Pasti Ramai, Ini 5 Peluang Usaha Menarik di Masa Pandemi

1 April 2022
Peluang Usaha

Sumber gambar : Envato

Situasi pandemi yang terjadi hampir 3 tahun membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami kondisi ekonomi sulit. Meskipun begitu, masih ada peluang usaha potensial yang bisa dibangun siapa saja, bahkan yang hanya memiliki modal terbatas.

Membangun Usaha di Masa Pandemi

Membangun usaha di masa pandemi memang bukan sesuatu yang mudah tetapi bukan pula tidak bisa dilakukan. Hal ini terbukti dengan banyaknya UMKM di yang berkembang dengan baik meskipun kondisi ekonomi memburuk. Menurut BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), UMKM memiliki kontribusi cukup signifikan, yaitu sekitar 60%, terhadap perekonomian negara di masa pandemi. 

Jadi, pandemi bukan alasan untuk menunda membangun bisnis pribadi dan memperoleh tambahan penghasilan. Sebagai referensi, OttoPay punya beberapa ide peluang usaha menarik yang bisa kita kembangkan saat pandemi.

Ide Bisnis Menarik di Masa Pandemi

1. Toko Kelontong Online

Terbatasnya aktivitas di luar rumah saat pandemi membuat banyak orang kesulitan dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Kalaupun sempat, suasana ramai dan antri cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang terutama yang sedang sakit atau memiliki penyakit bawaan.

Dengan membuka toko kelontong online, kamu bisa memenuhi kebutuhan orang-orang yang harus tinggal di rumah. Cara memulai bisnis ini pun tergolong mudah, kamu tinggal memesan barang dagangan secara online melalui OttoPay dan menjualnya lagi melalui marketplace, media sosial, atau platform online lainnya.

2. Bisnis Kuliner Delivery Order

Selain toko kelontong, kita juga bisa membuka usaha kuliner online di masa pandemi. Untuk memudahkan pelanggan, buatlah sistem delivery order sehingga mereka tidak perlu datang ke tempat usaha untuk menikmati kuliner yang kita jual. Supaya bisnis ini lancar, kamu bisa bekerja sama dengan platform seperti Grab atau Gojek.

Seperti halnya bisnis toko kelontong, modal yang dibutuhkan bisnis kuliner online tidak terlalu besar. Apalagi jika kita mau menghemat waktu dengan membeli bahan baku secara online pula. Keuntungan yang didapat bisa dipastikan cukup untuk membuat kita bertahan di masa pandemi dan mengembangkan bisnis agar bisa lebih besar lagi.

3. Kursus Daring

Bagi yang merasa tidak memiliki modal sama sekali untuk memulai sebuah bisnis, kursus daring bisa menjadi salah satu peluang usaha recommended yang menarik untuk dicoba. Modal bisnis ini hanya laptop berkamera, jaringan internet memadai, dan promosi di media sosial.

Semakin sering kamu menawarkan jasa kursus ini di media sosial atau platform lainnya, semakin besar pula peluang untuk mendapat murid. Pastikan untuk menawarkan fasilitas menarik seperti gratis kursus tambahan selama 1 jam, modul berisi kisi-kisi bermanfaat, atau trik untuk menyelesaikan soal-soal.

4. Jasa Online

Selain kursus daring, peluang usaha menarik di masa pandemi yang tidak butuh banyak modal lainnya adalah jasa online. Modal utama bisnis ini adalah skill yang kamu miliki. Biasanya, skill yang banyak dibutuhkan orang adalah menulis, membuat desain gambar, memasukkan data, atau menerjemahkan.

Supaya banyak yang tertarik menggunakan jasa kita, jangan ragu untuk melakukan promosi di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, atau bahkan Youtube. Promosikan pula portofolio atau hasil karyamu agar orang tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

5. Dropshipper

Terakhir, peluang usaha menarik yang juga bisa dicoba adalah dropshipper. Secara teknis, di bisnis ini kita hanya menjual gambar sejumlah barang dan mempromosikannya di media sosial atau marketplace yang dimiliki. Jika ada yang tertarik, kamu hanya perlu menghubungi distributor untuk memesan barang sekaligus meminta mereka mengirimkannya (dropship) ke pembeli.

Jadi agar bisnis berjalan lancar, kamu perlu mencari distributor tepercaya yang mampu menyediakan produk berkualitas seperti OttoPay. 

Kesimpulan

Kebanyakan peluang usaha di atas memang tidak membutuhkan banyak modal. Namun, kita harus tetap berhati-hati dan tekun dalam mengembangkannya. Pastikan kita merencanakan bisnis tersebut secara matang dan memilih OttoPay sebagai penyedia stok barang atau bahan yang dibutuhkan.

Kamu bisa memesan barang di OttoPay melalui situs resminya atau aplikasi Android secara online. Jadi tanpa harus keluar rumah, kita sudah bisa membangun bisnis sendiri meskipun kondisi ekonomi negara sedang kurang baik. Menarik bukan? Hubungi CS OttoPay sekarang juga sebagai langkah awal memulai bisnismu. Semoga bermanfaat.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: