4 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bisnis Vending Machine

25 Januari 2024

Saat memilih untuk menjalankan sebuah usaha, kamu perlu melakukan perhitungan secara matang, termasuk saat bisnis vending machine. Tujuannya, biar kamu mendapatkan gambaran secara jelas dan melakukan penilaian apakah bisnis tersebut sesuai dengan keinginan atau tidak. 

Lalu, bagaimana dengan bisnis vending machine atau mesin jual otomatis? Saat kamu memilih untuk menjalankan usaha ini, ada 4 poin penting yang perlu diketahui, yaitu: 

1. Vending Machine Adalah Bisnis yang Menguntungkan

Sumber : Unsplash

Pikiran pertama saat menjalankan sebuah usaha adalah dengan memperhitungkan keuntungannya. Apakah bisnis mesin jual otomatis sangat potensial dan menawarkan keuntungan besar? Jawabannya sederhana. Kamu bisa memperoleh untung besar kalau menjalankan usaha ini. 

Bisnis mesin jual otomatis berpotensi tinggi karena beberapa alasan, di antaranya adalah: 

  • Menawarkan pengalaman transaksi berbeda. Konsumen dapat secara bebas memilih makanan atau minuman yang mereka inginkan. Pelanggan bisa belanja secara self service dan melakukan pembayaran praktis lewat berbagai metode.
  • Bebas menentukan barang yang dijual. Kamu punya keleluasaan dalam memilih produk yang ingin ditawarkan lewat vending machine. Selain itu, kamu dapat mengatur margin keuntungan lebih besar. 

Baca juga: Syarat dan Ketentuan MDR: Pahami Aturannya!

2. Biaya Operasional Rendah

Aspek yang tak kalah penting dan perlu kamu pahami tentang bisnis vending machine adalah biaya operasionalnya. Mesin jual otomatis melakukan penjualan dengan sistem self service. Pelanggan bisa memilih makanan atau minuman yang diinginkan dan melakukan pembayaran secara mandiri. 

Dengan sistem seperti itu, kamu dapat menjalankan usaha mesin jual otomatis dengan biaya operasional sangat rendah. Kamu tak perlu bayar gaji bulanan untuk pegawai. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu mempertimbangkan biaya sewa lokasi serta listrik untuk mesin. 

3. Pemilihan Lokasi Jadi Strategi Penting

bisnis vending machine
Sumber : Unsplash

Dalam menjalankan usaha mesin jual otomatis, kamu perlu cermat ketika memilih lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat bisa membuat kamu mendapatkan angka penjualan tinggi. Kamu perlu mengutamakan pilihan pada area strategis yang banyak dilalui orang-orang, seperti halte bus, pusat perbelanjaan, ataupun area kampus. 

Lalu, apakah hanya area yang ramai cocok untuk lokasi mesin jual otomatis? Ada pula pertimbangan untuk menempatkan mesin tersebut di lokasi yang tak menjadi area lalu-lalang banyak orang. Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan mesin di lokasi yang mengharuskan banyak orang menunggu, seperti lobi hotel atau rumah sakit. 

4. Tersedia Berbagai Jenis Pembayaran

Hal penting selanjutnya dalam mengoperasikan usaha mesin jual otomatis adalah terkait sarana pembayaran. Dulu, metode pembayaran untuk vending machine hanya berupa cara pembayaran tunai, menggunakan uang kertas maupun koin. Namun, sekarang kamu punya banyak pilihan metode pembayaran yang praktis. 

Saat ini, kamu dapat menemukan mesin jual otomatis yang dilengkapi metode pembayaran nontunai yang praktis. Cukup dengan scan kode QRIS, konsumen bisa bayar dan mengambil makanan ataupun minuman yang mereka inginkan. Proses transaksi dapat berlangsung singkat dan praktis. 

Itulah hal penting yang perlu kamu ketahui dan pahami biar dapat meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis vending machine. Lalu, bagaimana cara biar dapat segera memulai bisnis yang menjanjikan untung besar ini? 

Solusinya gampang. Kamu bisa bergabung menjadi Mitra Bisnis OttoPay. Dengan menjadi Mitra Bisnis OttoPay, kamu bisa secara langsung menjalankan usaha mesin jual otomatis. Kamu akan memperoleh fasilitas berupa vending machine dengan berbagai fitur canggih untuk kemudahan pengelolaan bisnis. 

Tak sekadar vending machine biasa. Kamu bisa menggunakan mesin jual otomatis canggih yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti: 

  • Kemudahan cara pemantauan bisnis. Mesin telah dilengkapi aplikasi SaaS bisnis yang membantu Anda memonitor penjualan. Selain itu, lokasi penempatan juga sudah dilengkapi CCTV. 
  • Panel LCD. Keberadaannya berguna ketika kamu memerlukan advertising. 
  • Analisis big data. Fitur ini dapat membantu Anda untuk melakukan analisis penjualan secara efektif dan efisien. Misalnya mengetahui produk paling laku, waktu paling ramai, dan lain sebagainya. 
  • Metode pembayaran yang canggih. Setiap mesin jual otomatis sudah disertai dengan fasilitas pembayaran berbasis QRIS. Jadi, pelanggan bisa melakukan transaksi secara nyaman dan praktis.

Menarik kan penawaran untuk menjadi Mitra Bisnis  OttoPay? Yuk, segera gabung. Caranya gampang. Klik saja di sini!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: