Bisnis Cafe Kekinian? Simak 7 Inspirasi Kedai Kopi Anti gagal Ini!

15 Februari 2024

Salah satu poin plus yang membuat sebuah café menarik adalah interior. Inilah mengapa, banyak pengusaha yang melakukan riset soal inspirasi kedai kopi sebelum mendirikan sebuah café. Terlebih lagi, belakangan, kedai kopi estetik cukup jadi bahan perbincangan dan berpotensi viral.

Sebagai referensi, berikut beberapa ide interior   kedai kopi yang bisa menjadi tema café kekinian untuk menarik pelanggan.

1. Cafe Industrial

Ciri khas interior industrial adalah dominasi warna abu-abu dengan material beton yang dibiarkan terekspose. Selain beton, material untuk dinding yang biasa dipakai pada café tema industrial adalah batu bata. Untuk lantainya, kita bisa menggunakan semen dengan finishing dihaluskan saja.

Kesan industrial bisa ditambahkan dengan menggunakan firnitur besi dan kayu serta sejumlah tanaman yang ditanam langsung di tengah ruangan tanpa pot. Suasana café semacam ini akan mengingatkan kita pada pabrik. Inilah mengapa nama industrial digunakan.

2. Implementasi Bata Ekspos

Bata ekspos tidak hanya identik dengan tema industrial. Kita juga bisa menggunakan bata ekspos untuk tema lain seperti inspirasi kedai kopi bertema alam, tradisional, atau pedesaan. Penggunaan bata ekspos akan menghadirkan kombinasi warna unik dan padu padan yang estetik. Tidak hanya cantik, proses instalasi bata ekspos juga tidak butuh banyak biaya.

Kita bisa memasang bata tanpa finishing, atau memolesnya diakhir langsung dengat cat putih tanpa semen. Keduanya akan menghasilkan kesan berbeda dan akan membuat interior café terlihat lebih cantik.

3. Cafe dengan Unsur Organik

Tema lain yang banyak diusung beberapa café terkenal adalah unsur organik. Unsur organik bisa dilihat dari furnitur yang digunakan, dekorasi yang dipasang, dan finising pada lantai atau dinding bangunan. Beberapa hal yang akan membuat café terlihat organik adalah lantai semen, perabot kayu jadul, dan tanaman hijau.

Selain suasana dan interior, unsur organik juga bisa dihadirkan pada menu yang disajikan ke pelanggan. Kita bisa menyediakan minuman dan makanan dari bahan organik yang dikenal sehat dan tanpa pengawet. Hal ini tentu bisa memberi nilai lebih yang membuat orang tertarik untuk berkunjung ke kedai kopi kita.

Baca Juga: Memilih Sistem Pembayaran untuk Bisnis, Pakai EDC atau QRIS?

4. Bergaya Vintage 

Inspirasi kedai kopi lain yang cukup banyak diadaptasi café masa kini adalah gaya vintage. Sesuai namanya, kita bisa menghadirkan beberapa kesan jadul dari interior dan perabot yang digunakan. Misalnya, TV kuno, mesin piringan hitam, kursi goyang, meja teras kayu jadul, lukisan dan tulisan, serta beberapa unsur vintage lain. Untuk menghadirkan kesan vintage yang lebih kuat, kita juga bisa menggunakan bangunan kuno yang telah lama ditinggalkan penghuninya atau rumah era kolonial

5. Dekorasi Semen Unfinished

Siapa sangka tembok yang tidak dicat dan dibiarkan tanpa finishing akan menghadirkan kesan modern yang kuat. Inilah mengapa unfinished semen jadi salah satu ide interior cantik untuk café. Semen sendiri identik dengan material yang kokoh. Agar ruangan tidak terkesan kaku, padu padankan interior dengan perabot modern seperti kursi, meja, dan lampu dengan sentuhan warna kontras.

6. Cafe ala Jepang

Ingin dekorasi yang unik dan antimainstream? Kita bisa menggunakan inspirasi kedai kopi ala Jepang sebagai tema café. Konsep Jepang bisa dilihat dari furnitur yang digunakan hingga ornamen-ornamen tambahan seperti lukisan sakura atau yang ada huruf kanjinya. Untuk menghadirkan suasana Jepang yang kuat, kita juga bisa menyajikan menu teh dan kue mochi khas negara asia timur tersebut.

7. Cafe Monokrom

Sesuai namanya, café ini didominasi dengan warna hitam, abu, dan putih. Dengan pencahayaan dan pemilihan perabot yang sesuai, kita juga bisa menghadirkan kesan modern futuristik. Mengingat pilihan warna yang dipakai tidak terlalu colorful, perabot minimalis bisa jadi pilihan tepat untuk melengkapi kesan modern sekaligus elegan kedai kopi dengan tema monokrom.

Jadi, mana inspirasi kedai kopi yang menarik menurut kamu? Selain merencanakan tema dan interior, sebelum mendirikan sebuah café, kita juga harus menyiapkan sistem keuangan yang solid. Tidak hanya dari segi sumber daya manusia yang mengelola, gunakan juga prasarana pendukung yang memadai agar setiap transaksi keuangan yang terjadi tercatat dengan baik.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan layanan POS Ottopay. Melalui fitur kasir online, Ottopay akan membantu mencatat setiap transaksi secara realtime dan memudahkan pengelola untuk mengecek omset harian secara akurat. Selain itu, Ottopay juga punya banyak fitur lain yang bisa disesuaikan dengan keperluan bisnis.

Jadi sebelum memulai bisnis café estetik, pastikan untuk menggunakan Ottopay sebagai layanan POS, ya! Itulah ulasan tentang ide interior café kekinian. Semoga menginspirasi!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: