5 Cara Bayar Cicilan Motor, Nomor 4 Paling Anti Ribet!

08/26/2022

Pembelian motor secara kredit masih jadi opsi yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini pun didukung dengan ketersediaan layanan pembiayaan kredit motor yang makin menjamur. Adapun laris manisnya program cicilan motor di masyarakat adalah karena dinilai sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan transportasi harian tanpa harus mengeluarkan sejumlah dana besar secara serentak.

Kemudahan ini pun berdampak pada cara pembayaran cicilan yang tersedia. Kini, bayar cicilan motor kesayangan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan lebih cepat dan nyaman seperti beberapa metode berikut.

Kantor Cabang Perusahaan Pembiayaan Cicilan Motor

Cara untuk membayar cicilan motor yang pertama adalah melalui kantor cabang perusahaan pembiayaan tempat kamu melakukan pengajuan kredit. Jika membayar di sini, kamu tidak akan dikenai biaya administrasi. Selain itu, beberapa kantor cabang perusahaan pembiayaan juga dapat menerima pembayaran secara cash maupun menggunakan EDC.

Hanya saja, cara ini mungkin agak sedikit ribet apabila lokasimu berada cukup jauh dari kantor cabang perusahaan pembiayaan. Selain itu, jumlah kantor cabang perusahaan pembiayaan di setiap daerah juga masih terbilang cukup terbatas.

Kantor POS

Cara bayar cicilan motor berikutnya adalah melalui Kantor Pos. Selain melayani keperluan logistik, Kantor Pos juga menjadi mitra berbagai pembayaran, seperti tagihan listrik, air, hingga cicilan untuk kendaraan. Untuk membayar kredit motor, kamu pun cukup mengantre di loket khusus bagian pembayaran angsuran.

Nantinya, kamu dapat melanjutkan transaksi seperti biasa. Adapun hal yang perlu kamu persiapkan adalah nomor kontrak pada kartu angsuran atau kuitansi pembayaran terakhir. Namun, pastikan dahulu bahwa perusahaan pembiayaanmu sudah bekerja sama dengan Kantor Pos untuk layanan pembayaran ini, ya!

Layanan Perbankan

Nyaris seluruh perusahaan pembiayaan telah bekerja sama dengan instansi perbankan untuk memfasilitasi pembayaran cicilan motor. Tentunya, fasilitas pembayaran ini juga akan berlaku baik melalui teller bank, ATM, m-banking, maupun e-banking.

Hanya saja, tidak semua bank dapat mengakomodasi pembayaran ini sehingga kamu perlu mencari tahu apakah bank yang kamu gunakan telah bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan. Biasanya, bank-bank yang pasti telah bekerja sama adalah bank BUMN dan beberapa bank swasta besar, seperti BCA, Permata, dan sebagainya.

OttoPay

Nah, kabar baik bagi yang tidak mempunyai akun bank dan berlokasi jauh dari kantor cabang perusahaan pembiayaan maupun Kantor Pos, membayar angsuran motor kini sudah dapat dilayani pula oleh mitra OttoPay. Setidaknya, kini OttoPay sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan pembiayaan besar, seperti Federal International Finance, Busan Auto Finance, WOM Finance, Mega Auto Finance, dan Mega Central Finance.

Menariknya lagi, Mitra OttoPay tersedia lebih dekat. Proses pembayaran dan transaksinya pun dilakukan secara realtime sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Kamu juga akan mendapat bukti pembayaran sah yang dapat disimpan untuk kebutuhan di kemudian hari.

E-Commerce 

Terakhir adalah membayar angsuran motor lewat e-commerce. Cara ini boleh jadi cocok untuk kamu yang memang sering menggunakan layanan e-commerce sehari-hari untuk berbagai kebutuhan. 

Namun, untuk membayar lewat e-commerce, kamu tetap perlu membayar lewat pihak lain, seperti ATM, e-banking, m-banking, jaringan retail, dan sebagainya sesuai mitra e-commerce tersebut. Opsi lain yang lebih praktis, kamu bisa mengisi saldo terlebih dahulu di akun e-commerce yang akan digunakan.

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan pembayaran kredit motor. Mudah, bukan?

Tidak cuma itu, kamu juga bisa mendapat penghasilan dengan menyediakan layanan pembayaran cicilan motor, lho. Caranya cukup mudah, yakni mendaftar sebagai mitra OttoPay. Dengan begitu, kamu dapat menjual berbagai produk digital OttoPay—termasuk layanan pembayaran angsuran motor.

Cukup bermodalkan ponsel—tidak perlu tempat luas dan modal besar—kamu sudah dapat melakukan bisnis menjanjikan ini. Orang-orang yang dapat menjadi pelanggan pun tidak terbatas dari tetangga atau lingkungan sekitar saja, tetapi semua orang dari seluruh penjuru Indonesia. Transaksinya pun sangat mudah dan ada banyak promo yang akan membantu usahamu lebih maju.

Yuk, download OttoPay sekarang secara gratis dan register untuk langsung jualan produk digital menjanjikan sekarang!

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: