Cara Mengajukan Tambah Daya PLN, Mudah dan Cepat Kok

12 Maret 2023
Tambah Daya PLN

Kesal dengan listrik yang sering anjlok ketika semua alat elektronik nyala secara bersamaan? Bisa jadi, beban listrik di rumahmu sudah melampaui kapasitas daya sebenarnya. 

Ketika hal ini terjadi, solusi terbaik adalah mengajukan tambah daya listrik. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara mengajukan tambah daya PLN, simak ulasan selengkapnya di sini. 

Baca juga: Bayar Tagihan Air dari Aplikasi OttoPay

Tambah Daya PLN
Sumber : Envato

Apa Itu Pengajuan Tambah Daya Listrik?

Daya listrik merujuk pada besar kecilnya kekuatan atau suplai aliran tenaga listrik. Daya listrik dilambangkan dengan VA atau volt ampere

Meteran listrik yang kerap anjlok ketika beban listrik meningkat jadi salah satu tanda rumahmu perlu menambah daya. Tenang saja, proses pengajuan tambah daya listrik sekarang cukup mudah dan cepat. 

Namun tentunya, perlu dicatat bahwa besar penambahan daya dan biaya tambah daya PLN akan berbeda, sesuai pengajuan yang kamu lakukan. Artinya, pengajuan tambah daya listrik tidak gratis karena mencakup beberapa komponen biaya, antara lain biaya penyambungan dan penggantian MCB (Miniature Circuit Breaker). 

Kenapa Perlu Tambah Daya?

Keberadaan biaya tambah daya PLN kerap bikin ragu para pelanggan. Apalagi, nominalnya boleh jadi tidak sesuai dengan pos pengeluaran bulanan. 

Namun, ini kembali pada kebutuhanmu di rumah. Jika kamu merasa aktivitasmu terganggu karena listrik yang byar pet, tambah daya jadi satu-satunya solusi. Terlebih lagi, jika yang tinggal di rumah bukan cuma keluarga inti, ada kebutuhan untuk online terus menerus, atau sedang menjalankan bisnis rumahan.

Pendek kata, daya listrik di rumah seharusnya bisa menunjang aktivitasmu, bukan malah menurunkan produktivitas akibat beban listrik melebihi kapasitas dayanya. Perhatikan juga luas hunian, jumlah ruangan, dan jumlah anggota keluarga karena ketiga hal tersebut mempengaruhi besar daya listrik yang dibutuhkan. 

Prosedur Tambah Daya Listrik di Rumah

Alih-alih melakukan pengajuan tambah daya PLN secara konvensional, sekarang kamu bisa mengakses layanan penambahan daya dengan aplikasi PLN Mobile. Saat ini PLN tengah melakukan migrasi secara bertahap proses pengajuan tambah daya listrik dari situs web ke aplikasi. 

Cara mengajukan tambah daya PLN pun jadi lebih mudah dan cepat berkat penggunaan aplikasi, seperti dijelaskan berikut ini. 

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel. 
  2. Klik menu “Perubahan Daya” pada halaman utama sampai muncul halaman tahapan perubahan daya. Lalu, klik “Mulai”.
  3. Masukkan ID Pelanggan yang sudah kamu daftarkan di PLN Mobile atau ketik ID Pelanggan atau nomor meter lain, dan klik “Lanjutkan”.
  4. Masukkan koordinat lokasi rumah sesuai dan ketuk “Ya”.
  5. Kemudian, lengkapi data lokasi sesuai kondisi di lapangan dan pilih tombol “Lanjutkan”.
  6. Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta menentukan daya baru yang diperlukan, jenis koneksi apakah prabayar atau pascabayar, serta tujuan penggunaan listrik. Klik “Lanjutkan”.
  7. Lalu, tentukan jenis permohonan, apakah kamu mengajukan perubahan daya atas nama diri sendiri atau orang lain. Jika pengajuan atas nama orang lain, lanjutkan dengan mengisi kolom “Data Pelanggan” serta “Data Pemohon”.
  8. Setelah data terisi lengkap, Ringkasan Data Permohonan akan muncul. Di halaman ini juga kamu bisa mengetikkan kode voucher promo jika sedang ada program promosi yang berlaku. Kemudian klik “Kirim Permohonan”.
  9. Tampilan “Syarat dan Ketentuan” akan muncul. Silakan baca dengan cermat dan klik “Setuju” sebagai tanda menyetujui ketentuan yang berlaku. 
  10. Selanjutnya, kamu akan melihat halaman pemberitahuan bahwa permohonan berhasil diajukan. Klik “OK” dan “Detail Permohonan” akan ditampilkan serta berlanjut ke proses pembayaran. 
  11. Pada halaman pembayaran kamu dapat memilih metode pembayaran mana yang mau digunakan. Beberapa opsi pembayaran yang tersedia antara lain dompet digital dan transfer bank ke virtual account. Lalu, klik “Bayar” untuk menyelesaikan proses tambah daya. 
  12. Aplikasi akan memunculkan notifikasi jika pembayaran sudah berhasil dilakukan. Dalam waktu dua hari kerja, petugas PLN akan mengontak kamu guna mengatur jadwal penambahan daya di rumah. 

Baca juga: Cara Mengecek Tagihan dan Status BPJS

Lantas, apa saja yang dilakukan petugas PLN untuk memproses penambahan daya di rumah? 

  1. Membuka meteran listrik, mengganti MCB lama, dan melakukan penyegelan pada MCB baru. 
  2. Melakukan aktivasi MCB dengan menginput token 16 digit sejumlah dua kali. 
  3. Menginput token prabayar yang sudah kamu beli lewat aplikasi PLN Mobile. Dalam hitungan kurang dari 15 menit, proses tambah daya melalui aplikasi selesai dilakukan. 

Ternyata cara mengajukan tambah daya PLN bisa dilakukan mudah dan cepat lewat aplikasi PLN Mobile. Tentu cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga bukan? 

Nah, jika kamu mau menikmati keuntungan lain saat beli token listrik, bergabung jadi mitra OttoPay saja. Selain beli token listrik lebih mudah dan banyak cashback, kamu juga bisa membuka layanan isi ulang pulsa dan token listrik untuk keluarga, tetangga, dan teman. Lumayan kan buat nambah cuan? 

Yuk, download OttoPay sekarang, gratis!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: