Cara Memilih Lokasi Penempatan Vending Machine yang Tepat

15 Februari 2024

Lokasi adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan dalam bisnis vending machine. Oleh karena itu, kamu perlu mencari lokasi yang sangat strategis dan potensial biar bisa memperoleh untung besar dari bisnis ini. Lalu, bagaimana cara biar bisa mendapatkan lokasi yang strategis tersebut?

Tips Menempatkan Vending Machine

Dalam pemilihan lokasi untuk penempatan mesin jual otomatis, kamu dapat mempertimbangkan 3 aspek penting, yaitu: 

1. Pilih Tempat Keramaian dan Banyak Dilalui Orang

Tips pertama dalam menempatkan sebuah mesin jual otomatis adalah dengan memilih lokasi keramaian. Pilih tempat yang menjadi pusat berkumpulnya orang-orang. Paling ideal, kamu bisa memilih area yang kerap menjadi lalu-lalang pejalan kaki. 

Semakin banyak orang yang lewat, semakin potensial area tersebut. Peluang kamu memperoleh transaksi akan semakin besar seiring dengan meningkatnya para pejalan kaki. 

2. Tempat yang Banyak Orang Menghabiskan Waktu untuk Menunggu

Lokasi yang berada di pusat keramaian dan lalu-lalang para pejalan kaki bukanlah satu-satunya tempat strategis untuk vending machine. Kamu bisa pula memilih area yang relatif tak terlalu banyak pejalan kaki. Sebagai gantinya, kamu dapat menempatkan mesin tersebut pada area yang kerap digunakan sebagai lokasi menunggu. 

Keberadaan mesin jual otomatis dapat membantu orang untuk menghilangkan kebosanan. Alih-alih melamun atau bermain hp, mereka bisa membeli makanan kecil atau minuman. Rasa bosan bisa sedikit hilang dan sekaligus dapat membantu dalam mengatasi perut yang lapar ataupun haus. 

3. Jangan Ragu untuk Berkompetisi

Lalu, bagaimana kalau kedua lokasi tersebut, baik yang berada di pusat keramaian ataupun jadi pilihan tempat menunggu sudah ada vending machine? Tak ada salahnya bagi kamu untuk ikut menempatkan mesin jual otomatis di situ. 

Dalam bisnis apapun, kamu jangan pernah takut dalam menghadapi persaingan. Setiap bisnis pasti punya kompetitor. Oleh karena itu, kamu harus berani menghadapi persaingan tersebut.

Hanya saja, kamu tetap perlu menempatkannya dengan cerdas. Sebagai contoh, kamu dapat memilih lokasi bersebelahan dengan mesin jual otomatis yang kurang terawat atau punya pilihan makanan atau minuman yang terbatas. Pada situasi tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari adanya kompetitor. 

Baca juga: Mengenal Gestun dan Cara Kerjanya

Contoh Lokasi Vending Machine yang Tepat dan Menguntungkan

Dengan mempertimbangkan 3 tips tersebut, kamu punya banyak pilihan lokasi untuk penempatan mesin jual otomatis. Contohnya antara lain adalah: 

1. Sekolah atau Kampus

Area sekolah bisa jadi pilihan menarik. Apalagi, anak-anak muda usia sekolah dan kuliah punya kecenderungan aktivitas tinggi. Oleh karena itu, mereka juga bakal memerlukan asupan makanan dan minuman yang mencukupi. Peluang terjadinya transaksi pun bakal sangat besar. 

2. Area Perkantoran

Ada pula pilihan untuk menempatkan mesin jual otomatis di area perkantoran. Penempatannya membuat para karyawan bisa membeli makanan dan minuman secara praktis. Tak perlu berjalan jauh dari area kantor saat istirahat makan siang, dan bisa fokus dalam mengistirahatkan tubuh. 

3. Rumah Sakit

Pilihan selanjutnya adalah area rumah sakit. Tempat ini sangat potensial karena menjadi lokasi berkumpulnya para pembesuk atau mereka yang menemani orang sakit. 

4. Kompleks Apartemen

Tak kalah potensial adalah area komplek apartemen. Fasilitas berupa vending machine dapat membantu para penghuni apartemen merasa lebih nyaman. Mereka bisa mendapatkan berbagai fasilitas tanpa harus ke luar rumah. 

5. Hotel

Lokasi hotel juga bisa jadi pilihan menarik. Kamu dapat menempatkannya di area lobi hotel yang menjadi lokasi lalu-lalang para tamu dan sekaligus tempat mereka menunggu. 

6. Gym

Memilih gym sebagai tempat untuk mesin jual otomatis juga keputusan tepat. Apalagi, para pelanggan gym akan memerlukan asupan makanan ataupun minuman setelah mereka berolahraga. 

Baca juga: Kelebihan Sistem Pembayaran QRIS untuk Pelaku Bisnis

7. Pusat Perbelanjaan

Terakhir, ada pilihan memasang vending machine di pusat perbelanjaan. Lokasi ini sangat potensial karena menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. 

Nah, sekarang kamu sudah punya gambaran jelas tentang bagaimana memilih lokasi mesin jual otomatis yang tepat, kan? Selanjutnya, kamu tinggal mengeksekusi rencana bisnis tersebut dengan cepat. 

Untuk mulai menjalankan usaha ini, caranya gampang. Kamu tinggal bekerja sama dengan OttoPay dan menjadi bagian dari Mitra Bisnis. Lewat kerja sama ini, kamu akan memperoleh unit vending machine canggih dengan fitur lengkap. 

Selanjutnya, kamu tinggal menempatkan mesin tersebut dan menunggu penghasilan datang. Menarik, kan? Yuk, segera gabung dan menjadi Mitra Bisnis OttoPay!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: