5 Contoh Loyalty Program untuk Marketing Bisnis

17 Mei 2023
Loyalty Program

Seperti namanya, loyalty program atau program loyalitas adalah penawaran yang diberikan oleh sebuah brand atau bisnis kepada pelanggannya. Bisa berupa hadiah, insentif dan diskon menarik. Cara ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan mendorong pembelian berulang.

Mengapa loyalty program penting dalam strategi marketing? Apa saja contoh loyalty program yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu? Simak penjelasannya berikut ini!

Loyalty Program
Sumber : Envato

Loyalty Program Sebagai Strategi Marketing

Keterlibatan pelanggan kepada bisnismu tergantung dari banyak faktor. Mulai dari kualitas produk, harga, layanan pelanggan dan tentu saja loyalty program. Semuanya berperan penting dalam mendorong pelanggan untuk kembali dan berkomitmen pada merekmu.

Program loyalitas pelanggan sangat penting dalam strategi marketing. Ini bisa membantu perusahaan mengurangi biaya penjualan, menyusun profil pelanggan sesuai dengan penawaran yang ditargetkan dan tetap terhubung dengan audiens bisnismu. 

Program-program ini di sisi lain juga menguntungkan bagi pelanggan. Mereka bisa menerima kredit eksklusif untuk pembelian berikutnya, mendapatkan promosi eksklusif, diskon, akses awal ke produk baru dan rekomendasi khusus berdasarkan kebiasaan pembelian mereka.

5 Contoh Loyalty Program

Ada beberapa contoh loyalty program yang sudah diterapkan di berbagai bisnis dan berbagai sektor industri di dunia. Apa saja?

Diskon Pelanggan Baru

Jika bisnismu adalah notabene bisnis baru, diskon pelanggan baru bisa menjadi strategi yang ampuh untuk mengakuisisi konsumen baru. Awalnya mereka mungkin hanya merasa tertarik membeli karena diskon yang kamu berikan. Tapi jika kamu berhasil membuat mereka puas dan yakin dengan produk atau layananmu, maka bukan tidak mungkin mereka akan kembali kepadamu.

Voucher Gratis Ongkos Kirim

Strategi loyalty program berikutnya adalah memberikan voucher gratis ongkos kirim. Program ini sangat cocok bagi kamu yang membuka toko online atau melakukan penjualan lewat e-commerce. Program ini banyak diterapkan di berbagai marketplace di tanah air dan ini terbukti berhasil membantu mereka mengakuisisi pengguna baru.

Bonus Undang Teman

Mengundang teman dalam istilah marketing bisnis disebut juga dengan referral marketing. Referral marketing secara alami bisa terjadi ketika seorang pelanggan merasa puas dengan layanan atau produkmu dan memilih untuk merekomendasikannya pada orang lain di sekitar mereka. Proses untuk sampai ke tahap ini tentu tidak sebentar.

Namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menstimulasi agar konsumen mau melakukannya untuk kamu yakni dengan memberikan bonus pada mereka yang berhasil mengundang teman. Misalnya saja mereka akan dapat voucher diskon 20% jika berhasil membawa teman berbelanja ke tokomu. 

Baca Juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Cara ini banyak digunakah oleh pengembang aplikasi dengan memberikan kode referral kepada para penggunanya. Semakin banyak pengguna baru yang memakai kode referral tersebut, semakin banyak bonus yang bisa diperoleh oleh si pemilik kode.

Reward Customer Loyal

Reward customer loyal sering dilakukan oleh banyak merek dengan cara memberikan poin untuk masing-masing transaksi. Poin atau stempel ini akan didapatkan ketika pelanggan berbelanja dalam jumlah tertentu. Setelah jumlah poin tertentu dikumpulkan, mereka bisa menukarkannya dengan produk atau layananmu yang lain. Bisa juga dengan menawarkan diskon khusus untuk poin tertentu yang berhasil mereka raih.

Bonus Pembelian dalam Jumlah Banyak

Bonus pembelian dalam jumlah banyak juga bisa diberikan sebagai salah satu bentuk loyalty program. Untuk pembelian dengan nilai tertentu, kamu bisa memberikan potongan harga sebesar sekian persen. Bisa juga dengan memberikan hadiah berupa produk atau layanan jika konsumen sudah mencapai batas pembelian yang kamu inginkan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Minim Modal, Bisa Dijalankan Oleh Siapa Saja!

Loyalty program hanyalah salah satu dari sekian banyak strategi marketing yang ada. Tapi jika dilakukan dengan tepat, ini bisa meningkatkan brand recognition, penjualan serta value perusahaan itu sendiri.

Untuk kamu yang ingin menjadi mitra OttoPay, loyalty program bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur OttoPoint. Setiap transaksi akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai reward menarik. Yuk gabung jadi Mitra Bisnis OttoPay dan gunakan fitur OttoPoint untuk bisnismu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: