10 Kelebihan dan Kekurangan Cashless Society

27 Maret 2024

Teknologi yang berkembang pesat membawa perubahan besar di semua aspek kehidupan. Contoh mudahnya, kamu sekarang bisa melakukan banyak hal secara daring cukup dari ponsel. Ini berarti, terjadi pergeseran kebiasaan masyarakat terhadap pola transaksi dari fisik atau tunai menjadi digital atau nontunai. Inilah yang selanjutnya dikenal dengan cashless society. 

Beberapa tahun belakangan, cashless society makin diminati karena menjadikan proses transaksi lebih praktis, mudah, dan efisien. Selain itu, kemunculan dompet digital dan layanan uang elektronik membawa serta berbagai penawaran yang menarik—mulai dari potongan harga sampai cashback yang membuat konsumen tidak lagi harus membawa uang tunai dalam nominal yang banyak. 

Kelebihan Cashless Society

Sumber : Pexels

Jadi, apakah kamu termasuk kelompok masyarakat yang sudah menerapkan cashless society dalam kehidupan sehari-hari? Jika belum, kamu mungkin bisa mempertimbangkan lagi dengan melihat beberapa keuntungannya berikut ini. 

  1. Transaksi lebih mudah dan cepat

Keunggulan pertama dari bertransaksi secara nontunai alias cashless tentu saja membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Sebab, pelanggan cukup menggesek kartu atau membayar melalui layanan m-Banking pada ponsel, proses transaksi pun selesai. Bisa juga menggunakan dompet digital. Jadi, tidak lagi harus menghitung uang seperti cara fisik, nominalnya sudah pasti tepat dan langsung sampai ke rekening tujuan.

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

  1. Ada banyak promo

Keuntungan berikutnya dari menerapkan cashless society adalah mendapatkan banyak promo. Tak sedikit perusahaan finansial berbasis digital yang bekerja sama dengan pihak merchant menawarkan banyak promo yang pastinya menarik. Misalnya, potongan harga, cashback, poin, beli 1 gratis 1, berlangganan, dan masih banyak lagi. Ini tentu saja bisa lebih menghemat pengeluaran. 

  1. Tidak perlu membawa banyak uang tunai

Saat ingin melakukan transaksi dengan nominal besar, tentunya tidak mungkin kalau kamu harus membawa uang tunai, baik dalam dompet maupun menggunakan tas. Sebab, hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya tindak kriminal perampokan. Solusinya tentu saja dengan bertransaksi secara cashless atau nontunai. Ini menjadi keunggulan lain dari cashless society, kamu bisa bertransaksi dalam jumlah besar tanpa ribet. 

  1. Mencegah terjadinya tindak kriminal

Selain itu, cashless society juga mencegah terjadinya tindak kriminal, seperti perampokan dan pemalsuan uang. Sebab, cashless society membuat kamu akan menyimpan uang dalam bentuk kartu atau dompet digital pada smartphone yang pasti tidak mencolok. 

Sementara itu, peredaran uang palsu juga sangat marak terjadi beberapa waktu terakhir. Terlebih untuk transaksi yang bersifat tradisional Jadi, supaya kamu terhindar dari berbagai risiko ini, sebaiknya mulailah untuk mempertimbangkan transaksi nontunai atau cashless. 

  1. Mendukung peningkatan pendapatan negara

Hal menarik lain dari cashless society adalah transaksi dapat tercatat lebih baik, yang secara tak langsung bisa membantu pemerintah untuk mendata para wajib pajak. Inilah yang menjadi keuntungan lain melakukan transaksi dengan cara nontunai. Dengan begitu, konsumen yang telah memanfaatkan layanan nontunai maupun digital dalam bertransaksi juga mendukung peningkatan pemasukan negara. 

Baca juga: Tips Memilih Sistem POS yang Efisien untuk Bisnismu

Jadi, kamu sudah tahu apa saja kelebihan bertransaksi secara nontunai atau cashless society. Jika berniat menggunakannya dalam bisnismu, kamu bisa memanfaatkan layanan Payment Gateway dari OttoPay Bisnis. Tidak perlu khawatir, layanan ini telah mendapatkan sertifikasi PCI DSS yang pastinya tepercaya dan aman untuk digunakan.

Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu bisa memanjakan para pelanggan dengan berbagai cara pembayaran secara online, sehingga transaksi menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai layanan OttoPay Bisnis lain yang sesuai dengan bisnismu. Yuk, gabung jadi mitra OttoPay Bisnis sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: