Cara Mudah Memulai Jualan Sembako Online

10 April 2023
Jualan Sembako Online

Apakah jualan sembako online masih menjadi bisnis menggiurkan? Jawabannya, ya, potensinya cukup besar. Menurut laporan dari Dana Research Institute, bisnis sembako merupakan salah satu usaha yang potensinya cukup besar di tahun 2022. Mengingat sembako adalah kebutuhan dasar banyak orang, usaha ini berpotensi untuk kamu jadikan bisnis jangka panjang.

Bagaimana cara agar kamu bisa sukses memulai bisnis sembako? Ikuti poin-poin strategi ini.

Jualan Sembako Online
Sumber : Envato

1. Cermati Kebutuhan dan Pangsa Pasar

Bisnis sembako online memang banyak peminatnya, tetapi ketika baru memulai, kamu mungkin hanya bisa membidik pangsa pasar yang terbatas. Mulailah dengan membidik pangsa pasar terdekat. Berapa banyak potensi pelanggan yang bisa kamu bidik dalam seminggu atau bahkan sebulan? Produk apa yang mereka butuhkan?

Kamu bisa membuat daftar penjual atau toko sembako populer di kotamu, lalu bandingkan keunggulan mereka. Apakah kelengkapan produk? Rentang harga yang ditawarkan? Pelayanan khusus? Ongkos kirim? Gunakan informasi ini sebagai patokan untuk menentukan detail bisnismu sendiri.

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

2. Pilih Produk Terlaris sesuai Modal

Ketika modal jualan sembako online kamu terbatas, pilihlah produk yang bisa menjadi prioritas. Pastikan kamu mengetahui kebutuhan besar calon pelanggan utamamu sebelum memilih produk untuk dijual. Misalnya, beras, mi instan, dan minyak goreng biasanya banyak dicari. Ketika bisnismu semakin berkembang, kamu bisa menambahkan produk populer lain seperti gula kristal, teh, dan kopi. 

Kamu juga harus mempertimbangkan keberadaan konsumen khusus serta periode istimewa yang meningkatkan permintaan akan produk tertentu. Misalnya, jika daerahmu terkenal dengan usaha kue dan makanan gorengan, kamu bisa menumpuk tepung terigu, telur, dan margarin untuk dijual. Kamu juga bisa menambah pasokan sirop, minyak goreng, gula, margarin, dan terigu untuk menyambut hari istimewa seperti Natal dan Lebaran.

3. Ciptakan Saluran Promosi

Saluran promosi terbaik bukanlah yang paling mahal, tetapi yang paling efektif dalam mencapai pelanggan utamamu. Media sosial bisa menjadi saluran promosi efektif bahkan jika kamu memulai berbisnis dengan modal kecil. Pengguna media sosial di Indonesia tercatat mencapai 191 juta orang pada bulan Januari 2022, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah. 

Kamu bisa membuat akun bisnis di Facebook dan Instagram, lalu gunakan layanan pemasangan iklan mereka untuk memperluas jangkauan promosi tokomu. Kamu bisa menyesuaikan jumlah dan lama penayangan dengan modal promosi, sehingga siapa saja bisa mulai beriklan di sini.

Jika kamu menyasar pelanggan di area terbatas, kamu bisa mengandalkan promosi tradisional. Brosur, stiker, spanduk di depan rumah, bahkan sesuatu sesederhana promosi mulut ke mulut bisa membantu bisnismu melejit, terutama jika kamu menjual produk yang laris di kalangan pembeli rumah tangga.

Baca juga: Cara Jualan Grosir Online yang Menguntungkan

4. Bangun Komunikasi Baik dengan Pelanggan

Apa pun saluran promosimu, komunikasi positif tetap menentukan kesuksesanmu saat jualan sembako online. Ketika kamu menggunakan media sosial atau aplikasi dengan fitur pesan, hindari menunda terlalu lama dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Jika kamu membutuhkan jeda waktu, pastikan tidak lebih dari 10 menit.

Jawab setiap pertanyaan pelanggan dengan lengkap dan sopan, sama seperti ketika berkomunikasi secara langsung. Ingat, pengalaman komunikasi yang negatif akan membuat pelanggan menjauh dan mencari toko lainnya, bahkan memberi bisnismu ulasan buruk.

5. Temukan Distributor atau Rekanan Tepercaya

Ketika berbisnis grosir sembako, kamu membutuhkan rekan distributor yang mampu menyediakan pasokan tepat waktu. Pastikan memiliki beberapa kontrak distributor agar selalu ada persediaan stok. Salah satu cara jualan sembako online paling mudah agar selalu mendapat pasokan dengan harga bersaing adalah aplikasi Mitra Grosir.

Dengan Mitra Grosir, kamu bisa melayani pertanyaan, pesanan, dan pengiriman dengan mudah lewat satu aplikasi. Mitra Grosir juga memudahkanmu untuk menemukan produk dari berbagai distributor agar kamu bisa membandingkan harga. 

Jualan sembako online adalah salah satu bisnis yang peluangnya cukup menguntungkan. Pastikan menerapkan strategi bisnis yang rapi sejak awal dan gunakan Mitra Grosir untuk memudahkan bisnis sembakomu agar lancar.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: