Canggih! Warung Juga Bisa Pakai QRIS, Ini Kelebihannya

16 Maret 2023
QRIS untuk UMKM

Menggunakan QRIS saat bertransaksi terbukti lebih mudah. Banyak pelaku usaha sudah memasang QRIS demi kepraktisan pembeli dalam menyelesaikan pembayaran. 

Lalu, apa itu QRIS? Mengutip laman Bank Indonesia, QRIS adalah kode QR standar yang diatur dan dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dan Bank Indonesia guna memfasilitasi pembayaran nontunai di Indonesia. 

Pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2019, Quick Response Code Indonesian Standard kini telah menjadi standar pembayaran digital dengan aplikasi dompet digital, uang elektronik server based, dan mobile banking. Semua jenis usaha bisa menerapkan QRIS, termasuk warung di sekitar rumah kamu.

Jika QRIS mempermudah pembeli melakukan transaksi belanja, bagaimana fungsi QRIS bisa membantu pengembangan bisnis rumahan seperti warung? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan mengetahui deretan kelebihan QRIS untuk warung berikut ini.

Tidak Repot Menyiapkan Uang Kembalian

QRIS merupakan bentuk pembayaran nontunai yang praktis. Pembeli cukup memindai QR code yang tersedia di warung untuk menyelesaikan transaksi. Dalam hitungan menit, pembayaran selesai. 

Sementara, pemilik warung tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian atau menukar uang receh. Cukup simpan bukti pembayaran dari pelanggan saja, yang kemungkinan juga sudah tersimpan dalam sistem secara otomatis. 

Data Transaksi Tersimpan Otomatis

QRIS menciptakan sistem yang mampu menyimpan semua data transaksi setiap kali selesai diproses. Itu sebabnya kehadiran QRIS mempermudah pemilik warung mencatat keuangan usaha

Dengan data transaksi lengkap dan bisa diakses real-time, pengelolaan keuangan warung bisa dilakukan secara efisien. Jadi, pemilik warung bisa memantau, menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil strategi keuangan seperti apa yang tepat untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan ini.

Proses Transaksi Lebih Cepat

Saat warung ramai pembeli, kerap terjadi kebingungan pemilik warung melayani pembeli. Apalagi, kalau uang yang dibayarkan pembeli bukan uang pas. Mencari-cari uang kembalian pasti butuh waktu lama.

Lain jika seluruh pembayaran di warung memakai QRIS. Metode cashless memungkinkan pembayaran berlangsung cepat dan mudah asal terhubung internet. Pembeli tinggal memindai QRIS dengan aplikasi pembayaran pilihannya, masukkan jumlah yang harus dibayar, dan pembayaran pun selesai. Ringkas!

Fungsi QRIS Menjamin Transaksi Lebih Aman

Perlu diketahui, QRIS mengadopsi prinsip transfer saldo dari satu rekening ke rekening lain. Usai memasukkan nominal pembayaran pun, pemilik akun harus mengetikkan PIN atau kode lainnya sebagai bentuk otorisasi pembayaran. 

Begitu ada transaksi yang asing atau tidak wajar, pemilik bisa langsung melaporkan kepada penyedia layanan. Dari mana buktinya? Cukup lihat riwayat transaksi saja karena semua terekam dan tercatat oleh sistem. Jadi, memakai QRIS sebagai metode pembayaran di warung menjamin keamanan transaksi jual beli.

Riwayat Transaksi Tercatat Rapi

Menggunakan QRIS berarti tidak ada alasan lagi untuk merapikan catatan keuangan warung. Pasalnya, semua transaksi sudah tercatat dan tersimpan otomatis dalam sistem. Pemilik warung pun mengantongi data lengkap transaksi serta memantau dan mengaksesnya secara real-time. 

Dengan pengelolaan keuangan warung yang lebih efisien, pemilik pun punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan usahanya. Mulai dari menambah stok barang sampai memperluas area warung.

Mencegah Terjadinya Peredaran Uang Palsu

Satu lagi kelebihan QRIS adalah mencegah peredaran uang palsu. Ya, bukan rahasia lagi bahwa ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang memakai uang palsu untuk berbelanja di warung-warung kecil. Minimnya pengetahuan dan keterbatasan alat membuat pelaku usaha kecil rentan terkena kasus penipuan ini. 

Namun, risiko tersebut bisa diminimalkan jika warung sudah menerapkan metode pembayaran QRIS. Tidak ada celah bagi pengedar uang palsu untuk mengambil kesempatan karena semua transaksi tidak lagi menggunakan uang sebagai alat pembayaran. Cukup scan QR code, transaksi selesai dengan aman. 

Setelah membaca ulasan di atas, pemilik warung harus memahami apa itu QRIS dan fungsi QRIS. Ini penting demi pengembangan usaha, sekaligus menjaga keamanan bertransaksi. 

Salah satu cara termudah untuk mendaftar QRIS adalah melalui OttoPay. Dengan fitur QRIS OttoPay, kamu dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran digital, baik mobile banking maupun e-wallet. Dijamin mudah dan gratis, yuk, kembangkan usaha kamu dengan daftar QRIS OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: