Manfaat dan Estimasi Biaya yang Perlu Disiapkan Dalam Membuat Website Bisnis Online

25 Januari 2024

Website bisnis online dapat mendukung kamu untuk meraih kesuksesan bisnis. Pasalnya, tidak bisa dimungkiri bahwa di zaman modern seperti sekarang, mayoritas pelanggan suka mengunjungi website suatu produk/layanan sebelum melakukan pembelian.

Maklum saja, di dalam sebuah website, terdapat kumpulan informasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui ponsel, tablet, laptop, maupun PC. Berbekal website bisnis, kamu pun bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan. Mengingat kualitas memengaruhi hasil, website bisnis haruslah menarik supaya pelanggan tergerak untuk melakukan pembelian. 

Sekilas Tentang Website Bisnis Online 

manfaat website online
Sumber : Pexels

Website merupakan sarana bagi pengguna untuk mendapatkan informasi atau kabar terbaru mengenai banyak hal. Website memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah website bisnis yang banyak digunakan oleh pengusaha. 

Sesuai namanya, website ini berisikan informasi terkait merek bisnis, layanan atau produk yang ditawarkan beserta harga, dan penjelasan lainnya. Berbekal website, pelanggan lebih mudah menemukan informasi berkualitas dan tertarik menggunakan produk maupun layanan yang ditawarkan. 

Baca juga: Serba-Serbi Mesin EDC dan Manfaatnya

Mengapa Harus Menggunakan Website Bisnis Online?

Sumber : Pexels

Berikut alasan utama mengapa kamu perlu memiliki website bisnis:

  • Kredibilitas

Website bisnis bisa meningkatkan kredibilitas bisnismu. Memiliki website merupakan peluang bagus untuk menciptakan kesan pertama yang hebat dan memberikan kenyamanan pada pelanggan bahwa bisnismu nyata. Melalui website, kamu juga bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki layanan atau produkmu. 

  • Kesadaran Merek

Menampilkan merek pada calon pelanggan adalah hal penting untuk meningkatkan brand awareness dan mendongkrak popularitas. Hal ini juga bisa membedakan kamu dari kompetitormu. 

  • Meningkatkan Leads

Salah satu alasan paling menarik memiliki website bisnis adalah karena kamu dapat meningkatkan peluang mendapatkan prospek. Setelah pengguna menemukan bisnismu melalui akses internet, mereka akan merasa penasaran dan mulai mencari informasi mengenai produk atau layananmu. Ketika merasa tertarik, pelanggan akan terdorong untuk melakukan pembelian. 

  • Menumbuhkan Lalu Lintas Organik

Website bisnis online yang menerapkan optimasi SEO memiliki peluang besar untuk muncul di halaman penelusuran Google. Ketika pengguna internet mencari produk atau layanan yang relevan, ada kemungkinan website kamu muncul di hasil pencarian. Tentunya, hal ini memberikanmu kesempatan meningkatkan basis pelanggan secara organik.

Baca juga: Ini Ciri Bisnis yang Perlu Menggunakan Mesin EDC

  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Website efektif meningkatkan produktivitas internal, utamanya layanan pelanggan. Informasi yang tercantum di website dapat membantu pelanggan menemukan kabar terbaru terkait produk maupun layanan tanpa perlu menelepon dan menghabiskan banyak pulsa. Hal ini membuat pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang lebih baik.

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Umumnya, sebelum membeli produk pelanggan akan mencari informasi lebih dulu. Pencarian ini dilakukan melalui mesin pencari Google. Kehadiran website sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ketika bisnismu muncul di mesin pencari, pelanggan akan lebih yakin dan percaya dengan produk dan layananmu. 

  • Sebagai Toko Pusat

Berjualan di marketplace dan media sosial memang efektif menggaet banyak pelanggan. Namun, kedua platform tersebut kurang efektif membangun brand awareness. Alangkah bijak apabila kamu memiliki website bisnis sebagai toko pusat. Cara ini akan meningkatkan kesadaran merek dan membuka lebih banyak peluang dari pengunjung yang mengenal bisnismu melalui mesin pencari.

  • Email Domain Khusus

Salah satu kelebihan memiliki website, kamu bisa mempunyai email dengan domain khusus. Selain tampak lebih profesional, cara ini akan memudahkan pelanggan mengenali email resmi dan meminimalisasi risiko penipuan mengatasnamakan bisnismu.

Biaya yang Perlu Disiapkan Dalam Membuat Website Bisnis Online 

Sumber : Pexels

Sebenarnya, biaya pembuatan website tidak semahal yang dibayangkan. Biaya website berkisar ratusan hingga jutaan. Beberapa hal yang memengaruhi biaya pembuatan website adalah fitur, desain, hosting, domain, keamanan, plugin dan add-on, serta kapasitas penyimpanan. Makin lengkap fitur dan besar kapasitas penyimpanan, makin mahal biaya layanan website. 

Demikianlah informasi mengenai website bisnis online yang dapat kamu jadikan pertimbangan. Gunakan layanan payment gateway dari OttoPay. Bersama OttoPay, kamu bisa menikmati berbagai layanan pendukung bisnis. Asyiknya, kamu juga bisa menyesuaikan layanan tersebut dengan kebutuhan bisnismu. 

OttoPay telah mengantongi sertifikasi dari PCI DSS, terdaftar sebagai anggota Fintech dan API, serta memiliki lisensi dari Bank Indonesia. Kini, mengembangkan bisnis jadi lebih mudah berkat OttoPay. Tak perlu ragu, ayo pakai OttoPay sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: