Stempel Fisik Sudah Ketinggalan Zaman, Yuk Beralih ke Sistem Digital!

17 Mei 2023
Stempel Digital - Loyalty

Dalam menjalankan bisnis, memberikan produk dan layanan terbaik saja tidak cukup. Kamu juga perlu memberikan apresiasi yang cukup kepada pelanggan setiamu agar mereka mau membeli atau kembali menggunakan produkmu. Apresiasi semacam ini dalam dunia marketing dikenal sebagai loyalty program atau program loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat program loyalitas bagi pelanggan. Salah satunya adalah sistem stempel. Simak penjelasan lengkap mengenai penggunaan stempel fisik dan stempel digital sebagai bagian dari program loyalitas berikut ini!

Sumber gambar: Freepik

Mengenal Sistem Stempel untuk Program Loyalitas Pelanggan

Secara umum, loyalty program adalah program yang dilakukan oleh sebuah bisnis dengan menawarkan diskon, rewards dan insentif lainnya kepada pelanggan. Tujuannya adalah agar pelanggan tersebut melakukan pembelian berulang. Salah satu cara yang sudah banyak diterapkan oleh pemilik bisnis adalah dengan sistem stempel fisik.

Bisnis yang menggunakan stempel fisik sebagai bagian dari loyalty program mereka biasanya akan memberikan selembar kartu kepada konsumen mereka pada pembelian pertama. Kartu tersebut akan distempel setiap kali konsumen tersebut melakukan pembelian ulang. Jika jumlah stempel sudah mencukupi, maka konsumen bisa menukarnya dengan berbagai penawaran.

Baca Juga: 5 Cara Jualan Voucher Game Online agar Cepat Laku

Jenis penawarannya pun bisa bervariasi. Ada yang memberikan promo diskon 20% dengan menukar 5 stempel. Ada juga yang langsung memberikan 1 produk secara gratis begitu konsumen berhasil mengumpulkan 10 stempel. Cara ini terbilang ampuh karena mampu mendorong pembelian berulang sebab konsumen merasa tergiur dengan rewards yang akan mereka terima.

Manfaat Sistem Stempel untuk Bisnis

Seperti loyalty program lainya, menerapkan sistem stempel untuk bisnis bisa memberikan sejumlah keuntungan antara lain:

  • Meningkatkan retensi pelanggan. Saat ini, pembeli tidak hanya membeli karena produk kamu bagus atau harganya murah, melainkan karena pengalaman berbelanja secara keseluruhan
  • Meningkatkan referensi pelanggan. Ketika konsumen merasakan keuntungan dari loyalty program yang kamu berikan, mereka tidak akan ragu mereferensikan merekmu pada orang-orang terdekat mereka. Artinya, semakin besar kesempatanmu untuk menjangkau lebih banyak konsumen
  • Mengefisienkan biaya. Seperti yang kita ketahui, mencari pelanggan baru membutuhkan biaya 5 kali lebih mahal dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan lama. Karena itu, loyalty program lewat stempel sudah pasti akan mengefisienkan biaya akuisisi pelanggan yang harus kamu keluarkan
  • Mendorong munculnya konten buatan pengguna (UCC/User Created Content). Ketika sistem rewards dengan stempel yang kamu tawarkan menarik, konsumen tidak akan ragu membuatnya menjadi konten dan memostingnya di media sosial mereka. Ini akan menjadi sarana promosi gratis yang sangat bermanfaat untuk bisnismu.

Kenapa Harus Beralih ke Sistem Stempel Digital?

Jika dahulu banyak bisnis yang menggunakan sistem stempel fisik, saat ini sudah banyak brand yang menggunakan stempel digital yang lebih canggih. Alih-alih dengan selembar kertas, pengguna bisa mengumpulkan poin dengan aplikasi yang tersimpan di ponsel mereka. Ada beberapa keuntungan beralih ke sistem stempel digital antara lain:

  • Menghindari hilang atau rusaknya lembar kertas yang sudah distempel. Ketika pelanggan sudah mengumpulkan banyak stempel dan kartunya hilang, mereka tentu akan kecewa dan enggan mengumpulkannya dari awal lagi
  • Menghindari pemalsuan stempel. Dengan sistem digital, stempel atau poin yang sudah dikumpulkan oleh pengguna akan terdata di sistem milikmu sehingga tidak ada risiko pemalsuan stempel yang merugikan bisnismu
  • Lebih hemat biaya karena tidak perlu mencetak kertas dan membuat stempel khusus.

Dengan berbagai keuntungan di atas, sistem stempel digital tentu jauh lebih menguntungkan, bukan? Karena alasan ini jugalah OttoPay bekerjasama dengan OttoPoint sebagai loyalty program bagi para pelanggannya. Setelah kamu menjadi mitra OttoPay, kamu juga bisa menerapkannya untuk bisnismu. 

OttoPoint tidak hanya mudah diakses oleh pemilik bisnis dan pelanggan tapi juga menyediakan berbagai reward menarik dari brand ternama. Mau merasakan semua keuntungan di atas?

Yuk gabung jadi Mitra Bisnis OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: