5 Tanda Kenapa Bisnis Harus Menggunakan Payment Gateway

27 Juni 2023
Payment Gateway

Setiap pelaku bisnis tentu ingin agar usahanya meraih kesuksesan dan menghasilkan omzet besar. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu tak hanya perlu menyediakan produk berkualitas. Namun, pertimbangkan pula untuk memberi kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan payment gateway

Payment Gateway
Sumber : Envato

Bisnis di Era Digital

Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pelaku bisnis di era serba digital seperti saat ini. Pemanfaatannya menawarkan kenyamanan pelayanan bagi para pelanggan. Kamu pun bisa memproses setiap transaksi secara lebih cepat dan praktis. 

Dengan keuntungan seperti itu, konsumen mendapatkan manfaat karena mereka tak perlu membuang waktu terlalu banyak di meja kasir. Sementara itu, kamu sebagai penjual memperoleh keuntungan karena dapat teknologi ini dapat membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan sekaligus omzet. 

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus memakai layanan gerbang pembayaran? Apalagi, sistem pembayaran yang saat ini kamu anggap sudah cukup bagus dalam melayani setiap proses transaksi. 

Ada 5 faktor yang menjadi alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan untuk segera memakai layanan payment gateway, yakni: 

1. Dijalankan Secara Online

Kepemilikan bisnis online saat ini sangat penting dalam meningkatkan daya saing usaha. Apalagi, kamu bisa meng-online-kan usaha kamu dengan mudah. Kamu bisa menawarkan barang secara online dengan membangun website, lewat media sosial, ataupun aplikasi. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Dalam bisnis online, keberadaan sistem gerbang pembayaran memiliki peran vital. Layanan ini tak hanya membantu kamu dalam menyediakan sistem pembayaran nontunai secara digital. Namun, kamu juga bisa menyediakan beragam opsi pembayaran kepada konsumen. 

2. Memiliki Banyak Pelanggan Loyal

Alasan selanjutnya adalah ketika bisnis kamu mempunyai basis pelanggan loyal yang banyak. Pada situasi tersebut, kamu perlu mempertahankan agar mereka tidak beralih ke kompetitor. Kamu bisa melakukannya dengan memberikan pengalaman belanja yang nyaman. 

Kenyamanan dalam berbelanja bisa kamu lakukan dengan berbagai hal. Desain UI/UX aplikasi atau website berpengaruh besar. Tak kalah penting, memberi pilihan kemudahan cara pembayaran juga punya pengaruh tak kalah besar dalam memberi rasa nyaman berbelanja. 

3. Melayani Berbagai Metode Pembayaran

Saat menjalankan bisnis, kamu perlu memperhatikan data terkait perilaku para konsumen. Data ini memiliki faktor penting yang bisa membantu kamu dalam memberikan kenyamanan cara berbelanja kepada pelanggan. 

Ketika mengamati data perilaku konsumen, kamu bisa mengetahui pilihan cara bertransaksi yang mereka lakukan. Kamu akan menjumpai kalau masing-masing konsumen memiliki preferensi tersendiri dalam melakukan pembayaran. 

Layanan payment gateway dapat membantu kamu dalam menyediakan variasi cara pembayaran kepada pelanggan. Dari situ, konsumen pun punya kebebasan dalam memilih jenis pembayaran sesuai keinginan. 

4. Pengecekan Manual Sudah Tidak Memungkinkan

Sistem pembayaran tunai memerlukan waktu dalam proses pengecekan transaksi. Alhasil, proses penyusunan laporan keuangan butuh waktu yang lama. Situasinya kian runyam ketika kamu tidak mempunyai data terkait catatan transaksi. 

Ketika menggunakan layanan gerbang pembayaran, kamu bisa melihat history transaksi secara lengkap. Keberadaan data transaksi terdahulu itu, membuat kamu dapat dengan mudah memeriksa transaksi dan sekaligus menyusun laporan keuangan bulanan. 

5. Melayani Pasar Internasional

Kalau kamu memiliki rencana untuk melayani konsumen dari mancanegara, pemanfaatan layanan payment gateway merupakan sebuah keharusan. Keberadaan layanan ini membuat para pelanggan di luar negeri dapat menyelesaikan transaksi secara gampang. 

Lalu, apa solusi layanan gerbang pembayaran yang paling cocok? Jawabannya, bisa kamu dapatkan di OttoPay. 

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

OttoPay memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran nontunai dalam berbagai metode, termasuk di antaranya adalah pembayaran menggunakan QRIS dan EDC. Kedua pilihan cara pembayaran tersebut memungkinkan kamu untuk memproses transaksi yang memakai layanan e-wallet, kartu debit, ataupun kartu kredit. 

Yuk, segera manfaatkan berbagai keuntungan menggunakan layanan gerbang pembayaran OttoPay, daftar Mitra Bisnis OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: