Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Pakai QRIS, Bikin Makin Sukses!

25 Januari 2024

Sebenarnya, ada banyak alasan pakai QRIS yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan. QRIS hadir untuk memudahkan konsumen menyelesaikan proses pembayaran dalam waktu relatif singkat. Di sisi lain, QRIS juga memberikan pebisnis kemudahan menerima uang dengan cepat dan aman. Tak heran apabila banyak di antara pebisnis yang mulai memanfaatkan QRIS untuk mengembangkan bisnis mereka.

Mengenal QRIS Lebih Dekat 

bisnis pakai qris
Sumber : Pexels

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan gabungan QR yang berasal dari berbagai macam QR Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS dikembangkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia bersama Bank Indonesia dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan berbagai pembayaran nontunai yang tersedia di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan agar proses transaksi menggunakan QR Code berjalan cepat, mudah, aman, dan praktis. Sejak kehadiran QRIS, sudah banyak pebisnis yang beralih metode pembayaran tunai ke nontunai. Sistem pembayaran ini bisa digunakan di seluruh toko, pedagang, tempat wisata, atau gerai yang telah mendaftar dan memiliki logo QRIS.

Asyiknya lagi, merchant cukup memiliki satu akun rekening di bank atau penyelenggara QRIS yang mengantongi izin BI​. Setelah pendaftaran berhasil, merchant sudah bisa menerima pembayaran via QR aplikasi.

Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Pakai QRIS 

Sumber : Pexels

Supaya lebih paham, simak sejumlah alasan mengapa kamu harus menggunakan QRIS berikut ini.

Proses Transaksi Lebih Mudah 

QRIS membuat proses transaksi lebih sederhana dan praktis. Pasalnya, QRIS memungkinkan pelanggan membayar transaksi tanpa uang tunai atau cashless melalui ponsel pintar. Cukup dengan memindai QR dan memasukkan nominal, pembayaran akan langsung diteruskan ke penjual. Bagi penjual, metode pembayaran nontunai ini membuat pihaknya tak perlu repot menyediakan uang kembalian.

Baca juga: Pentingnya Transaksi Non Tunai di Era Digital

Memberikan Variasi Metode Bagi Pelanggan

Kehadiran QRIS memberikan pilihan metode pembayaran transaksi yang lebih variatif bagi pelanggan. Mereka dapat membayar transaksi sesuai aplikasi yang dimiliki tanpa perlu mengunduh dan menginstal aplikasi lain maupun membuka rekening bank tertentu. Selama aplikasi tersebut telah didukung QRIS, siapa pun bisa melakukan pembayaran.

Meminimalisasi Kecurangan dan Penipuan 

Alasan pakai QRIS selanjutnya adalah meminimalisasi risiko kecurangan dan penipuan. Lantaran verifikasi pembayaran QRIS dilakukan secara otomatis, konsumen tidak perlu repot memberikan bukti. Bagi merchant, QRIS mencegah peluang uang hilang dan membantu kerja kasir menjadi lebih mudah. 

Mengingat prinsip QRIS menyerupai transfer saldo ke rekening bank, setiap transaksi wajib memasukkan PIN sebagai tanda persetujuan. Tentunya, hal ini membuat risiko akun berpindah tangan sangat minim. Sekalipun terjadi, kamu bisa melaporkan adanya transaksi tidak wajar pada pihak penyedia layanan. 

Baca juga: 12 Jenis Pembayaran Non Tunai yang Perlu Diketahui

Memantau Analisis Bisnis 

QRIS juga bermanfaat untuk membantu kamu menganalisis bisnis. Kamu bisa menggunakan riwayat transaksi yang tersedia secara real time untuk menilai peluang bisnis, mengukur kinerja, memahami tren bisnis, dan mengambil keputusan. Berkat kehadiran QRIS, kamu bisa melakukan evaluasi kinerja secara terukur untuk meningkatkan peluang, meraih lebih banyak pelanggan, dan keuntungan.

Biaya Pembayaran QRIS Lebih Murah 

Pada dasarnya, penggunaan QRIS dikenakan biaya yang dikenal dengan istilah MDR (Merchant Discount Rate). MDR QRIS yang ditetapkan sebesar 0.7%. Biaya ini dibebankan pada mitra atau merchant. Dibandingkan biaya switching GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) sebesar 1%, tentunya MDR QRIS lebih murah sehingga menguntungkan pebisnis.

Demikianlah sejumlah alasan pakai QRIS yang perlu kamu pahami dan pertimbangkan. Untuk mendukung kelancaran bisnismu, jangan ragu menggunakan Solusi Pembayaran QRIS dari OttoPay. Proses pendaftarannya mudah dan kamu bisa menggunakan layanan QRIS H+1 setelah pendaftaran. Praktis dan cepat, kan?

OttoPay tidak hanya tersertifikasi PCI DSS, tetapi juga sudah mengantongi lisensi Bank Indonesia dan tercatat sebagai anggota ASPI dan Fintech. Pastinya transaksi menggunakan QRIS dari OttoPay terjamin keamanannya. Nah, kalau kamu mau bisnis makin lancar, pakai Solusi Pembayaran QRIS sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: