Waspada Kejahatan Pembayaran Digital, Cegah dengan Cara Ini!

14 Mei 2024

Di tengah perkembangan teknologi dan meluasnya penggunaan internet, pembayaran digital menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat kita. Mulai dari transaksi yang dilakukan dengan menggunakan mobile banking dan internet banking, sampai yang menggunakan aplikasi seperti dompet digital.

Popularitas pembayaran digital pun makin meningkat karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya. Kamu bisa melakukan transaksi dan pembayaran tanpa harus memiliki uang tunai. Terlepas dari kemudahan ini, kejahatan pembayaran digital juga makin marak dan beragam. Dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi dan pengetahuan yang mumpuni untuk bisa mencegahnya.

Baca Juga: Ini Ciri Bisnis yang Perlu Menggunakan Mesin EDC

Tips Mencegah Kejahatan Pembayaran Digital

Agar tidak terjebak kejahatan pembayaran digital, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegahnya. Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

Cek Laporan Keuangan Kamu Secara Berkala

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mencegah kejahatan pembayaran digital adalah dengan melakukan pemeriksaan keuangan secara rutin. Kamu perlu mencocokkan setiap transaksi yang dilakukan dan memastikan bahwa itu memang transaksi yang sah.

Mengecek laporan keuangan secara berkala akan memudahkanmu untuk mendeteksi ada atau tidaknya transaksi keuangan yang mencurigakan di mobile banking atau e-wallet yang kamu miliki.

Cek Ulang QR Code Kamu

Saat ini, pembayaran dengan menggunakan QR code makin banyak digunakan. Tidak hanya di merchantmerchant besar, bisnis kecil seperti warung sampai pedagang kaki lima juga mulai banyak yang menerima pembayaran dengan QR code.

Meskipun QR code sangat memudahkan konsumen maupun pelaku bisnis dalam melakukan transaksi, cara ini juga sangat rentan dengan penipuan dan tindak kejahatan. Karena itu, kamu perlu memerhatikan dengan jeli setiap QR code sebelum melakukan pembayaran. Pastikan stiker QR code yang akan kamu scan itu asli dan tidak ditempeli oleh kertas lain di atasnya.

Gunakan Autentikasi Biometrik

Untuk perlindungan keamanan yang lebih baik, perusahaan teknologi mengembangkan berbagai teknologi verifikasi yang lebih canggih. Salah satunya dengan autentikasi biometrik. Autentikasi biometric bisa mencakup pemindaian suara, wajah, hingga sidik jari.

Sistem verifikasi dengan menggunakan biometrik terbukti bisa membantu menurunkan risiko kerugian, terutama jika perangkatmu dicuri atau hilang. Dengan perlindungan biometrik, pencuri atau penjahat tidak bisa mengakses perangkat dan data aplikasi keuanganmu karena mereka memerlukan autentikasi berbasis biometrik.

Gunakan Aplikasi yang Sudah Terpercaya

Baik para pelaku bisnis maupun konsumen, perlu memperhatikan aplikasi keuangan yang mereka gunakan. Bagi konsumen, penting memilih aplikasi e-wallet yang memang tepercaya. Sementara itu, pelaku bisnis perlu menggunakan layanan pembayaran dan payment gateway yang dapat melindungi data konsumen mereka dari tindak kejahatan.

Dengan berbagai langkah di atas, kamu bisa mencegah kejahatan pembayaran digital—tidak hanya untuk dirimu sendiri, tetapi juga untuk usaha yang kamu jalankan.

Baca Juga: 4 Jenis Modus Kejahatan Online yang Alus Banget!

OttoPay, Payment Gateway Terbaik untuk Lindungi Konsumen dan Bisnis dari Kejahatan Pembayaran Digital!

Payment gateway atau gerbang pembayaran menjadi kebutuhan yang krusial bagi bisnis saat ini. Adanya payment gateway akan memberikan sejumlah keuntungan seperti:

  • Memberikan fleksibilitas pada konsumen untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan preferensi mereka. Secara langsung, ini juga akan memperluas jangkauan bisnismu.
  • Menjadi alternatif layanan rekening bersama untuk memberikan jaminan transaksi yang lebih aman dan praktis.
  • Membantu dalam proses rekonsiliasi penjualan.

OttoPay sebagai salah satu penyedia layanan payment gateway siap menjadi mitramu membangun bisnis secara digital. Bersama OttoPay, kamu bisa menerima berbagai jenis pembayaran mulai dari EDC, QRIS hingga, Payment Link.

OttoPay sudah tersertifikasi PCI DSS dan mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia, Kominfo, serta ISO/IEC 2700. Ini akan menjamin semua transaksi yang kamu lakukan aman dan lancar. Cek selengkapnya tentang OttoPay Payment Gateway di sini.

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: