5 Kendala saat Transaksi dengan QRIS, Bagaimana Solusinya?

9 Maret 2023
Kendala QRIS

Teknologi yang berkembang dengan begitu pesat membawa perubahan besar pada berbagai aspek kehidupan. Sekarang, semua hal terasa jauh lebih mudah dilakukan, termasuk dalam bertransaksi. Tidak lagi harus secara tunai, kamu juga bisa bertransaksi secara nontunai, salah satunya dengan pembayaran QRIS. 

Terhitung sejak 1 Januari 2020 lalu, Bank Indonesia sudah menggunakan Quick Response atau QR sebagai salah satu cara bertransaksi secara digital. Pembayaran bisa dilakukan dari berbagai aplikasi uang elektronik berbasis server, mobile banking, atau dompet elektronik. Selanjutnya, kode QR ini dinamai dengan QRIS yang merupakan bentuk singkat dari Quick Response Indonesia standard.

Apa Itu QRIS?

Jadi, QRIS adalah suatu teknologi yang dijadikan sebagai acuan pembayaran elektronik nontunai yang bisa dipakai di seluruh penjuru negeri. QRIS bisa dibilang sangat praktis karena sifatnya yang universal, di mana satu kode QR bisa Anda pakai untuk melakukan pembayaran melalui Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau PJSP apa saja. 

Kendala saat Bertransaksi dengan QRIS

Meski membuat transaksi menjadi jauh lebih mudah, nyatanya pembayaran QRIS masih menemui beberapa kendala. Berikut kendala QRIS yang masih menjadi isu untuk diperhatikan:

  • Kurangnya tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terkait keuangan digital. Ini terutama dijumpai pada masyarakat di kota dan daerah kecil.
  • Koneksi internet yang belum tersebar secara merata di seluruh wilayah di Indonesia.
  • Tidak semua lapisan masyarakat di Indonesia memiliki ponsel modern. Sebagian hanya memiliki ponsel yang dapat digunakan untuk kepentingan komunikasi semata.
  • Pembebanan biaya sebesar 0,7 persen dari total nilai pembayaran yang dilakukan melalui QRIS. Ini menjadi hambatan paling utama untuk para pelaku bisnis, terutama UMKM dengan profit yang tidak terlalu besar. 
  • Kurangnya sosialisasi pada masyarakat, terlebih pelaku bisnis UMKM di wilayah kecil.

Bagaimana Solusinya?

QRIS
Sumber : Envato

Tentunya, dibutuhkan solusi dan strategi yang tepat untuk mengatasi semua kendala QRIS yang dialami. Ini supaya penerapan pembayaran QRIS bisa lebih optimal. Adapun kebijakan yang diambil yaitu: 

  • Memberikan edukasi terkait penggunaan uang digital di semua masyarakat, terutama pelaku bisnis UMKM. 
  • Mengembangkan jaringan dan koneksi internet ke semua daerah di Indonesia, terlebih ke wilayah terpencil dan pelosok di Indonesia.
  • Meninjau ulang besarnya biaya transaksi yang dibebankan pada pelaku bisnis, khususnya pelaku UMKM. Sebab, beberapa pebisnis UMKM merasa biaya tersebut masih memberatkan. 
  • Sosialisasi pada masyarakat umum dan pelaku usaha kecil dan menengah terkait penggunaan pembayaran QRIS untuk bertransaksi. 

Berbagai Manfaat Menggunakan QRIS untuk Transaksi Digital:

QRIS
Sumber : Envato

Di balik semua kendala QRIS yang masih terus berusaha diselesaikan, sebenarnya pembayaran QRIS untuk belanja punya banyak manfaat, lho, di antaranya: 

1. Transaksi yang Lebih Mudah

Menggunakan QRIS sebagai pembayaran ketika bertransaksi membuat kamu tidak perlu lagi memikirkan ada atau tidaknya uang kembalian, ceceran uang receh, uang tidak cukup, atau berbagai kendala lain yang kamu alami saat memakai uang fisik untuk membayar. 

Sebab, kamu hanya membutuhkan ponsel dan berbagai aplikasi Penyedia Jasa Sistem Pembayaran. Ada banyak sekali kok aplikasi PJSP yang bisa kamu pakai untuk bertransaksi. Salah satunya adalah OttoPay. 

2. Bisa Dipakai Siapa Saja

Selanjutnya, pembayaran QRIS bisa dipakai oleh semua masyarakat Indonesia. Tak hanya untuk kemudahan transaksi di merchant di sentra belanja populer, QRIS juga bisa kamu pakai untuk bertransaksi secara daring di toko kelontong hingga penjual makanan dengan gerobak. Tujuannya hanya satu, memudahkan transaksi antara pembeli dan penjual. 

3. Proses Transaksi Lebih Cepat

Tak hanya memudahkan, transaksi dengan QRIS juga lebih praktis dan cepat. Kamu tidak lagi perlu menyiapkan uang fisik. Cukup datang ke gerai, siapkan ponsel, dan lakukan scan kode yang ada di gerai. Proses transaksi pun sudah selesai dan kamu bisa membawa pulang barang yang kamu beli.

4. Sistem Pembayaran yang Lebih Efisien

Pembayaran QRIS menawarkan efisiensi. Sebab, kamu hanya menggunakan satu kode QR untuk berbagai aplikasi. Lalu, uang akan segera masuk ke rekening penjual atau pemilik merchant. Selain itu, pembayaran juga tidak bisa diakali oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Tertarik menggunakan layanan QRIS? OttoPay menyediakan pendaftaran QRIS yang mudah dan cepat. Yuk daftarkan bisnismu sekarang dan gunakan layanan pembayaran QRIS yang lebih cepat dan aman.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: