5 Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi Terbaik

15 Februari 2024

Beberapa tahun belakangan, bisnis café cukup populer dan banyak diminati. Selain tempat estetik, bisnis ini juga perlu dukungan alat dan bahan mumpuni. Salah satunya, mesin pembuat kopi terbaik. Mesin ini dibutuhkan supaya café bisa menyediakan menu kopi terbaik untuk disajikan ke pelanggan.

Tipe Mesin Kopi yang Dibutuhkan Café

Di pasaran, ada banyak jenis mesin pembuat kopi yang beredar. Namun, tidak semuanya bisa kita pakai untuk memaksimalkan potensi bisnis. Pada bisnis kedai kopi, pengusaha perlu mesin yang tidak hanya mampu menyajikan minuman kopi secara instan, tetapi juga menggiling dan mengolah biji kopi.

Dengan dukungan mesin yang memadai, pebisnis bisa mengolah biji kopi terbaik menjadi berbagai variasi minuman seperti Espresso, Capuchino, dan Macchiato secara mudah. Inilah mengapa memilih mesin kopi mumpuni jadi salah satu prioritas utama ketika membangun sebuah kedai kopi.

Baca Juga: Serba-Serbi Mesin EDC dan Manfaatnya

Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi Terbaik

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa merek mesin pembuat kopi terbaik yang bisa kamu beli untuk melengkapi kebutuhan café-mu. Ini ulasannya!

1. Ferratti Ferro | Espresso Machine | FCM3605

Termasuk salah satu mesin pembuat kopi yang banyak direkomendasikan, Ferrati Ferro punya banyak variasi. Salah satu yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan omzet kedai kopi adalah tipe FCM 3605 yang juga dikenal sebagai mesin pembuat Espresso. Tidak hanya dilengkapi fitur andal, perawatan mesin ini juga cukup mudah.

Ferrati Ferro diketahui mampu mengolah berbagai jenis biji kopi secara maksimal dan menghasilkan minuman dengan cita rasa terbaik. Harga masuk akal dan model ekonomis jadi beberapa faktor yang membuat mesin ini banyak diminati. Di Indonesia, merek ini cukup kuat dan punya pangsa pasar yang loyal.

2. Getra | QLT-Q006

Mesin kopi terbaik lain yang dikenal karena efektivitasnya adalah Getra seri QLT-Q006. Mesin ini diketahui punya fitur yang dibutuhkan bisnis kopi yaitu One-Touch. Cukup dengan sekali tekan saja, barista bisa membuat Espresso, Cappuccino, Black Coffee, hingga Hot Milk. 

Didukung mesin mumpuni seperti 19 bar pompa ULKA asli dari Italia, mesin ini mampu menghasilkan minuman kopi dengan cita rasa terbaik dengan tekstur yang bisa dinikmati banyak orang. Tidak hanya itu, tabung susu pada mesin memiliki kapasitas cukup besar yaitu 600 ml sehingga pegawai tidak perlu sering-sering refill.

3. ALMAZ | Mesin Kopi Espresso | ACM5033 

Keunggulan mesin ini yang membuatnya berbeda dari kebanyakan mesin kopi untuk cafe adalah konsumsi daya yang cukup rendah. ALMAZ seri ACM 5033 hanya butuh sekitar 1100 watt setiap beroperasi. Selain itu mesin ini didukung beberapa fitur utama seperti pressure pump sebanyak 15 bar, dan water tank yang bisa lepas pasang dengan kapasitas 1,2 liter air. 

Ditambah sistem pelindung overheating dan overpressure, ALMAZ dinilai sebagai salah satu mesin pembuat kopi yang aman. Mesin ini sendiri dibanderol dengan harga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp1,7 – Rp1,8 juta. Inilah mengapa ALMAZ banyak direkomendasikan untuk dipakai kedai kopi yang baru merintis.

4. Breville | BES870 Barista Express | 1700W Coffee Machine

Breville merupakan salah satu produsen mesin kopi terbaik asal Australia. Seri BES870 Barista Express sendiri diketahui memiliki board grinder berkapasitas 250 gram. Dengan kapasitas sebanyak ini, Breville bisa menghasilkan 25 cangkir kopi sekaligus. Ditambah fitur kontrol suhu yang didukung PID, kita bisa memastikan kualitas kopi yang dihasilkan.

Fitur lain mesin yang membuat mesin ini cukup recommended adalah display digital yang memungkinkan barista mengontrol kopi mulai dari bentuk biji hingga minuman secara terperinci. Jadi ketika diolah menjadi minuman, barista tahu takaran terbaik untuk sajian yang terbaik pula.

5. KRUPS | XP5620

Berasal dari Jepang, KRUPS juga termasuk merek yang banyak digunakan. Seri XP5620 sendiri diketahui merupakan salah satu yang terbaik. Mesin ini punya sistem auto tamping yang telah dipatenkan sehingga mampu membuat Espresso dengan kualitas konsisten. 

Ditambah dukungan konsumsi daya sekitar 1450 Watt, mesin juga bisa menghasilkan minuman kopi dengan temperatur tepat. Tidak hanya itu, KRUPS termasuk mudah dibersihkan. Tangki air dengan kapasitas 1,1 liternya dapat dibongkar pasang dengan mudah. 

Mesin kopi bukan satu-satunya alat yang harus disiapkan ketika membangun sebuah bisnis café, kita juga perlu alat dukung lain yang dibutuhkan. Salah satunya mesin EDC dari Ottopay. Mesin pembayaran nontunai ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik usaha, tetapi juga memudahkan pelanggan dalam memilih metode pembayaran.

Mesin EDC dari Ottopay diketahui mendukung semua pembayaran dengan kartu debit dan kredit, termasuk dari QRIS. Tunggu apa lagi? Pastikan untuk menggunakan mesin EDC dari Ottopay, ya! Itulah ulasan tentang mesin kopi terbaik, semoga bermanfaat.

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: