5 Manfaat SEO buat Kembangkan Bisnis Zaman Now

22 Desember 2023
Manfaat SEO

Di zaman sekarang, punya bisnis tapi nggak punya website itu ibarat sayur tanpa garam. Rasanya hambar dan biasanya akan ditinggalkan. Oleh sebab itu, pebisnis perlu punya website dan tahu manfaat SEO.

Apa itu SEO? Dikutip dari Michigan Tech, Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya menyusun konten yang relevan guna membantu pengguna internet menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

Strategi ini perlu dilakukan untuk meningkatkan volume konten berkualitas pada suatu website, sehingga posisinya akan merangkak naik di halaman pencarian. Melihat begitu bergunanya SEO, maka website bisnis harus menerapkan kaidah tersebut.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa manfaat SEO untuk mengembangkan bisnis di zaman now!

Manfaat SEO
Sumber : Envato

1. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website secara Organik

Salah satu kegunaan website bagi suatu bisnis adalah mendatangkan pelanggan baru. Hal itu terjadi ketika ada seseorang yang mengunjungi website, kemudian tertarik melakukan transaksi. Sementara itu, salah satu manfaat SEO adalah meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Dikutip dari Marketing Charts, sebagian besar traffic website didapat dari klik ketika website tersebut masuk halaman pertama pencarian Google. Tepatnya, sebanyak 91,5 persen.

Maka dari itu, website bisnis kamu harus masuk halaman teratas dalam pencarian jika ingin mendatangkan makin banyak pelanggan. Dalam hal ini, kamu bisa mewujudkannya dengan cara optimasi SEO pada website.

Optimasi SEO dapat memberi peluang bagi suatu website untuk masuk halaman pertama pencarian secara organik. Artinya, kamu tidak perlu beriklan untuk mendatangkan makin banyak kunjungan yang berpotensi jadi pelanggan. 

2. Menaikkan Kredibilitas dan Brand Awareness

Untuk disebut SEO friendly, sebuah website tidak hanya membutuhkan artikel yang kaya akan kata kunci. Namun, website tersebut juga harus memiliki konten-konten berkualitas. Itulah sebabnya penyusunan artikel SEO tidak boleh dilakukan sembarangan.

Saat website memiliki SEO yang bagus, artinya konten-konten di dalamnya pun bagus dan tepercaya. Hal ini tentu saja dapat menaikkan kredibilitas.

Di samping itu, manfaat SEO lainnya ialah menaikkan brand awareness (kesadaran merek) atas suatu produk. Hal ini bisa diperoleh setelah SEO menempatkan website di halaman pertama pencarian dan makin banyak diketahui orang.

3. Menghemat Biaya Operasional

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, salah satu manfaat SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung website secara organik. Hal ini berarti kamu bisa menghemat biaya operasional, karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk beriklan.

Perlu diketahui bahwa untuk berada di halaman pertama pencarian, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Selain menerapkan kaidah SEO, kamu juga bisa menjalankan SEM (Search Engine Marketing). Strategi ini sama halnya dengan beriklan, sehingga diperlukan biaya untuk menjalankannya. Sementara itu, SEO dapat dilakukan tanpa biaya.

4. Mendukung Pemasaran

Manfaat SEO berikutnya adalah mendukung kegiatan pemasaran suatu bisnis. Laman Thehartford bahkan menyebut bahwa website dengan SEO yang baik bisa menjadi alat pemasaran efektif dan hemat biaya.

Seperti yang kita tahu, konsep utama SEO adalah menyediakan konten sesuai kata kunci yang mudah ditemukan seseorang saat melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut. Konsep ini serupa dengan kegiatan pemasaran. Ketika seseorang butuh sesuatu, tim marketing memberikan solusi melalui penawaran produk.

Artinya, kaidah SEO bisa diterapkan untuk melakukan pemasaran, bahkan dengan jangkauan yang lebih luas.

5. Investasi Jangka Panjang

For your information, hasil dari SEO tidak bisa dinikmati secara instan. Rockcontent menyebutkan beberapa durasi yang diperlukan untuk melihat hasil penerapan kaidah SEO pada website. Rata-rata bisa empat hingga enam bulan, bahkan ada yang sampai satu tahun dan lebih. Semuanya tergantung pada banyak faktor.

Maka dari itu, SEO bisa menjadi bagian investasi jangka panjang. Saat website sudah stabil dan memiliki SEO yang baik, secara otomatis ia akan membantu pekerjaan kita. Misalnya dengan mendatangkan lebih banyak pelanggan tanpa harus beriklan, dan sebagainya.

Demikian ulasan tentang manfaat SEO untuk mengembangkan bisnis. Di luar lima poin yang telah disebutkan, sebenarnya SEO masih memiliki segudang manfaat lainnya. Jadi, jika kamu seorang pebisnis, jangan ragu meluncurkan website dan menerapkan kaidah SEO. Hal tersebut pasti akan memberi banyak keuntungan.

Selain menjangkau banyak pelanggan dengan SEO, jangan lupa memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan nyaman dan menjadi loyal. Salah satu caranya dengan menjadi mitra bisnis OttoPay, supaya kamu bisa menyediakan beragam layanan pembayaran non-tunai.

OttoPay menyediakan layanan Payment Gateway yang bisa dimanfaatkan beragam jenis bisnis dan aman digunakan karena telah tersertifikasi PCI DSS. Di samping itu, layanan ini juga sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia, sekaligus telah menjadi bagian dari ASPI dan Fintech, sehingga tak perlu diragukan lagi.

Ayo buat bisnis jadi lebih berkembang dengan menjadi bagian dari OttoPay. Daftarkan bisnismu jadi Mitra Bisnis OttoPay sekarang juga, dan rasakan segala keuntungannya!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: