9 Daftar Barang Pokok Sembako Lengkap Usaha Warung

08/24/2022

Sumber : Envato

Memulai usaha warung kelontong bukan hanya sekadar mempersiapkan dana, melainkan juga harus memastikan kelengkapan barang pokok. Sesuai namanya, barang ini merupakan produk yang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Tanpa menyediakan barang tersebut, warung yang kamu kelola akan sulit untuk berkembang. Bahkan, bukan mustahil kamu merugi lantaran konsumen lebih memilih warung lain yang lebih lengkap.  

Barang Pokok yang Wajib Ada di Warung 

Supaya usaha warung berjalan lancar dan menarik minat konsumen, berikut sembilan bahan pokok yang harus kamu sediakan. 

Minyak Goreng 

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai gorengan. Tak heran apabila hal ini mendorong tingginya konsumsi minyak goreng. Sebagai pengusaha warung sembako, sebaiknya kamu menyediakan minyak goreng baik curah maupun kemasan dalam berbagai varian. Mulai dari kemasan bantal (60 – 250 ml), gelas plastik (100 – 250 ml), botol (250 – 2.000 ml), standing pouch (250 – 2.000 ml), hingga jerigen (5 – 20 liter). Untuk minyak goreng curah biasanya tersedia dalam ukuran 250 gram, 500 gram, 1 kilogram, atau sesuai kebutuhan konsumen.

Bumbu Dapur 

Selain minyak goreng, bumbu dapur tak kalah penting. Banyak ibu rumah tangga atau anak kos yang menghemat anggaran dengan memasak sendiri. Kini memasak pun tak serumit dahulu, sebab tersedia bumbu dapur instan yang dapat membuat masakan lebih lezat. Beberapa bumbu instan paling laris, antara lain nasi goreng, sop, sayur asam, lodeh, tempe goreng, dan ayam goreng. Sediakan juga aneka bumbu bubuk, seperti bawang putih, lada, kayu manis, kunyit, hingga kapulaga untuk memperbanyak pilihan konsumen. 

Beras 

Beras merupakan bahan kebutuhan pokok yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menjual beras secara eceran maupun karungan. Beras eceran memudahkan konsumen yang ingin membeli dalam partai kecil, sedangkan beras karungan cocok untuk konsumen pemilik usaha warung makan.

Telur 

Telur tak hanya kaya gizi, tetapi juga mudah diolah. Hal inilah yang membuat telur masuk ke daftar barang pokok paling laris dan selalu dicari konsumen. Kamu bisa menjual telur per butir, 250 – 1.000 kilogram, atau sesuai kebutuhan konsumen. Tentu harga jual pembelian jumlah besar lebih murah dibandingkan eceran. 

Mi Instan 

Supaya konsumen senang berbelanja di warung, sediakan mi instan aneka rasa dan merek. Beberapa varian yang paling disukai, antara lain mi goreng, soto, kari, ayam bawang, dan ayam spesial. Selain mudah dimasak, mi instan juga mengenyangkan dan ramah di kantong.

Air Mineral 

Air mineral dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mengingat harganya cenderung murah, kamu bisa menambahkan ke etalase warung. Meskipun terdapat berbagai ukuran dan merek air mineral, pastikan untuk menyediakan kemasan cup, 330 ml, 600ml, 1.500 ml, dan galon.

Produk Susu 

Produk susu merupakan salah satu favorit konsumen, utamanya anak-anak. Umumnya, jenis yang banyak dicari oleh konsumen adalah susu berperisa, kental manis saset dan kaleng, susu bubuk saset atau kardus, dan UHT. 

Gas 

Tak ada salahnya melengkapi warung dengan gas elpiji. Selain ukuran 3 kg, gas 5.5 kg juga banyak dicari konsumen karena harganya lebih murah dibanding ukuran 12 kg. Tersedianya gas akan membuat konsumen menjadi pelanggan tetap di warung kamu.

Camilan 

Selain gorengan, konsumen juga menyukai camilan. Biasanya, makanan ini disajikan untuk tamu atau dinikmati di kala senggang ketika berkumpul, mengerjakan tugas, atau menonton televisi. Sediakan camilan, seperti kacang asin, snack kemasan, telur gabus, permen, wafer, biskuit, serta roti dan kue.

Demikianlah daftar bahan sembako lengkap yang dapat kamu jadikan inspirasi usaha. Kalau kamu ingin memulai usaha warung atau mencari penyedia barang pokok harga terbaik, jangan ragu memilih OttoPay. Nikmati kemudahan belanja untuk stok warung tanpa repot, praktis, dan aman. Tunggu apa lagi? Ajukan sekarang, hubungi CS OttoPay atau isi form!

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: