Serba-Serbi Mesin EDC dan Manfaatnya

24 Maret 2023

Penggunaan mesin EDC pada bisnis bukan lagi hal yang baru. Selain mempermudah proses pembayaran nontunai menggunakan kartu debit atau kredit, mesin ini juga memudahkan pencatatan penjualan di toko.

Mesin EDC
Sumber : Envato

Mengenal Mesin EDC

EDC atau Electronic Data Capture merupakan sebuah mesin yang bentuknya mirip dengan kalkulator. Dalam mesin ini terdapat sejumlah komponen yang bertugas sebagai alat untuk mengidentifikasi dan memvalidasi kartu. Jadi risiko penipuan pembayaran bisa diminimalisasi oleh mesin ini secara efektif.

Komponen di dalam EDC juga dilengkapi sistem keamanan mumpuni, sehingga risiko pencurian data pelanggan atau skimming juga bisa dihindari. Untuk menggunakan mesin ini, dibutuhkan kartu debit atau kredit yang dikeluarkan oleh bank. Saat membayar, pelanggan akan menyerahkan kartunya ke kasir untuk dimasukkan ke dalam slot yang ada di mesin.

Tugas kasir adalah memasukkan jumlah pembayaran. Inilah mengapa mesin ini biasanya terintegrasi dengan sistem PoS atau point of sales yang ada di komputer kasir. Integrasi ini membuat kasir tidak akan salah dalam memasukkan angka pembayaran.

Setelah itu pelanggan akan diminta untuk menekan PIN sebagai validasi pembayaran. Tidak lama, mesin akan memproses pembayaran dan mengeluarkan struk sebagai bukti bahwa transaksi pembelian berhasil dilakukan. Proses pembayaran menggunakan mesin ini memang cukup cepat.

Inilah mengapa banyak toko dan retail yang menggunakan mesin ini untuk meningkatkan kenyamanan pembeli. Tanpa harus antri lama, pembeli sudah bisa menyelesaikan transaksi mereka dengan mudah dan cepat. Untuk bisnis, keberadaan mesin ini juga sangat menguntungkan.

Sinergi mesin dengan sistem PoS membuat pencatatan penjualan semakin mudah dan efisien. 

Baca juga: Memilih Sistem Pembayaran untuk Bisnis, Pakai EDC atau QRIS?

Manfaat Mesin EDC

Selain yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, ada beberapa manfaat mesin EDC yang perlu kita ketahui. Di antaranya:

1. Transaksi Lebih Cepat dan Hemat Waktu

Sistem pembayaran konvensional dengan uang tunai memang butuh waktu cukup lama. Apalagi jika pelanggan sedang ramai. Belum ketika kasir harus menghitung uang kembalian. Dengan menggunakan EDC, masalah semacam ini bisa diatasi. Dengan pembayaran menggunakan mesin ini, transaksi di kasir bisa selesai lebih cepat dan hemat waktu.

2. Mendongkrak Penjualan

Diakui atau tidak, pelanggan zaman now pasti lebih tertarik dengan toko atau retail yang memiliki ragam pembayaran bervariasi. Mereka juga tidak ragu untuk belanja lebih banyak karena toko menyediakan sistem pembayaran nontunai. Bisa dibilang keberadaan EDC pada toko dapat membantu peningkatan angka penjualan.

3. Pembukuan Lebih Mudah

Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan EDC akan secara otomatis tercatat di sistem PoS. Jadi soal pembukuan bisnis, kita tidak perlu khawatir lagi. Dengan penggunaan EDC, kerja karyawan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Apa Beda POS dan Kasir Online? Pemilik Usaha Wajib Tahu!

Syarat Bisnis yang Menggunakan EDC

Bagaimana, tertarik menggunakan EDC pada bisnis? Jika iya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah tempat usaha agar bisa menggunakan EDC sebagai salah satu metode pembayaran nontunai. Di antaranya:

  1. Memiliki izin usaha dari daerah atau lembaga terkait
  2. Memiliki rekening bank sesuai dengan jenis EDC yang digunakan
  3. Memiliki sistem kasir terkomputerisasi untuk memudahkan integrasi mesin dan sistem PoS
  4. Memiliki arus kas keluar masuk cukup tinggi
  5. Memiliki banyak pelanggan

Jadi apabila bisnis kamu memenuhi syarat di atas, mungkin sudah saatnya EDC digunakan untuk meningkatkan potensi bisnis.

Alternatif Layanan Pembayaran Lainnya untuk Bisnis

Selain penyediaan EDC, ada beberapa alternatif sistem pembayaran lain yang bisa disediakan pemilik bisnis untuk menarik minat pelanggan. Beberapa di antaranya dinilai sama aman dan efektif dengan EDC, yaitu:

  1. QRIS
  2. Transfer Bank Online
  3. E-Wallet atau E-Money

Apapun layanan pembayarannya, selama semua terintegrasi dengan sistem POS pasti akan menguntungkan bagi pemilik usaha. Jadi, tertarik untuk menggunakan mesin EDC di bisnis? Jika iya, pastikan untuk menggunakan jasa OttoPay, ya. Tidak hanya menyediakan EDC, OttoPay juga menyediakan layanan pemasangan sistem POS yang mampu membantu efektivitas bisnis menjadi lebih baik lagi.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: