Tips Belanja Buat Usaha Toko Kelontong Jelang Hari Raya, Untung Maksimal!

11 Maret 2023
Tips Belanja

Menjelang hari raya, sejak Ramadan, masyarakat Indonesia biasanya sudah mulai bergerilya untuk berbelanja. Tak cuma baju, kebutuhan rumah tangga dan bahan pangan juga cenderung meningkat.

Sayangnya sebagian pemilik kelontong mengeluhkan penjualan yang justru menurun saat Ramadan. Namun, hal ini bukan berarti kamu uga harus mengalami kondisi serupa. Beberapa tips belanja berikut bisa bantu kamu untuk justru menjemput lebih banyak rezeki menjelang Idul Fitri.

Belanja Hari Raya Idul Fitri
Image by prostooleh on Freepik

1. Riset Produk Populer Jauh-Jauh Hari

Sebetulnya sudah ada pola mengenai produk apa saja yang paling banyak diburu dan justru menurun penjualannya saat menjelang hari raya. Karena itu, kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat strategi usaha yang lebih optimal.

Bahan makanan adalah barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga pribadi, beberapa orang juga biasanya juga berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat Ramadan.

Adapun beberapa bahan makanan yang paling banyak diburu saat Ramadan antara lain:

  • Beras
  • Minyak goreng
  • Telur
  • Gula
  • Teh

2. Buat Catatan dan Prioritas Barang Belanjaan 

Setelah mengetahui jenis barang apa saja barang yang paling banyak dicari, kamu bisa mencari pula merek apa yang paling populer. Merek yang paling banyak dicari tidak selalu berarti merek yang paling mahal. Terlebih sejak pandemi, orang-orang menjadi lebih selektif memilih produk dengan harga lebih murah yang menawarkan kualitas sama atau tak jauh berbeda.

Baca Juga : 9 Daftar Pokok Sembako Lengkap Usaha Warung

Tak lupa, perhatikan pula barang apa saja yang penjualannya lebih sedikit, seperti rokok, beberapa jenis jajanan, dan sebagainya. Kalau sudah, kamu pun bisa membuat daftar apa saja produk yang harus diprioritaskan untuk dibeli dan mana yang ada di daftar tidak terlalu penting.

3. Cari Supplier Terbaik Seawal Mungkin 

Tips belanja yang satu ini jangan sampai terlewat. Tidak ada salahnya kamu mulai mencari supplier mana yang bisa memberikan produk dan layanan dengan harga terbaik untuk memenuhi kebutuhan usahamu. 

Sekarang makin banyak pilihan yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa membeli dari distributor, belanja di pasar atau toko besar (grosir), bahkan mengajukan toko sebagai agen resmi.

Jangan lupa, ketahui juga rekam jejak supplier tersebut. Selain produk dan harga, kamu perlu mempertimbangkan pula konsistensi mereka. Terutama di masa-masa sibuk seperti menjelang hari raya, kamu perlu memastikan apakah mereka dapat memasok kebutuhanmu sesuai dengan kesepakatan atau tidak.

4. Perhatikan Risiko Logistik

Satu lagi yang tak boleh terlewat adalah perimbangan logistik. Beberapa produk terutama seperti sembako memiliki kemasan yang cukup rentan. Kalau tak dikemas dan diantarkan dengan berhati-hati, risiko barang rusak di jalan akan merembet ke berbagai risiko tak mengenakkan lainnya.

Hal ini terutama jika kamu mendapat supplier yang proses pengirimannya menggunakan jasa logistik umum. Oleh sebab itu, pastikan kamu telah mengonfirmasi dan memiliki kesepakatan mengenai metode pengiriman barang.

Kebijakan soal retur juga perlu kamu konfirmasi sejak awal kesepakatan. Ada kalanya, barang yang dikirim memiliki kecacatan atau ketidaksesuaian meski kemasan luar produk terlihat baik-baik saja. Perjelas apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan serta proses retur yang berlaku.

Baca Juga : Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada

Nah, itulah beberapa tips belanja yang bisa kamu terapkan untuk membuat toko kelontong tetap—dan bahkan lebih—ramai saat menjelang hari raya. Asal cermat dalam melihat celah dan membuat strategi, usaha toko kelontong tak harus sepi pembeli di musim Idul Fitri.

Untuk membantu kelancaran usaha toko kelontongmu, Ottopay hadir dengan layanan belanja grosir online. Kini lewat aplikasi Ottopay, kamu bisa memilih berbagai produk dalam kuantitas besar dengan lebih mudah dan praktis.

Tak cuma itu, jika kamu menjadi mitra grosir UMKM Ottopay, produk belanjaanmu akan dikirim langsung oleh pihak Ottopay. Dengan begitu, kamu tak perlu ragu dengan kondisi barang sampai di tangan. Ssst… asyiknya lagi, belanja grosir di Ottopay gratis ongkir!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: