5 Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Perlu Memberikan Reward Kepada Pelanggan

9 Maret 2023
Reward kepada pelanggan

Membuka bisnis di market place tidak selalu berjalan mulus. Persaingan yang ketat bakal menuntutmu untuk melakukan berbagai terobosan yang mampu membuat pembeli puas dan mau kembali lagi. 

Sebagai pelaku usaha, ada banyak pendekatan yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat konsumen. Salah satunya adalah memberikan reward atau apresiasi. 

Selain mampu mendatangkan konsumen baru, reward juga menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. 

Perlu diingat, saat menjalankan bisnis kesetiaan pelanggan merupakan prioritas. Sebab, pelanggan lama lebih mungkin untuk mendatangkan keuntungan lebih besar dibanding pelanggan baru. 

Jadi, inilah 5 alasan mengapa pelaku usaha perlu memberikan reward bagi para pelanggannya.

1. Membuat Pelanggan Tetap Loyal 

Seperti penjelasan sebelumnya, pemberian apresiasi atau hadiah mampu menjaga kesetiaan pelanggan. Beberapa menyebut bahwa menjaga loyalitas pelanggan lama lebih penting daripada menjadi pasar baru. 

Bukan tanpa alasan, sebab konsumen yang loyal cenderung melakukan pembelian kembali. Sumber lain menyebutkan kalau pelaku usaha mampu meningkatkan retensi konsumen sebanyak 5%, maka mereka punya potensi untuk meningkatkan keuntungan sebanyak 25% sampai 95%. 

Di sisi lain pelanggan yang loyal juga bisa menjadi promotor bisnismu secara tidak langsung. Ini karena pelanggan setia tidak akan segan untuk mempromosikan produk atau layananmu ke orang lain. 

Apalagi beberapa orang lebih percaya dengan testimoni seseorang. Terlebih jika orang tersebut merupakan kenalan atau influencer

2. Mendorong Pelanggan Membeli Lebih Banyak 

Pada dasarnya semua bisnis memiliki tujuan yang sama, yaitu meraih untung sebesar-besarnya. Hanya saja proses yang harus dilakukan untuk mendapat keuntungan maksimal tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Dengan menawarkan reward, konsumen bisa saja melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Sebagai contoh, pelanggan akan mendapatkan sejumlah poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah khusus. 

Agar konsumen mau belanja secara terus menerus, sebagai pelaku usaha kamu bisa menerapkan masa kedaluwarsa. Aturan ini dapat memicu konsumen untuk terus belanja sampai poin miliknya cukup dan bisa ditukar dengan hadiah yang diinginkan. 

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan termasuk poin penting yang harus diperhitungkan saat kamu merintis sebuah usaha. Baik usaha di bidang jasa maupun barang. 

Meski meningkatkan kepuasan pelanggan termasuk kewajiban, tetapi masih banyak pelaku usaha yang belum tahu bagaimana caranya agar pelanggan merasa puas hingga mereka tetap loyal. 

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, kamu bisa memberikan reward atau penawaran khusus. Reward sendiri banyak macamnya, ada poin, voucher, diskon, cashback, atau stamp. Dengan adanya reward konsumen akan merasakan lebih puas, karena reward bisa membuat pembeli lebih hemat saat berbelanja. berbelanja

4. Mendatangkan Konsumen Baru 

Selain menjaga konsumen tetap loyal dan meningkatkan kapasitas beli konsumen, memberikan reward juga bisa menjadi salah satu upaya untuk mendatangkan pasar baru. Secara spesifik kamu bisa membuat program referral sebagai salah satu bentuk reward.   

Secara umum, referral merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Tujuannya yaitu mengajak konsumen untuk melakukan promosi atau mengajak orang lain agar mau membeli barang atau menggunakan layananmu.

Sebagai gantinya, konsumen yang berhasil mengajak orang lain untuk transaksi akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Dengan cara ini pengusaha punya peluang untuk menjaring konsumen baru, sedangkan pelanggan yang berhasil mengajak orang lain bisa menikmati hadiah sesuai penawaran.

5. Meningkatkan Reputasi Usaha

Jika kamu baru saja merintis sebuah bisnis, memberikan apresiasi bisa menjadi cara yang efektif untuk melakukan branding dan meningkatkan reputasi usaha. 

Branding merupakan poin penting dalam berbisnis karena hal tersebut akan membantu masyarakat untuk lebih mengenali produk milikmu. Ini sesuai pepatah yang menyebutkan bahwa Tak Kenal Maka Tak Sayang

Itulah 5 alasan mengapa penting memberikan reward kepada pelanggan. Dalam praktiknya pastikan reward yang diberikan dapat diklaim dengan mudah oleh pelanggan. Hal tersebut bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk milikmu. 

Kabar gembira untuk kamu pelanggan setia OttoPay. Kamu bisa mendapatkan reward berupa poin dari OttoPoint untuk setiap transaksimu. Poin yang kamu dapatkan bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik. 

Buat kamu yang belum instal aplikasi OttoPay, tunggu apalagi yuk instal sekarang dan mulai kumpulkan poinnya!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: