Cara Melakukan Perawatan Vending Machine. Mudah! Cuma Butuh 3 Tahap

25 Januari 2024

Bisnis vending machine termasuk salah satu peluang usaha menjanjikan. Bahkan, kamu dapat menjadikannya sebagai sumber passive income. Kamu tak perlu mempekerjakan pegawai dan biaya operasional yang sangat minim. Hal yang tak kalah penting, kamu dapat melakukan maintenance mesin secara mudah. 

Vending Machine Bisa Beroperasi 24 Jam dan Tingkat Perawatan Mudah

Sumber : Unsplash

Kamu dapat membandingkan vending machine dengan toko makanan atau minuman biasa. Ketika memiliki sebuah toko, kamu tak hanya perlu mempekerjakan karyawan. Namun, waktu operasional toko juga sangat terbatas. Kalau ingin mengoperasikan toko tersebut selama 24 jam, kamu perlu menyiapkan anggaran gaji lebih banyak. 

Lain halnya kalau kamu punya bisnis mesin jual otomatis. Kamu tak perlu rekrut karyawan dan bisa menjalankan bisnis tanpa henti selama 24 jam seminggu. Dengan begitu, kamu memiliki peluang untuk mendapatkan pemasukan yang lebih besar. 

Cara Melakukan Perawatan Vending Machine

Kepemilikan bisnis vending machine memang memberikan potensi untung besar. Namun, bagaimana dengan perawatannya? 

Selayaknya perangkat elektronik lain, mesin jual otomatis tetap perlu maintenance rutin. Namun, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya. Alasannya, karena proses perawatan mesin dapat kamu lakukan cukup dengan 3 tahapan, yakni: 

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Sumber : Unsplash

Tahap pertama yang perlu kamu cermati terkait perawatan mesin jual otomatis adalah penempatannya. Jangan hanya memilih lokasi yang strategis dan potensial. Kalau kamu salah dalam melakukan penempatan, mesin bisa cepat rusak. 

Saat menempatkan mesin jual otomatis, jangan menempelkannya secara langsung pada dinding. Usahakan ada ruang sekitar 10 cm antara mesin dengan dinding. Tujuannya, biar terdapat aliran udara dan mengurangi risiko mesin overheat

Selain itu, hindari penempatan mesin di area yang terekspos sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari dapat menimbulkan efek overheating dan tampilan warna mesin memudar. 

Baca juga: Ingin menggunakan Layanan Mesin EDC? Ini Biaya Rata-Rata yang Harus Kamu Bayar!

2. Penggunaan Sumber Listrik

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan suplai listrik pada mesin. Banyak kasus ketika seorang pelaku bisnis vending machine memperoleh laporan kalau mesinnya tak beroperasi. 

Pada situasi tersebut, kamu tak perlu risau. Fakta di lapangan yang kerap terjadi, masalah mesin yang tak menyala hanya karena mesin tersebut tidak tersambung dengan sumber listrik. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menyambungkan mesin ke stop kontak.

3. Menjaga Kebersihan Vending Machine

vending machine
Sumber : Unsplash

Terakhir, kamu perlu memperhatikan aspek kebersihan mesin. Di samping sebagai bagian dari bentuk perawatan, menjaga kebersihan juga penting untuk menjaga kelangsungan bisnis vending machine kamu. 

Bayangkan kalau kamu berada di posisi sebagai pelanggan. Apakah kamu mau membeli makanan atau minuman dari sebuah vending machine yang kotor dan tak terawat? Melihatnya saja sudah jijik, kan? Apalagi kalau harus membeli? 

Selain itu, menjaga kebersihan peralatan elektronik seperti vending machine juga penting untuk memastikannya bisa beroperasi dengan normal. Dengan begitu, kamu tetap bisa memperoleh penghasilan rutin dari mesin tersebut. 

Cara membersihkan mesin jual otomatis dapat kamu lakukan secara sederhana, di antaranya: 

  • Usap bagian permukaan mesin secara berkala
  • Setiap 3 bulan sekali, bersihkan area sekitar mesin dengan kompresor 
  • Sekitar 2 atau 3 kali dalam setahun, bersihkan mesin secara menyeluruh dengan deterjen dan air hangat. Usap menggunakan handuk yang halus

Itulah tips yang bisa kamu terapkan dalam upaya melakukan perawatan terhadap vending machine. Sangat mudah, kan? Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.

Baca juga: Serba-Serbi Mesin EDC dan Manfaatnya

Dengan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam perawatannya, punya bisnis vending machine sangat menjanjikan, bukan? Kamu bisa pula menjadi salah satu pelaku usaha di sektor ini. 

Caranya gampang. Kamu bisa bergabung menjadi bagian dari Mitra Bisnis OttoPay. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh sebuah mesin jual otomatis canggih yang lengkap dengan berbagai fitur. Kamu tinggal menjalankannya saja. Praktis dan mudah.

Yuk, segera gabung menjadi Mitra Bisnis OttoPay!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: