5 Cara Mendapatkan Partner Bisnis untuk Usaha Anda

19 Desember 2023
Partner Bisnis

Partner bisnis merupakan aset yang sangat bernilai ketika Anda akan membuka bisnis sendiri. Beberapa rekanan terbentuk dari ide bisnis yang dibangun bersama sejak awal. Namun, ada juga yang baru terbentuk ketika proses pendirian perusahaan sedang dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan rekan bisnis yang tepat. Berikut ini beberapa di antaranya.

Partner Bisnis
Sumber : Envato

Mengevaluasi Rekan Kerja

Saat mencari rekan bisnis, Anda bisa mulai dari rekan kerja yang sekarang atau bahkan mantan rekan kerja. Pasalnya, Anda sudah memiliki riwayat bekerja bersama yang sudah cukup lama. Jadi, Anda sudah tahu kinerja mereka di lingkungan profesional dan tidak perlu lagi menggali karakternya dari awal.

Anda bisa mempertimbangkan rekan kerja yang paling berdedikasi, inovatif, dan efisien. Pilih orang yang memiliki hubungan kerja positif dengan Anda. Tidak hanya itu saja pilih juga orang yang memiliki filosofi bisnis yang sama dengan Anda agar lebih mudah menyamakan visi dan misi bisnis.

Berkolaborasi dengan Teman

Teman juga bisa menjadi partner bisnis yang tepat jika keterampilan, pendidikan dan pengalaman kalian saling melengkapi satu sama lain. Jangan memilih teman dekat yang memiliki keahlian sama dengan Anda. Lebih baik pilih kenalan atau teman yang mahir di bidang yang Anda tidak kuasai.

Memilih teman dengan keahlian yang berbeda justru akan membantu bisnis Anda melaju lebih cepat. Pasalnya dia bisa membantu mengelola hal-hal yang Anda tidak bisa. Siapa pun yang ada di lingkaran sosial Anda bisa menjadi kandidat rekan bisnis yang tepat.

Menghadiri Kegiatan Industri

Kegiatan industri seperti konferensi, kuliah, atau pameran bisnis adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan kesempatan menemukan rekan bisnis. Pasalnya, kegiatan seperti ini mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama. Anda bisa menghadiri pameran binatang peliharaan jika ingin mencari partner di bidang industri produk untuk anjing dan kucing.

Anda juga bisa menghadiri kegiatan yang fokus pada keterampilan profesional jika sedang membutuhkan rekan kerja dengan keahlian tersebut. Misalnya, jika sedang mencari rekan kerja di bidang pemasaran digital, Anda bisa menghadiri konferensi digital marketing. Pasalnya, Anda akan menemukan banyak orang dengan latar belakang tersebut.

Memanfaatkan Jaringan Entrepreneur Online

Manfaatkan website dan jejaring online yang sekarang sudah banyak berdiri untuk mencari partner bisnis. Komunitas virtual ini memungkinkan Anda membuat profil dan mencari profil orang lain. 

Di website ini, Anda bisa melihat keterampilan, minat, dan proyek yang sedang mereka jalankan agar bisa menemukan seseorang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa situs bahkan memiliki fitur skrining. 

Meningkatkan Pendidikan dan Pengetahuan

Cara terakhir adalah dengan kembali bersekolah atau kursus. Langkah ini bisa membantu mengembangkan jejaring Anda dan menemukan rekan bisnis yang potensial. Mengambil kelas atau kursus dengan bidang yang spesifik akan mempertemukan Anda dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama.

Anda mungkin akan mendapatkan rekanan ketika sedang mengerjakan tugas proyek bersama-sama. Mungkin juga ketika sedang diskusi dengan rekan kelas Anda. 

Nah, itulah tadi 5 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rekan bisnis. Dengan memiliki partner bisnis Anda akan mampu menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Pasalnya, rekan bisnis yang tepat akan memberikan ide-ide bisnis segar dan keahlian dalam perusahaan yang dijalankan. 

Gunakan OttoPay Bisnis, untuk mengelola semua transaksi bisnis Anda. Dilengkapi dengan fitur flexible settlement, Anda bisa mengirim uang ke partner bisnis dengan otomatis dan cepat. Selain itu juga tersedia berbagai macam layanan transaksi lain yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi, pembayaran ke rekan kerja maupun investor akan selalu tepat waktu!

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo jadi Mitra OttoPay Bisnis sekarang juga!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: