Penting! Ini Bedanya Kartu Kredit Visa, Mastercard, dan JCB

27 Desember 2023

Kalau membicarakan kartu kredit untuk bertransaksi, kamu mungkin pernah melihat adanya logo Mastercard, JCB, dan VISA pada bagian belakang kartu. Tak sedikit pelanggan memakai kartu kredit VISA, Mastercard, maupun JCB karena menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang menarik ketika digunakan untuk bertransaksi. 

Baik itu transaksi belanja online berbagai produk kebutuhan hingga membeli tiket perjalanan dan menginap untuk liburan, kamu bisa membayarnya dengan kartu kredit. Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara kartu kredit VISA, Mastercard, dan JCB? 

Sekilas tentang Kartu Kredit Visa, Mastercard, dan JCB

Singkatnya, VISA, Mastercard, dan JCB adalah jaringan kartu kredit. Ketiganya tidak mengeluarkan kartu kredit, karena hal tersebut menjadi kewenangan dari pihak perbankan. Jadi, bank menjalin kerja sama dengan jaringan kartu kredit supaya kartu kredit yang kamu miliki dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia. 

Kamu perlu tahu pula bahwa logo yang terpasang pada kartu inilah yang membuat kamu bisa melakukan transaksi di lokasi maupun gerai yang mempunyai logo serupa. Contohnya, apabila kamu adalah pengguna kartu kredit VISA, maka kartu tersebut bisa kamu pakai untuk membayar belanja atau tagihan pada merchant yang menerima pembayaran tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan penarikan uang tunai pada mesin ATM yang turut memasang logo yang sama, dan melakukan transaksi lainnya. Tidak hanya kartu kredit VISA, hal serupa juga berlaku pada pemegang kartu kredit dengan logo Mastercard atau JCB. 

Baca juga: Apa Itu Sistem POS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Perbedaan Kartu Kredit Visa, Mastercard, dan JCB

Agar lebih jelas lagi, kamu bisa simak perbedaan antara kartu kredit VISA, Mastercard, dan JCB ini.

  1. VISA

Kartu kredit VISA adalah kartu kredit Bank Americard yang secara sah dirilis oleh Bank of America. Kartu ini muncul pada tahun 1958 dengan tujuan utama untuk memberikan pelayanan transaksi digital di seluruh dunia yang lebih mudah dan praktis. 

Kartu kredit VISA sendiri telah mengintegrasikan pelanggan, pemilik usaha, pemerintah, dan perusahaan finansial sampai lebih dari 200 negara di dunia. Namun, VISA hanya berperan sebagai perantara transaksi yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan finansial. 

Dengan adanya jaringan ini, perusahaan dapat menawarkan berbagai layanan untuk pelanggan. Mulai dari transaksi dengan kartu debit atau membayar pada kemudian hari dengan adanya kartu kredit. 

  1. Mastercard

Tak jauh berbeda dengan kartu kredit VISA, Mastercard juga berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari Interbank Card Association yang bermula dari beberapa bank asal negara bagian California di tahun 1966. Bank yang menjadi anggota ini menjalin kerja sama dengan ICA dan mengeluarkan kartu kredit MasterChange: The Interbank Card. 

Selanjutnya, MasterChange mengalami pergantian nama jadi Mastercard sampai sekarang. Bisa dikatakan, kartu kredit VISA dan Mastercard saling bersaing, dan keduanya dikenal ke semua penjuru dunia. Setidaknya, ada 25 ribu perusahaan keuangan yang berada dalam naungan Mastercard.

  1. JCB

Terakhir, ada Japan Credit Bureau atau JCB yang berasal dari Jepang. Meski jangkauan jaringan ini belum seluas Mastercard atau VISA, kartu kredit yang memiliki logo JCB dapat kamu lihat pada sekitar 20 negara di penjuru dunia. Sementara itu, JCB di Indonesia sudah bekerja sama dengan BNI JCB Platinum, BII JCB Platinum, dan CIMB Niaga Ultimate. 

Baca juga: Tips Memilih Sistem POS yang Efisien untuk Bisnismu

Itu tadi perbedaan antara kartu kredit VISA, Mastercard, dan JCB yang perlu kamu tahu. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara ketiganya, hanya jangkauan jaringannya yang cukup berbeda. Kamu bisa memilih di antara ketiganya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. 

Bagi kamu yang menjadi pemilik bisnis, menggunakan banyak metode transaksi akan membantu bisnis berkembang lebih mudah. Kamu bisa memanfaatkan layanan Payment Gateway dan EDC dari OttoPay Bisnis yang bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit berlogo VISA, Mastercard, dan JCB. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih layanan OttoPay Bisnis lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Pastikan bisnismu berkembang dan optimal dengan menjadi mitra dari OttoPay Bisnis. Yuk, gabung sekarang!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: