Ingin Sembako Online Laku? Ikuti 5 Tips Jualan Ini

10 April 2023
Sembako Online

Punya bisnis jualan sembako online? Kamu pasti menyadari persaingannya yang cukup ketat. Sembako adalah produk yang banyak dicari, dan zaman sekarang, orang semakin suka belanja produk rumah tangga secara daring. Kamu harus pintar mengatur strategi agar jualanmu semakin laris di tengah persaingan. 

Tren bisnis online saat ini menuntut usaha ekstra untuk mempertahankan konsumen, terutama karena memulai usaha baru semakin mudah dengan internet dan teknologi digital. Kamu juga harus mampu membangun citra dan brand tokomu, terutama ketika produkmu termasuk banyak diminati.

Inilah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan agar aktivitas jualan sembako online kamu semakin laris.

Sembako Online
Sumber : Envato

1. Ciptakan Strategi Branding Menarik

Membangun identitas bisnis sangat penting untuk membuat calon konsumen percaya padamu. Tren branding saat ini berfokus pada pengalaman konsumen, bukan sekadar menjual senyaring mungkin. Dengan berfokus pada konsumen, kamu bisa memasarkan toko dengan lebih efektif sekaligus menciptakan barisan pembeli loyal.

Ada berbagai cara untuk menciptakan branding unik. Misalnya, kamu bisa membuat nama toko dan logo yang unik atau memberi nilai tambah dalam bisnis, seperti bonus voucher diskon untuk pembeli dengan kriteria tertentu atau bonus barang tertentu seperti tas.

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

2. Pasarkan Sembako lewat Konten Menarik

Cara jualan sembako online masa kini adalah menggunakan media sosial. Selain memiliki jangkauan luas, media sosial membantumu membuat konten menarik untuk membuat calon pembeli tertarik. Konten ini disesuaikan dengan kesan dan pesan yang ingin kamu bangun serta target pembelimu.

Misalnya, kamu bisa membuat konten lucu atau dengan unsur komedi untuk menyebut nama-nama jualanmu. Bisa juga dengan menggunakan meme atau video viral yang dikaitkan dengan produkmu. Akan tetapi, pastikan kamu memilih pesan dan kata-kata yang digunakan dengan hati-hati agar tidak menyinggung. Satu kesan atau interaksi negatif bisa membuat konsumen menjauhi tokomu.

3. Investasi pada Kemasan dan Pengiriman

Cara pengemasan produk bisa menambah nilai bisnismu saat jualan sembako online. Tergantung produknya, kamu harus mempertimbangkan untuk memberi pilihan metode pengemasan pada pelanggan. Selain kardus biasa dan plastik, kamu bisa memberi pilihan seperti kardus bercorak, plastik yang lebih tebal dari standar, dan bahkan kemasan bingkisan atau hamper.

Pastikan juga kamu berinvestasi pada metode dan layanan pengiriman. Ingat, produk sebaik apa pun tidak akan mengena di hati pelanggan jika pengiriman terlambat atau gagal. Gunakan jasa ekspedisi tepercaya dan pastikan kamu memiliki beberapa alternatif pengiriman.

Baca juga: 7 Barang Ini Paling Laku untuk Jualan Grosir Online, Lho!

4. Baca Situasi Pasar untuk Menentukan Produk Terlaris

Ketika modalmu bertambah, kamu mungkin mempertimbangkan untuk menambah produk yang dijual. Akan tetapi, sudahkah kamu mencari tahu produk apa yang paling laris? Tergantung area dagang dan sebaran pelangganmu, pastikan kamu tahu produk apa yang biasanya paling laris.

Tingkat larisnya produk juga bisa dipengaruhi hari-hari istimewa seperti Natal, Tahun Baru, dan Lebaran. Biasanya, ada produk tertentu yang cenderung banyak dibeli orang pada masa-masa tersebut, misalnya sirop, margarin, telur, dan terigu. Pastikan kamu memiliki catatan inventori untuk mengetahui pola naik-turun pembelian suatu produk.

5. Gunakan Aplikasi demi Kemudahan

Akhirnya, berjualan sembako kini tidak harus membuka toko fisik dan melayani secara langsung. Aplikasi digital adalah cara jualan sembako online yang mudah dan bisa kamu akses dari mana saja. Mitra Grosir menghadirkan kemudahan pelayanan, pembayaran, dan pemrosesan pesanan sembako secara tepat.

Ingin menetapkan harga yang tepat tanpa jadi terlalu murah atau mahal? Kamu juga bisa dengan mudah menemukan produk dengan harga paling bersaing di beberapa mitra pemasok. Pemesanan yang lebih cepat serta harga lebih baik akan membuat toko sembakomu laris-manis.

Berjualan sembako online adalah salah satu usaha yang cukup laris, tetapi percuma saja tanpa strategi yang bagus. Pastikan memanfaatkan strategi jualan sembako online di atas agar kamu selalu bisa menarik pelanggan potensial serta memajukan bisnismu.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: