Kenapa PPOB Cocok Dijadikan Bisnis Minim Risiko?

14 Juni 2023
PPOB

Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) makin menjamur seiring berkembangnya layanan digital. PPOB menyediakan sistem pembayaran secara digital lewat bank yang terjangkau siapa saja. Teknologi ini tidak hanya untuk pekerja kerah putih dan kantor besar, tetapi juga untuk masyarakat awam dan pemilik usaha kecil. 

PPOB merupakan salah satu upaya digitalisasi UMKM demi sistem ekonomi yang semakin inklusif. Selain memudahkan pemilik UMKM, PPOB bisa menjadi ladang bisnis minim risiko. Siapa saja bisa mencobanya dengan modal relatif kecil dan model bisnis yang mudah dipelajari.

Inilah beberapa alasan mengapa PPOB termasuk usaha minim risiko.

Mitra OttoPay

1. Bisa Dilakukan dari Rumah

Usaha PPOB bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Kamu bisa menjadikannya penghasilan tambahan selain penghasilan utama, atau kerja sampingan. Cukup siapkan perkakas kerja seperti gawai, alat kantor, dan sambungan internet. Kamu bisa memasang papan nama dan mengubah bagian rumah menjadi kios kecil.

2. Tidak Perlu Sewa Tempat

Punya mimpi buka warung atau kedai layanan digital boleh saja, tetapi bagaimana jika belum punya modal? Mulai saja bisnis PPOB di tempat yang menurutmu nyaman, tanpa menyewa. Kamu bisa menghemat di periode awal bisnis sampai bisa mengumpulkan uang untuk sewa tempat baru.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi jasa PPOB. Gunakan saja akun gratisan dan manfaatkan sebagai “tempat bisnis” digitalmu. Jika punya sedikit uang, gunakan untuk memasang iklan sampai kamu mulai mendapat cukup banyak pelanggan.

3. Bisa Atur Modal Sesuai Kemampuan

Paket usaha PPOB bisa kamu pilih sesuai kemampuan, lho! Kamu bisa bekerja sama dengan penyedia payment gateway seperti OttoPay. Pilih jenis layanan serta “jatah” kuota masing-masing untuk dijual dan sesuaikan dengan modal awalmu. Kamu bisa mengamati kebiasaan belanja calon konsumenmu sebelum menentukan produk untuk dijual.

Misalnya, jika kamu tinggal di perumahan, kamu bisa menawarkan layanan pembayaran tagihan rutin, pulsa, dan data internet. Jika konsumenmu kebanyakan keluarga, tawarkan juga tiket transportasi seperti pesawat, bus, dan kereta.

Baca juga: Hitungan Modal dan Estimasi Keuntungan Bulanan dari Bisnis Jual Pulsa

4. Bisa Memanfaatkan Dana yang Mengendap 

Takut dana yang mengendap tidak bisa kamu gunakan? Jangan cemas. Ketika menjalankan bisnis PPOB, kamu bisa menggunakan lagi dana mengendap ini untuk jualan selanjutnya. Kamu tidak perlu mengalami kejadian seperti dana hangus hanya karena punya sisa dana.

5. Banyak Dibutuhkan oleh Masyarakat 

Layanan PPOB saat ini semakin populer di masyarakat karena menawarkan kemudahan transaksi. Hampir semua orang yang memiliki ponsel bisa menggunakannya, baik di kota besar maupun pedesaan. Layanan digital yang semakin luas juga menambah jumlah penggunanya.

Kamu bisa membidik berbagai kelompok masyarakat dengan layanan PPOB. Selain pengguna biasa, kamu bisa menyasar pemilik UMKM. Semakin banyak peminat layanan pembayaran digital, semakin mudah pula buatmu untuk mempromosikan bisnis.

6. Ide Bisnisnya Tidak Akan Kedaluwarsa 

Dari berbagai jenis bisnis populer, layanan PPOB termasuk yang tidak akan kedaluwarsa. Kemudahan dalam pembayaran tagihan rutin atau produk digital kini menjadi kebutuhan, bukan kemewahan. Kamu tidak perlu khawatir bisnismu kedaluwarsa karena produkmu tidak lagi dibutuhkan.

Layanan PPOB akan semakin dibutuhkan ketika jumlah pemilik UMKM semakin bertambah. Kamu bisa memasarkan layananmu sebagai pendukung kegiatan bisnis, terutama di kota kecil dan pedesaan.

Cara Memulai Bisnis PPOB dengan Mudah

Kamu bisa memulai bisnis PPOB dengan memanfaatkan layanan penyedia paket usaha tersebut. Salah satunya adalah paket OttoPay khusus untuk layanan pembayaran digital. Kamu bisa menyediakan paket pulsa, data internet, voucher game, hingga produk asuransi.

Layanan PPOB juga bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan pembayaran tagihan rutin. Tagihan seperti listrik, air, dan telepon sangat penting untuk dilunasi tepat waktu. Gunakan kemudahan pembayaran lewat PPOB untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasamu.

Bisnis PPOB termasuk salah satu usaha rendah risiko yang bisa dimulai dengan modal kecil. Pilih paket pembayaran digital OttoPay untuk memulai usaha PPOB kamu sendiri.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: