pasokan energi dan pangan dunia. Oleh sebab itu, memulai usaha budidaya dan pertanian akan menjadi upaya menghadapi masa-masa resesi.

Kamu bisa mencoba usaha seperti budidaya sayur hidroponik, tanaman hias, ikan hias, ternak ayam, bertani padi, jagung, singkong, dan lainnya. Segala bentuk budidaya dan pertanian layak untuk dicoba, tentunya dengan menyesuaikan daerah tempat tinggalmu.

5. Bisnis PPOB

Ide usaha anti resesi selanjutnya adalah bisnis PPOB atau Payment Point Online Bank. Bisnis ini menawarkan jasa pembayaran terkoneksi bank secara online atas berbagai produk, seperti pulsa, paket data, listrik PLN, isi saldo e-wallet, tagihan telepon dan internet, asuransi, berbagai jenis cicilan, dan sebagainya.

Modal dan risiko bisnis ini tidak terlalu besar, sehingga siapa pun bisa menjalankannya. Apalagi di tengah resesi pun kebutuhan masyarakat untuk bertransaksi produk-produk di atas diperkirakan akan tetap tinggi. Produk yang ditawarkan dalam bisnis PPOB belakangan sudah menjadi penunjang kebutuhan pokok yang tak bisa dihindari.

Nah, untuk menjalankan bisnis ini, kamu bisa mengandalkan aplikasi layanan PPOB tepercaya, OttoPay. Penggunaannya yang mudah, ditambah lengkapnya fitur pembayaran produk yang ditawarkan, menjadi sebagian keunggulan dari aplikasi ini.

Kamu bisa mengunduh OttoPay secara gratis di Play Store, dan segera memulai ide usaha anti resesi dengan menjalankan bisnis PPOB. Usaha ini sekaligus sebagai upaya berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: