3 Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menjanjikan, Bisa Dapat Cuan!

16 Maret 2023
Usaha kecil-kecilan

Memulai usaha kecil-kecilan di rumah bisa jadi alternatif untuk mencari keuntungan. Bahkan, beberapa jenis usaha dapat kamu lakukan walau dengan modal terbatas. 

Apa saja jenis usaha rumahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk segera memulainya?

Usaha Kecil-kecilan Bisnis Kuliner

usaha kecil-kecilan
Sumber : Envato

Jika kamu punya hobi masak atau hobi makan, usaha kuliner tentu menjadi ladang cuan menjanjikan. Apalagi, semua orang butuh makan dan minum. Tinggal bagaimana kamu cermat memilih segmen pasarnya saja. 

Ada beberapa jenis usaha kuliner yang cocok sebagai usaha rumahan, antara lain:

Katering harian

Salah satu bisnis rumahan yang cukup mudah dimulai adalah usaha katering harian. Awali dari sistem open pre order sehingga kamu hanya memasak sesuai jumlah pesanan. 

Coba bidik segmen konsumen yang belum banyak pesaing di daerahmu. Misalnya, katering harian anak sekolah, menu vegetarian, menu MPASI bayi, atau menu diet rendah kalori.

Jual sarapan

Banyak orang tidak sempat memasak untuk sarapan sehingga membeli makanan siap santap jadi opsi. Kamu bisa menjual sarapan di teras rumah dengan menu populer. 

Contoh, nasi kuning Banjar, nasi uduk Betawi, lontong sayur, nasi pecel, atau bubur ayam. Hanya menjual satu atau dua menu pun tidak masalah. Hal terpenting dari usaha rumahan ini adalah menjaga kualitas rasa dan kebersihan agar pelanggan terus datang kembali.

Terima pesanan kue

Pada waktu-waktu tertentu, permintaan kue kering, cake, puding, atau jajan pasar meningkat. Terlebih lagi saat menjelang Lebaran, Natal, atau Imlek. 

Kamu bisa buka pesanan kue maupun membuat hampers cantik berisi kue produksi sendiri. Dengan sistem made by order, kamu tidak membutuhkan modal besar. Namun, kamu tetap bisa menjangkau pasar cukup luas dengan mempromosikan bisnis rumahan ini sekitar satu atau dua bulan mendekati hari raya.

Bisnis Rumahan dengan Buka Toko Online

usaha kecil-kecilan
Sumber : Envato

Berkat marketplace, siapa saja bisa membuka toko online. Kamu dapat menjual apa saja di toko online. Sebut saja, pakaian, peralatan rumah tangga, mainan, buku, peralatan pendukung hobi, sampai berbagai kebutuhan anak.

Setelah kamu menentukan siapa target pasar dan produk apa yang hendak dijual, baru putuskan dari mana kamu mendapatkan produk tersebut. Memproduksi sendiri jelas membutuhkan  modal besar. Untuk usaha kecil-kecilan, ada dua opsi tepat, yaitu:

Sistem dropship

Bisnis rumahan ini cukup mudah dilakukan pebisnis pemula. Tugasmu hanya sebagai perantara yang menjual produk dari produsen kepada pembeli. Kamu tidak perlu menyetok maupun mengemas barang karena itu menjadi tugas produsen. Setelah pesanan masuk, kamu cukup meneruskan pesanan kepada produsen dan mereka yang akan mengemas dan mengirim langsung ke pembeli. 

Sistem reseller

Menjadi reseller berarti kamu harus membeli produk dari produsen atau distributor dalam jumlah tertentu. Artinya, kamu akan memiliki stok barang di rumah yang harus dikelola dan dijual pada pembeli. Kamu juga harus mengemas sendiri dan mengirimkan barang kepada pembeli.

Usaha Rumahan dengan Buka Toko Kelontong

usaha kecil-kecilan
Sumber : Ottopay

Usaha kecil-kecilan ketiga yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan membuka toko kelontong. Kamu bisa memilih barang kebutuhan pokok yang banyak dicari, seperti beras, telur, minyak goreng, gula pasir, camilan, dan produk pembersih rumah. 

Boleh juga tambahkan layanan beli pulsa, token listrik, voucher game, bayar telepon dan internet, cicilan, atau pembayaran online lainnya. Menjual produk digital bisa menjadi ladang cuan potensial bagi bisnis rumahan mengingat kebutuhan masyarakat akan produk digital juga meningkat.

Apalagi, tidak semua orang bisa menjangkau produk digital dengan mudah. Inilah peluang yang harus kamu manfaatkan. Bagian terbaiknya, kamu bisa mengintegrasikan pembayaran non tunai di toko kelontong dengan penjualan produk digital dalam satu aplikasi. Dijamin pelanggan pun senang karena bisa menikmati pengalaman berbelanja praktis dan canggih.

Demikian tiga jenis usaha kecil-kecilan di rumah yang menjanjikan. Jangan lupa kelola keuangan usaha rumahan kamu dengan cermat agar jelas berapa cuan yang didapat. 

Maka, gunakan OttoPay sebagai solusi bisnis rumahan kamu, mulai dari pembayaran non tunai, penyediaan produk digital, hingga pesan barang grosir. Semua data transaksi akan tercatat rapi dalam aplikasi dan laporan penjualan pun lebih akurat.

Yuk, download OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: