3 Hal Penting yang Perlu Kamu Pahami Tentang Manajemen Cash Flow

25 Januari 2024

Manajemen cash flow atau arus kas mempunyai manfaat penting dalam menunjang operasional bisnis. Pengelolaan arus kas yang baik berguna untuk memastikan ketersediaan uang kas untuk menunjang operasional bisnis. Dengan begitu, aktivitas bisnis dapat berjalan lancar dan terus eksis. 

Biar pengelolaan cash flow dapat berjalan dengan baik, kamu perlu mengetahui 3 aspek penting yang tak boleh dilewatkan, yakni: 

1. Alasan Kenapa Manajemen Cash Flow Penting untuk Bisnis

manajemen cashflow
Sumber : Pexels

Apakah kamu pernah berpikir, kenapa setiap pelaku usaha perlu menerapkan pengelolaan arus kas dengan baik? Jawabannya, karena pengelolaan cash flow yang mampu memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis. Manfaat tersebut di antaranya: 

  • Mengidentifikasi kemampuan finansial bisnis dalam melakukan berbagai jenis pembayaran. Kamu bisa memprediksi seberapa besar uang yang bisa dihasilkan di masa depan. Di waktu yang sama, kamu dapat pula melakukan prediksi terkait adanya ketidakpastian arus kas yang dapat terjadi. 
  • Sebagai bahan evaluasi laporan keuangan. Manajemen cash flow membuat kamu dapat melakukan perbaikan sehingga tidak terjadi arus kas negatif. 
  • Sarana penilaian kesehatan bisnis. Manfaat ini secara khusus bisa kamu dapatkan ketika ingin menarik perhatian dari para investor. Pengelolaan arus kas yang baik dapat memudahkan kamu dalam mendapatkan pendanaan usaha dari investor. 

2. Jenis-Jenis Cash Flow

Sumber : Pexels

Selanjutnya, manajemen cash flow yang yang baik juga mengharuskan kamu untuk memahami jenis-jenis arus kas. Ada 2 jenis cash flow yang perlu kamu pahami, yakni: 

  • Cash inflow atau arus kas masuk. Jenis cash flow ini terjadi ketika terdapat aliran kas masuk. Kamu bisa menemukan berbagai jenis cash inflow yang bisa kamu peroleh, pembayaran piutang oleh pelanggan, hasil penjualan barang, pinjaman bank, ataupun suntikan dana dari investor. 
  • Cash outflow atau arus kas keluar. Kamu dapat mengetahui cash outflow ketika muncul aliran kas keluar. Pengeluaran uang kas tersebut bisa terjadi ketika kamu melakukan pembayaran tagihan atau pembelian barang. Contohnya adalah pembayaran gaji karyawan, pembayaran cicilan utang, maupun pembelian inventaris kantor. 

Baca juga: Nggak Susah Kok, Berikut Tips Mengatur Keuangan Usaha Kamu

3. Komponen Utama Laporan Cash Flow

bisnis cashflow
Sumber : Pexels

Untuk melakukan manajemen cash flow, kamu perlu menyusun laporan arus kas. Dalam proses penyusunannya, kamu harus tahu komponen yang perlu dicantumkan. Ada 3 komponen utama dalam penyusunan laporan cash flow, yaitu: 

  • Aktivitas operasi. Kamu dapat melakukan pencatatan kegiatan operasi pada aliran dana yang bukan berasal dari investasi ataupun pendanaan. Contohnya hasil penjualan produk, pembayaran piutang, pembayaran utang, serta gaji pegawai. 
  • Aktivitas investasi. Kamu dapat pula melakukan pencatatan pada laporan cash flow untuk aliran dana yang berkaitan dengan investasi. Contohnya, ketika kamu melakukan pembelian aset berupa properti, pemberian pinjaman kepada pihak lain, penjualan aktiva tetap, dan lain sebagainya. 
  • Aktivitas pendanaan. Komponen arus kas ini mempunyai kaitan erat dengan transaksi yang melibatkan pihak investor dan kreditur. Contoh transaksi yang termasuk dalam komponen aktivitas pendanaan di antaranya adalah pengeluaran untuk saham, obligasi, pembayaran utang pokok, serta pembayaran dividen. 

Nah, sekarang kamu jadi tahu hal penting yang berkaitan dengan pengelolaan arus kas, kan? Selanjutnya, kamu tinggal mengimplementasikan pola manajemen arus kas yang baik untuk kesehatan keuangan bisnis. Untuk memudahkan upaya tersebut, kamu dapat memanfaatkan tool pendukung yang tepat. 

Baca juga: 7 Tips Mencatat Transaksi Penjualan Biar Usaha Makin Untung

Solusinya bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan layanan Business Portal OttoPay. Layanan inovatif dari OttoPay ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengelolaan setiap jenis transaksi cukup dalam satu dashboard. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas invoice digital dan sekaligus layanan pembayaran online yang praktis. Dengan begitu, aliran kas masuk dapat kamu terima dengan lancar lewat berbagai metode pembayaran yang tersedia. 

Yuk, dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis dengan Business Portal OttoPay!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: