7 Cara Mudah Jualan Grosir Online, Pasti Untung

9 Maret 2023
Jual Grosir Online

Kalau bicara tentang grosir, rasanya bisa membuat kamu tidak sadar sudah belanja banyak, ya? Sebab, harga barang yang dijual secara grosir memang cenderung lebih murah. Nah, menariknya lagi, sekarang jualan grosir bisa dilakukan secara daring alias online, lho! Sebelum tahu bagaimana cara jualan grosir secara daring, tahukah kamu mengapa bisnis grosir itu sangat tinggi peminatnya? 

Mengapa Pilih Bisnis Grosir?

Bisnis grosir, yang dikenal pula dengan sebutan wholesaler merupakan aktivitas bisnis dengan melakukan pembelian produk barang dalam jumlah besar dengan menggunakan biaya alias modal sendiri. Lalu, barang yang sudah kamu beli tadi kamu kemas lagi, kamu beri harga sendiri, dan jual ke orang lain. 

Sementara itu, grosir jualan online umumnya dapat berkaitan dengan kantor, industri atau pengusaha. Punya toko grosir online sebenarnya menawarkan beberapa keuntungan, lho, misalnya: 

  • Lebih cepat dan efisien dalam promosi. Kamu hanya perlu memanfaatkan teknologi untuk promosi produk. Pelanggan juga lebih mudah dalam berbelanja, terlebih kalau kamu punya aplikasi jualan grosir seperti OttoPay.
  • Lebih Leluasa. Tidak sama dengan distributor, jualan grosir online berarti kamu bebas menentukan harga dan target konsumen yang sesuai dengan bisnis grosir yang kamu jalankan.
  • Profit lebih besar. Sebab, kamu menjual barang dalam jumlah besar langsung pada target pasar. 

Cara Jualan Grosir Online

cara jualan grosir

Jualan grosir secara online bisa memberikan kamu profit besar. Asalkan kamu tahu bagaimana cara tepat melakukannya. Yuk, ikuti tipsnya berikut ini!

1. Tentukan Target Pasar

Bisnis secara daring, tidak terkecuali grosir tetap perlu memahami dengan baik apa yang menjadi kebutuhan pasar, dalam hal ini konsumen. Jadi, kamu dapat menawarkan barang yang pas sesuai harapan pelanggan. Artinya, tentukan target pasar dan pelajari dengan baik apa yang mereka butuhkan. Caranya bisa dengan melakukan survei atau mencari informasi melalui internet. 

2. Pelajari Kompetitor

Cara jualan grosir secara online selanjutnya adalah pelajari pesaing. Cari tahu apa yang menjadi kelemahan kompetitor dan buat itu jadi keunggulan bisnis kamu. Selain itu, pelajari pula bagaimana strategi yang dipakai oleh pesaing dalam promosi produk mereka ke pelanggan. 

3. Aktif di Media Sosial

Grosir jualan online akan sulit mendapatkan perhatian pelanggan kalau kamu tidak aktif promosi di media sosial. Terlebih, pengguna internet lebih banyak menghabiskan waktu mengakses sosial media ketimbang membuka website yang bisa jadi lebih lama memberikan respons. Jadi, manfaatkan sosial media yang kamu punya untuk mempromosikan produk jualanmu. 

4. Berikan Promo

Selain itu, tawarkan promo menarik pada calon konsumen, misalnya potongan harga atau cashback untuk pembelian dengan jumlah harga tertentu. Promo juga bisa kamu tawarkan dengan beli 1 gratis 1 atau mendapatkan gratis ongkir untuk pengiriman dengan jarak tertentu. 

5. Pilih Supplier Tepercaya

Jualan grosir online juga tidak lepas dari supplier atau kurir. Pastikan kamu sudah bekerja sama dengan pemasok yang tepercaya dalam menyediakan stok barang dagangan yang berkualitas. Sedangkan kurir, pastikan kamu menjalin relasi dengan kurir yang amanah dalam mengantar barang sampai ke konsumen.

6. Berikan Produk Berkualitas

Selalu berikan barang berkualitas pada pelanggan. Jadi, sebelum dikirim, kamu bisa melakukan pengecekan atau sortir barang terlebih dahulu. Apakah barang tersebut memang berkualitas terbaik dan layak untuk dijual pada konsumen. Dengan begitu, konsumen akan loyal dan terus berbelanja di toko grosir milikmu.

7. Buat Strategi Harga

Terakhir, buat strategi harga. Misalnya, kamu menyurvei harga pasar dan menetapkan harga jual sendiri. Bisa juga dengan menggunakan strategi harga beli makin banyak, harga makin murah untuk menarik minat pembeli untuk belanja produk semakin besar lagi di toko grosirmu. Menarik sekali, ya? 

Itu tadi cara jualan grosir online yang bisa kamu coba lakukan untuk bisa dapat profit menjanjikan. Lebih mudah lagi kalau kamu punya aplikasi jualan grosir seperti OttoPay. Kalau kamu memiliki layanan pengiriman bisa jadi nilai lebih lagi untuk bisnismu. 

Jadi, pelanggan bisa lebih praktis beli barang grosir di tokomu lewat aplikasi dan langsung dikirim ke lokasi mereka. Bahkan, kamu juga bisa jadi mitra grosir seller dengan jangkauan luas, lho! Yuk, download OttoPay segera!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: