Negara yang Sudah Bisa Menerima Pembayaran QRIS dan Rencana di Tahun 2023

9 Maret 2023
QRIS Mancanegara Internasional

Masyarakat Indonesia sekarang sudah lebih mudah ketika ingin berbelanja atau bertransaksi di beberapa negara kawasan ASEAN. Kemudahan ini berkat keputusan Bank Indonesia dan Presiden RI Joko Widodo untuk merilis secara resmi QRIS antarnegara. Adapun kepanjangan QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard.

Indonesia sendiri berencana untuk menghubungkan sistem QRIS ke negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Diharapkan, penggunaan QRIS akan makin memudahkan para pelaku bisnis di bidang pariwisata dan UMKM saat bertransaksi antarnegara. 

Transaksi dengan QRIS saat Belanja Antarnegara

QRIS
Sumber : Envato

Lalu, negara mana saja yang sudah bisa melangsungkan transaksi dengan menggunakan QRIS? 

1. Thailand

QRIS antarnegara pertama adalah Indonesia dengan Thailand yang resmi beroperasi pada bulan Agustus lalu antara Bank Indonesia dengan Bank of Thailand. Melalui kerja sama ini, warga negara Indonesia dan Thailand bisa memanfaatkan aplikasi transaksi yang ada pada smartphone. Caranya dengan melakukan pemindaian QRIS dan Thai QR Codes ketika bertransaksi. 

Selain itu, baik Bank Indonesia maupun Bank of Thailand sepakat untuk menjalin kerja sama antarnegara dalam pengiriman atau transfer uang dengan fast payment. Nantinya, pedagang dan konsumen di setiap negara bisa menerima dan melakukan pembayaran baik produk maupun jasa lewat kode QR yang pastinya efisien, aman, dan praktis. 

2. Malaysia

QRIS antarnegara juga bisa dipakai antara Indonesia dan Malaysia melalui Bank Indonesia dan Bank Sentral Malaysia. Kerja sama ini telah masuk dalam fase uji coba sejak bulan Januari lalu. Melalui kerja sama ini, baik masyarakat Malaysia maupun Indonesia bisa bertransaksi dengan memakai kode QR pembayaran untuk Malaysia, dalam hal ini DuitNow dan QRIS baik untuk gerai online maupun offline

Negara yang Masih dalam Tahap Perkembangan Transaksi QRIS

Sementara itu, QRIS antarnegara untuk kemudahan transaksi atau pembayaran yang masih berada dalam tahap perencanaan, yaitu

3. Singapura

Layanan QRIS di negara Singapura masih dalam proses akhir atau final. Bank Indonesia bekerja sama dengan Monetary Authority of Singapore (MAS) menargetkan kerja sama transaksi lintas negara ini bisa resmi dipakai oleh masyarakat Indonesia dan Singapura di paruh kedua tahun 2023.

Inisiasi kerja sama QR code ini dilaksanakan dari perwakilan gabungan industri setiap negara yang ada di bawah payung bersama MAS dan BI. Ini termasuk NETS, RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), juga Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

4. Filipina

Terakhir adalah Filipina melalui kerja sama antara Bangko Sentral ng Pilipinas yang merupakan Bank Sentral Filipina dan Bank Indonesia. Bentuk kerja sama ini masih didiskusikan antar dua negara. Ini tentunya selaras dengan kesepakatan dan komitmen untuk mengintegrasikan sistem transaksi dengan memakai kode QR di negara ASEAN.

Cara Mudah Membuat QRIS

Bagi pebisnis, metode transaksi dengan QRIS sudah pasti lebih efisien dibandingkan pembayaran tunai, bahkan lebih praktis lagi kalau ditunjang dengan berbagai macam layanan pembayaran non tunai dari OttoPay untuk menunjang bisnis kamu. Transaksi tentunya lebih aman dan nyaman karena pelanggan hanya tinggal scan kode untuk membayar. Ajukan layanan pembayaran non tunai OttoPay untuk bisnismu sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: