Cara Kirim Tagihan yang Praktis dan Gampang, Bisa Sambil Rebahan!

15 Februari 2024

Invoice atau tagihan memiliki peran penting untuk menunjang kelancaran operasional bisnis. Oleh karenanya, kamu perlu tahu cara praktis dalam melakukan pengiriman tagihan kepada pelanggan. Solusi itu bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan invoice digital. Dengan cara ini, kamu bisa mengirim tagihan sambil rebahan dan bersantai di rumah. 

Pentingnya Kirim Tagihan Tepat Waktu dengan Invoice Digital

tagihan invoice
Sumber : Pexels

Keberadaan fasilitas tagihan digital dapat membantu kamu dalam memudahkan cara pengiriman. Dengan begitu, kamu bisa mengirimkan invoice kepada pelanggan secara cepat dan tepat waktu. Selanjutnya, kamu pun bisa mendapatkan beberapa keuntungan berkat pengiriman invoice yang tepat waktu, seperti: 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan!

1. Pencairan Pembayaran yang Lebih Cepat

Pengiriman tagihan yang tepat waktu membantu kamu dalam menginformasikan kewajiban pembayaran oleh pelanggan secara cepat. Dengan begitu, pelanggan jadi tahu seberapa besar nilai pembayaran yang perlu mereka bayarkan. 

Ada banyak situasi yang kerap membuat pelanggan tidak serta merta melakukan pembayaran. Contohnya adalah ketika: 

  • Pelanggan lupa dengan kewajiban pembayaran
  • Pelanggan tidak tahu seberapa besar jumlah pembayaran
  • Pelanggan tidak tahu ke mana mereka harus melakukan pembayaran

2. Menjaga Kesehatan Kondisi Keuangan Bisnis 

Pengiriman invoice digital yang cepat mempunyai kaitan erat dengan upaya menjaga kesehatan keuangan bisnis. Tagihan yang belum lunas membuat piutang usaha meningkat. Bayangkan apa yang terjadi kalau bisnis kamu memiliki nilai piutang dalam jumlah besar? 

Piutang usaha yang tinggi dapat mengganggu operasional bisnis. Apalagi, kalau kamu mempunyai modal usaha dengan jumlah yang terbatas. Operasional bisnis bakal tersendat dan bahkan bisa mandek total kalau kamu kehabisan modal. 

3. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Manfaat selanjutnya dari invoice digital yang membantu kamu dalam mengirim tagihan secara cepat adalah kemudahan pengelolaan keuangan. Keberadaannya bisa menjadi bukti transaksi dan sekaligus membantu proses penyusunan laporan keuangan. 

Berkat adanya pengiriman invoice, kamu mempunyai data secara jelas terkait pembayaran dari para pelanggan. Kamu bisa menyusun data para pelanggan yang sudah melunasi tagihan maupun pelanggan dengan tagihan piutang yang macet.   

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Cara Kirim Tagihan Tepat Waktu dan Praktis

Sumber : Pexels

Dengan manfaatnya yang begitu besar bagi bisnis, kamu tak boleh menyepelekan proses pengiriman tagihan kepada para pelanggan. Lalu, bagaimana cara mengirim invoice digital yang praktis dan bahkan bisa kamu lakukan sambil rebahan di rumah? 

Solusinya sederhana. Kamu tinggal memanfaatkan layanan OttoPay. OttoPay hadir dengan menawarkan solusi praktis dalam membantu para pelaku bisnis mendapatkan pembayaran tagihan secara lancar dalam produk inovatif OttoPay, yakni Business Portal. 

Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Business Portal OttoPay, yakni: 

1. Kemudahan Memantau Transaksi

Pemantauan transaksi di Business Portal OttoPay sangat mudah. Kamu bisa melakukannya cukup dalam dashboard. Akses dashboard dapat kamu lakukan dengan menggunakan perangkat desktop maupun mobile.  

2. Pengiriman Invoice Digital yang Praktis

Selanjutnya, ada pula kemudahan terkait pengiriman invoice. Alih-alih mengirimkan tagihan dalam bentuk fisik, Business Portal OttoPay punya fasilitas invoice digital. Berkat fitur ini, kamu dapat melakukan pengiriman invoice cukup menggunakan aplikasi chatting di smartphone. 

3. Cara Pembayaran Tagihan yang Mudah

Pengiriman invoice yang cepat dan tepat waktu tidak akan terlalu bermanfaat kalau pelanggan tak segera melakukan pembayaran. Oleh karenanya, kamu perlu pula memberi kemudahan bagi para pelanggan sehingga bisa menyelesaikan pembayaran tagihan. 

Business Portal OttoPay menawarkan fasilitas ini secara lengkap. Kamu bisa menyediakan metode pembayaran yang variatif kepada pelanggan. OttoPay memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan memakai virtual account, QRIS, transfer bank, kartu debit, serta kartu kredit. Lengkap, kan? 

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tak heran kalau OttoPay jadi mitra penting bagi para pelaku bisnis dalam meraih kesuksesan. Kamu bisa pula meraih kesuksesan serupa. Yuk, segera manfaatkan layanan Business Portal OttoPay dan dapatkan berbagai kemudahan di dalamnya. 

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: